kumparan
20 Sep 2019 11:10 WIB

6 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tak Disantap saat Perut Kosong

Ilustrasi Salad Buah Foto: Shutterstock/Nesavinov
Saat perut kosong, kita cenderung ingin menyantap makanan apa pun yang ada di depan mata. Yang penting, perut cepat terisi dan kenyang.
ADVERTISEMENT
Minimnya waktu luang dan kepadatan aktivitas sehari-hari juga mendorong kita untuk memilih menu makanan yang praktis. Padahal, tak semua makanan baik untuk disantap saat perut kosong, lho.
Ada beberapa makanan yang kandungannya bisa mengiritasi lapisan perut, meningkatkan asam lambung, serta menimbulkan gangguan pencernaan. Nah, berikut telah kumparan rangkum enam makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi saat perut kosong, di antaranya:
1. Makanan pedas
Ilustrasi makanan pedas Foto: Pixabay
Mengonsumsi makanan yang bercita rasa pedas dan mengandung cabai dapat menyebabkan iritasi pada lapisan perut. Akibatnya, muncul reaksi asam dan kram perut yang menimbulkan gangguan pada pencernaan.
2. Jus buah
Beragam jenis jus buah atau sayuran Foto: thinkstock
Meski banyak anjuran untuk mengonsumsi jus buah sebagai menu sarapan, tapi ternyata hal tersebut bisa membuat organ tubuh jadi terbebani. Menurut Dr. Rupali, ahli nutrisi klinis, memulai hari dengan segelas jus buah dapat menambah beban pankreas yang baru terbangun dari istirahat.
ADVERTISEMENT
Saat perut masih kosong, kandungan fruktosa dalam buah-buahan dapat menyebabkan kelebihan beban pada organ hati. Selain itu, hindari pula konsumsi gula olahan sebagai menu sarapan seperti dessert atau smoothies yang terlalu manis.
3. Minuman dingin
Ilustrasi Minuman Dingin Foto: Pixabay
Minuman dingin memang terlihat menyegarkan, tapi hindari untuk mengonsumsinya saat perut masih kosong. Dilansir Food NDTV, minum minuman es saat perut kosong dapat merusak selaput lendir.
Imbasnya, proses pencernaan jadi lambat sepanjang hari. Gantilah dengan minuman hangat yang bisa membantu sistem tubuh mulai bekerja dan memperlancar metabolisme.
4. Jeruk
buah jeruk Foto: Shutterstock
Buah jeruk sejatinya sangat menyehatkan, tapi bila disantap pada saat yang kurang tepat justru bisa jadi bumerang.
Pasalnya, menyantap buah sitrus ketika perut kosong dapat meningkatkan kadar asam lambung, serta memperlambat proses pencernaan. Maka itu, sebaiknya hindari jenis buah yang kaya serat seperti jambu biji atau jeruk di pagi hari.
ADVERTISEMENT
5. Sayuran mentah
Ilustrasi salad Foto: Shutter Stock
Apakah kamu sering menyantap salad sebagai menu sarapan? Sebaiknya, pertimbangkan kembali keputusan tersebut. Sayuran mentah justru bukan menu terbaik untuk disantap saat perut kosong.
Ia kaya akan serat kasar yang dapat menambah beban pada perut kosong. Selain itu, mereka juga dapat menyebabkan perut kembung dan sakit perut.
6. Kopi
Hot latte dari Kisaku. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Memulai hari dengan secangkir kopi tampaknya telah jadi kebiasaan banyak orang. Padahal, bila dikonsumsi ketika perut kosong, dampaknya akan membuat asam lambung melonjak.
Kondisi ini akan merangsang sekresi asam klorida dalam sistem pencernaan, yang menyebabkan gangguan pencernaan pada beberapa orang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan