Pencarian populer

5 Tradisi Unik Perayaan Paskah di Seluruh Dunia

Ilustrasi telur dan kelinci Paskah. (Foto: Pixabay)

Saat Paskah tiba, biasanya berbagai perayaan dilakukan dengan kegiatan berburu telur dan melukis telur. Ya, Paskah memang kerap dikaitkan dengan telur sebagai lambang kelahiran dan kehidupan.

Namun ternyata, di beberapa negara, Paskah justru dirayakan dengan cara yang cukup unik. Di Italia, misalnya, terdapat satu kompetisi menggulung keju berukuran besar untuk merayakan hari spesial tersebut.

Selain itu, jamuan makan bersama dengan menikmati sajian tradisional juga kerap dilakukan oleh beberapa negara di dunia. Dilansir The Daily Meal, berikut lima tradisi perayaan Paskah yang unik di berbagai negara:

1. Mengukir mentega berbentuk domba, Eropa Timur

Domba mentega. (Foto: Flickr/Tony)

Negara-negara di Eropa Timur seperti Polandia dan Slovania biasanya akan menyajikan ‘domba mentega’ sebagai bagian dari hidangan tradisional Paskah mereka. Mentega utuh dibentuk menyerupai domba dengan menggunakan biji merica sebagai hiasan matanya. Sajian mentega ini merupakan simbol dari masuknya musim semi dan ‘domba Tuhan’.

2. Menggulung keju, Italia

Cheese rolling di Panicale. (Foto: Flickr/Erica Mix)

Tradisi unik ini merupakan kompetisi olahraga dengan menggulirkan keju berbentuk roda seberat 4 kilogram sepanjang dinding desa. Mirip permainan yo-yo, terdapat tali kulit dan gagang kayu yang dililitkan pada keju.

Kemudian, petugas akan menilai peserta mana yang mampu menggulung keju paling jauh dan tidak keluar dari jalur yang telah ditentukan. Pemenang dari kompetisi ini akan mendapatkan seluruh bagian dari keju yang telah digunakan oleh para peserta.

3. Memasak telur raksasa, Perancis

Omelet raksasa. (Foto: Flickr/ kathryn_goddard1)

Tradisi memasak telur secara beramai-ramai biasanya dilakukan penduduk desa Haux, Prancis, pada Minggu Paskah. Mereka akan berkumpul di alun-alun dan membuat omelet raksasa yang terbuat dari 4.500 telur. Dan, omelet tersebut akan disantap bersama saat makan siang tiba.

4. Festival Hocktide, Inggris

Festival Hocktide. (Foto: Flickr/Chris Hutchinson)

Untuk merayakan Paskah, beberapa petugas di kota Hungerford, Inggris, akan berkeliling kota untuk membagikan sekarung jeruk manis untuk para penduduk. Menariknya, petugas yang membagikan jeruk tersebut biasanya membawa dua buah tongkat kayu yang telah dihias dengan bunga dan jeruk.

5. Larangan membuat roti bagi pria, Polandia

Babka, roti khas Polandia. (Foto: Flickr/Jennifer Smith)

Menjelang Paskah di Polandia, biasanya para penduduk membuat roti tradisional yang disebut ‘babka’. Namun, pembuatan roti hanya boleh dilakukan oleh wanita, dan banyak para istri yang melarang suaminya untuk ikut membantu dalam proses pembuatan maupun pemanggangannya. Hal ini disebabkan karena adanya mitos bahwa adonan roti akan berubah menjadi abu-abu dan bantat bila roti dibuat oleh pria.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: