Pencarian populer

7 Camilan Lezat Pereda Stres Saat Bekerja

Ilustrasi Makan Sayuran. Foto: Shutterstock

Rasa stres dan tertekan bisa datang dari mana saja. Tak terkecuali saat bekerja.

Deadline yang menumpuk ditambah tuntutan tugas yang tak kunjung selesai memang bisa merusak mood kita. Padahal menurut jurnal berjudul 'The Influence of Positive Mood on Different Aspects of Cognitive Control' yang diterbitkan tahun 2011, suasana hati bisa mempengaruhi kemampuan seseorang dalam mengingat dan menyelesaikan sebuah masalah.

Nah, untuk menghilangkan stres saat bekerja, banyak orang yang akhirnya memilih makanan sebagai peredanya. Namun, makanan yang disantap pun ternyata enggak boleh sembarangan, lho. Beberapa makanan terutama yang mengandung gula dan garam yang tinggi justru akan mengakibatkan datangnya mood swing, atau perubahan suasana hati secara drastis.

Tak perlu khawatir, ganti saja camilan andalanmu dengan kudapan yang ampuh hilangkan stres. Berikut kumparan rangkum tujuh rekomendasi camilan yang cocok disajikan untuk teman bekerja.

1. Kacang mede

camilan pereda stres Foto: Flickr/oliveplum

Biji dari buah jambu monyet ini tak hanya gurih di lidah, tapi juga bisa menjadi camilan andalan saat suntuk. Sebab, zinc di dalam kacang mede bisa mempengaruhi respon otak untuk berpikir, mengingat, hingga mengatasi rasa stres.

Menurut US Department of Agriculture (USDA), dalam 28 gram kacang mede terdapat sekitar 1,6 miligram zinc yang ampuh menurunkan risiko terkena depresi. Selain itu, kacang mede juga mengandung vitamin C yang bisa menjaga tubuh dari rasa lelah akibat padatnya pekerjaan.

Rekomendasi menu: kacang mede panggang, cookies kacang mede, cokelat kacang mede.

2. Cokelat

Chocolate Lava. Foto: Shutter Stock

Sudah jadi rahasia umum bahwa cokelat merupakan camilan andalan saat mood sedang buruk. Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh US National Library of Medicine, bubuk kokoa mengandung antioksidan bernama flavanol yang berperan dalam meningkatkan triptofan pembentuk hormon serotonin.

Hormon inilah yang dipercaya dapat meringankan gejala depresi hingga gangguan kecemasan. Bahkan, perempuan yang tengah hamil sangat dianjurkan untuk menyantap dark chocolate karena dapat meredam stres serta membuat saraf lebih rileks.

Rekomendasi menu: cokelat batangan, chocolate mousse, es krim cokelat, chocolate fondue.

3. Yoghurt

Republic Yogurt Foto: Instagram @yogurtrepublic

Yoghurt merupakan sumber probiotik atau bakteri baik yang membuat proses pencernaan lebih lancar. Dalam sebuah jurnal berjudul Gut–brain Axis: How The Microbiome Influences Anxiety and Depression dari McMaster University, Kanada; probiotik seperti streptococcus thermophilus dan lactobacillus bulgaricus di dalam yoghurt menurunkan potensi stres, sedih, bahkan memperkecil kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri akibat depresi.

Rekomendasi menu: yoghurt dan muesli, salad buah saus yoghurt, overnight oat, frozen yoghurt.

4. Kuaci

Biji bunga matahari untuk cemilan. Foto: Pixabay

Siapa yang suka ngemil kuaci saat bekerja? Ternyata camilan dari biji bunga matahari ini memiliki kemampuan untuk mencegah stres saat bekerja, lho.

Sama seperti kacang mede, kuaci juga mengandung zinc yang sangat penting untuk memaksimalkan metabolisme serta menjaga imunitas. Selain itu, camilan gurih ini dikenal sebagai sumber magnesium yang bisa menurunkan tekanan darah sehingga tubuh lebih rileks.

Rekomendasi menu: disantap langsung, campuran salad, dicampur dengan muesli dan yoghurt.

5. Sayuran hijau

Urban Salad Circus. Foto: Toshiko/kumparan

Tak ada salahnya, kok, memilih sayuran hijau sebagai kudapan sehat saat bekerja. Sebab, beberapa sayur hijau seperti bayam, pakcoy, hingga selada merupakan sumber vitamin B folat yang bisa menurunkan rasa stres dan tertekan.

Menurut jurnal dari Journal of Psychiatric Research yang diterbitkan tahun 2017, orang yang depresi memiliki kadar folat yang lebih sedikit dibandingkan orang yang tidak mengalami depresi. Hal ini karena berkurangnya folat di dalam darah secara tak langsung akan menghambat metabolisme dan penyerapan zat-zat penting bagi tubuh.

Rekomendasi menu: salad segar, sup, lalapan.

6. Buah tinggi vitamin C

Jus jeruk Foto: Thinkstock

Salah satu cara mencegah datangnya stres dan gangguan kecemasan adalah meminimalisir oksidasi di dalam tubuh. Nah, buah-buahan yang tinggi vitamin C bisa menjadi pilihan tepat. Sebab, vitamin C merupakan antioksidan yang bisa mencegah oksidasi akibat paparan sinar matahari hingga asupan makanan yang tidak sehat.

Rekomendasi menu: jeruk peras, jus jambu, salad buah, rujak buah.

7. Delima

makanan pereda stres Foto: Flickr/Janelle

Buah berwarna merah pekat ini bisa dibilang sebagai buah yang kaya manfaat. Bukan tanpa alasan, delima dikenal punya kandungan vitamin C yang berguna sebagai antioksidan. Tak hanya menyegarkan badan dan mencegah rasa stres, menurut penelitian dari University of California yang diterbitkan tahun 2013, meminum jus delima secara teratur bisa meningkatkan kemampuan berpikir dan mengingat.

Rekomendasi menu: jus delima, campuran salad, puding, disajikan dengan yoghurt, parfait.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Selasa,21/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.21