Pencarian populer

7 Dessert Manis Khas Prancis yang Cocok untuk Menu Berbuka

Kudapan manis Perancis,. (Foto: Instagram @bywoops & @@puenktchens_mama)

Saat waktu berbuka puasa tiba, tak lengkap rasanya bila tak menyantap beragam menu dessert manis nan menggiurkan. Mulai dari kolak pisang, es buah, es merah delima, hingga es kolang-kaling.

Namun, bila bosan dengan menu ta'jil yang itu-itu saja, mungkin kamu bisa mencoba salah satu dessert manis asal Prancis. Ya, dikenal dengan beragam kuliner yang nikmat, negara yang dijuluki sebagai Kota Mode ini menyimpan sederet dessert nikmat yang mungkin bisa menjadi referensi ta'jil untuk berbuka. Makanan apa saja? Yuk, simak ulasannya!

1. Crepes

Loading Instagram...

Menu dessert khas Prancis yang pertama adalah crepes. Telah populer di berbagai negara, panganan satu ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, susu, dan mentega yang disajikan bersama setangkup es krim, selai, dan potongan buah segar. Rasanya yang manis dan creamy membuat crepes sangat cocok dijadikan sebagai menu pembuka saat berbuka puasa.

2. Macaroon

Loading Instagram...

Selain crepes, dessert lainnya yang tak kalah populer adalah macaroon. Berbentuk bulat pipih dengan warna yang cerah, kudapan satu ini terbuat dari campuran tepung almond, gula dan putih telur. Untuk mempermanis rasa dan penampilannya, umumnya krim gula yang lembut akan ditambahkan ke dalam celah-celah macaroon.

3. Eclair

Loading Instagram...

Sekilas eclair terlihat menyerupai kue soes khas Indonesia, bedanya, eclair memiliki tampilan adonan yang dibuat bulat memanjang dengan isian custard yang manis. Dalam penyajiannya, eclair yang telah matang akan disiram dengan frozting lembut berwarna-warni, krim atau lelehan cokelat cair.

4. Souffle

Loading Instagram...

Kudapan manis khas Kota Mode selanjutnya adalah souffle. Penganan ini terbuat dari campuran dua bahan yang sederhana, yaitu butter dan putih telur. Meski terkesan simpel, namun souffle memiliki rasa yang legit dan tekstur yang lumer di mulut. Untuk menyajikannya, es krim dan buah-buahan segar akan ditambahkan ke dalam sajian ini.

5. Mousse

Loading Instagram...

Mousse merupakan kudapan manis khas Prancis yang terbuat dari campuran whipped cream dan putih telur yang dikocok hingga mengembang dan berbusa, kemudian ditambahkan dengan lelehan cokelat atau sari buah. Teskturnya yang lembut nan lumer di mulut akan semakin nikmat bila dipadukan dengan potongan buah segar.

6. Creme Brulee

Loading Instagram...

Creme brulee merupakan salah satu dessert khas Perancis yang terbuat dari susu, kuning telur, vanilla essence, dan gula. Dalam penyajiannya, kuning telur yang telah dikocok lepas akan dicampur dengan seluruh bahan, lalu dikukus dengan lelehan caramel di bagian atasnya. Untuk memperkaya aroma dan rasa, taburan bubuk kayu manis akan dibubuhkan ke atas creme brulee

7. Savarin

Loading Instagram...

Kudapan manis khas Prancis yang terakhir adalah savarin. Berbentuk bulat menyerupai donat, savarin terbuat dari adonan tepung terigu dan telur yang direndam dengan lelehan cokelat atau sirup gula. Dalam penyajiannya, bagian tengah savarin yang berbentuk cekung akan diisi dengan krim dan potongan buah segar.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Minggu,19/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20