Pencarian populer

6 Rekomendasi Sate Ayam Enak di Jakarta

Sate kambing Madura H Husain Blok S Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Presiden terpilih Jokowi dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto baru saja mengadakan pertemuan pertamanya usai Pilpres 2019. Usai bertemu di stasiun MRT, mereka pun melanjutkan santap siang bersama di Mal fX Sudirman.
ADVERTISEMENT
Tentunya, perbincangan hangat keduanya ditemani oleh berbagai hidangan nikmat. Dalam jamuan makan siang tersebut, hidangan sate ayam dan kambing yang dipilih jadi menu utama.
Nah, buat kamu yang ingin menyantap hidangan sate seperti Jokowi-Prabowo, berikut kumparan berikan 6 rekomendasinya:
1. Sate Ayam Kambing RSPP
Sate Ayam Kambing RSPP. Foto: Safira Maharani/ kumparan
Warung sate yang berlokasi di depan Rumah Sakit Pusat Pertamina ini telah buka sejak tahun 1960 silam. Yang membedakan sate ini dengan hidangan sate lainnya adalah potongan dagingnya yang tebal dan berukuran besar.
Menu yang disajikan ada dua macam; sate ayam (Rp 33 ribu) dan sate kambing (Rp 27,5 ribu). Sate ayam disajikan dengan saus kacang yang kental dan halus.
Sementara sate kambingnya dihidangkan bersama sambal kecap yang manis dan pedas. Daging kambingnya pun cukup lembut dan tak bau prengus sama sekali. Sedap!
ADVERTISEMENT
2. Sate Apjay
Sate Apjay. Foto: Safira Maharani/ kumparan
Sate legendaris yang satu ini begitu populer, sampai-sampai namanya sering dipakai sebagai embel-embel oleh pedagang sate lainnya. Potongan daging pada sajian sate ayamnya (Rp 32,5 ribu) punya tekstur yang empuk dan lembut. Sementara tekstur bumbu kacangnya tak terlalu kental, dengan rasa manis gurih yang pas.
Untuk sajian sate kambing, mereka menyediakan pilihan tanpa lemak (Rp 57,8 ribu). Potongan dagingnya yang tebal terasa empuk, dan tak tercium adanya bau prengus. Hmm, maknyus!
3. Sate Madura H. Abbas 1
Sate Madura H. Abbas 1. Foto: Safira Maharani/ kumparan
Kalau ingin menyantap sate Madura untuk menu makan, Sate Madura H. Abbas bisa jadi pilihan. Sate madura punya sebuah ciri khas, yakni adanya campuran petis, kemiri, dan garam pada bumbu kacangnya. Sehingga, cita rasanya jadi lebih kaya.
ADVERTISEMENT
Salah satu menu yang kami rekomendasikan adalah sate ayam (Rp 25 ribu). Tekstur bumbu kacangnya pas, tak terlalu kental ataupun encer. Selain sate ayam, kamu juga bisa memesan hidangan lain yang tak kalah nikmat; mulai dari sop kambing, sate kambing, hibgga sate tanpa lemak.
4. Warung Sate Joko
Warung Sate Joko.. Foto: Safira Maharani/ kumparan
Satu lagi warung sate enak yang bisa kamu coba, yakni Warung Sate Joko. Warung yang terletak di kawasan Pasar Minggu ini menyajikan aneka varian sate —mulai dari yang tradisional, hingga yang modern.
Uniknya, sajian sate kambing (Rp 31 ribu) yang mereka sajikan tak hanya dibumbui dengan sambal kecap. Melainkan ditambahkan campuran kacang.
Paduan bumbu kecap dan kacang membuat tekstur sausnya semakin kaya, menciptakan cecapan gurih yang begitu nikmat.
ADVERTISEMENT
5. Sate Kambing H. Giyo
Sate Kambing H. Giyo Foto: Safira Maharani/ kumparan
Sudah berjualan sejak tahun 1985, Warung Sate Kambing H. Giyo dikenal dengan sajian sate kambing khas Solo-nya yang melegenda. Seporsi sate kambingnya (Rp 55 ribu) terdiri dari 10 tusuk. Potongan dagingnya besar dan tebal.
Teksturnya juicy dan empuk, dengan rasa yang manis gurih meski belum dicampur bumbu kecap. Selain sate kambing, kita juga bisa mencicipi olahan daging kambing lainnya seperti tengkleng dan sup.
Sama seperti sajian satenya, hampir semua hidangan tersebut punya tekstur daging yang lembut dan empuk. Tak heran, dalam sehari mereka bisa menjual hingga dua ribu tusuk.
6. Sate Madura H. Husain (Blok S)
Sate kambing Madura H Husain Blok S Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Bila kamu bertandang ke Blok S, jangan lupa mampir ke Sate Madura H. Husain. Tempat makan sate enak ini ini sudah ada sejak puluhan tahun.
ADVERTISEMENT
Menu satenya beragam. Ada sate kambing, sate ayam, sate telur, sate kulit, dan sate taichan. Harga seporsinya berkisar Rp 22-36 ribu. Tiap porsinya berisi sepuluh tusuk sate.
Nah untuk menu andalannya adalah sate kambing, sate ayam, dan sate telur. Semuanya dilengkapi potongan lontong (Rp 4.000 per porsi).
Untuk sate ayamnya disajikan dengan siraman bumbu kacang yang melimpah. Bumbu kacangnya kental, manis, dengan sedikit 'tendangan' rasa gurih di akhir. Sedaaap!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80