Pencarian populer
18 Oktober 2018 12:28 WIB
0
0
7 Hidangan Berbahan Daging Mentah Dari Berbagai Negara
Sashimi (Foto: Thinkstock)
Sayur yang disajikan segar memang sudah biasa. Tapi, bagaimana dengan daging-dagingan yang diolah dalam keadaan mentah?
Bagi sebagian besar orang, olahan daging mentah mungkin terlihat agak menjijikan. Apalagi aroma amis kuat dari daging mentah terkadang menimbulkan rasa mual dan tak nyaman di perut.
Namun, ternyata terdapat berbagai macam sajian berbahan dasar daging mentah yang tersebar di beberapa negara. Salah satu yang paling populer tentu saja sushi khas Jepang yang tak jarang disajikan dengan tambahan daging ikan tuna atau salmon segar.
Selain Jepang, beberapa negara di bawah ini juga memiliki olahan serba daging mentah yang tak kalah unik nan menggugah. Yuk, intip daftarnya di bawah ini!
1. Sashimi
Sashimi. (Foto: Shutterstock)
Selain sushi, sashimi juga masuk ke dalam daftar hidangan populer Jepang yang terbuat dari daging mentah. Berbeda dari sushi yang dikombinasikan bersama nasi dan nori atau rumput laut, sashimi hanya terdiri dari potongan tipis ikan tuna atau salmon yang disajikan dalam keadaan segar dan dingin. Untuk menambah rasa, sashimi bisa disantap dengan menambahkan kecap asin atau soyu, wasabi, dan acar jahe.
2. Sannakji
Sannakji. (Foto: Shutterstock)
Bergeser sedikit ke negeri tetangga Jepang, ada sannakji khas Korea Selatan yang terbilang ekstrem. Bagaimana tidak? Sajian ini terbuat dari potongan tentakel yang diambil langsung dari gurita yang masih hidup. Saat disajikan, terkadang tentakel gurita tersebut masih meliuk-liuk seakan ingin melawan saat akan disantap.
Untuk menyamarkan aroma amis gurita, biasanya sannakji disajikan bersama saus wijen yang beraroma kuat. Namun sebaiknya hati-hati saat akan menyantap sannakji, sebab tentakel gurita yang masih aktif terkadang bisa menempel di tenggorokan bila kita tak mengunyahnya hingga benar-benar hancur.
3. Gohu ikan
Gohu ikan. (Foto: Instagram @ blogari @ fangarerinto)
Indonesia ternyata juga memiliki hidangan khas yang terbuat dari ikan mentah, lho. Tepatnya di wilayah Ternate, Maluku Utara, kamu bisa menemukan hidangan bernama gohu ikan.
Gohu ikan terbuat dari potongan tuna atau cakalang mentah yang ditambah perasan lemon, daun kemangi, bawang merah, cabai, dan minyak kelapa. Perpaduan segarnya ikan dan gurihnya bumbu membuat sajian ini terasa segar, gurih dan sama sekali tak tercium bau amis saat disantap.
4. Steak tartare
Steak Tartare (Foto: Thinkstock)
Bila biasanya steak disajikan dengan cara dipanggang hingga mencapai tingkat kematangan tertentu, di Prancis, terdapat steak yang disajikan dalam keadaan mentah. Dikenal dengan nama steak tartare, sajian ini terbuat dari daging sapi yang dicacah kasar kemudian dicampur dengan berbagai bumbu seperti bawang bombay, merica, dan kecap Inggris. Setelah itu, cacahan daging berbumbu akan dicetak membentuk bulatan pipih kemudian ditambah telur ayam mentah di permukaannya.
5. Ossenworst
Ossenworst. (Foto: instagram @ igetcheesey)
Sosis merupakan hidangan yang sangat populer di Eropa. Jadi jangan heran, terdapat puluhan jenis sosis yang bisa ditemui di seluruh penjuru Benua Biru tersebut. Salah satunya Ossenworst, salah satu jenis sosis unik dari Belanda.
Berbeda dari steak kebanyakan, ossenworst merupakan jenis sosis daging sapi mentah. Ya, makanan yang telah ada sejak abad ke-17 ini memang hanya terbuat dari cacahan daging sapi berbumbu yang dipadatkan ke dalam cetakan sosis berukuran besar. Ossenworst yang lembut dan juicy ini biasanya disajikan sebagai isian sandwich, atau diolah kembali dengan cara diasapi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: