Pencarian populer
20 Februari 2018 10:09 WIB
..
..

7 Jenis Makanan yang Kaya Akan Magnesium

Kacang almond (Foto: Pixabay)

Seperti yang telah diketahui, magnesium merupakan salah satu zat yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Tergolong ke dalam jenis mineral, magnesium berkhasiat mentransmisi impuls saraf, mengatur suhu tubuh, memproduksi energi, dan juga menguatkan struktur tulang dan gigi.

Karenanya, agar kebutuhan magnesium senantiasa terpenuhi, mengkonsumsi beragam makanan yang kaya magnesium adalah wajib hukumnya. Sebut saja alpukat yang memiliki kandungan magnesium yang diperlukan tubuh.

Selain alpukat, terdapat beberapa jenis makanan yang memiliki asupan magnesium yang cukup tinggi. Makanan apa saja?

Yuk simak penjelasannya seperti dilansir Boldsky:

1. Cokelat

Cokelat. (Foto: Pexels)

Selain lezat, rupanya cokelat juga kaya akan magnesium yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. Tak hanya itu, kandungan zat besi, tembaga, mangan, serat dan antioksidan yang dimilikinya berkhasiat untuk menetralisir radikal bebas dan zat-zat berbahaya yang dapat memicu tumbuhnya berbagai macam penyakit.

2. Alpukat

Ilustrasi alpukat (Foto: Pixabay)

Alpukat adalah sumber magnesium yang baik untuk tubuh. Dalam sebuah alpukat berukuran sedang mengandung 58 mg magnesium. Buah hijau satu ini juga kaya akan potasium, Vitamin B, dan Vitamin K yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol, dan dapat membuat perut kenyang lebih lama.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau. (Foto: Pixabay)

Sayuran berwarna gelap seperti bayam, kangkung, atau sawi dikenal dengan kandungan Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, zat besi, dan mangan yang tinggi. Seluruh zat tersebut bermanfaat untuk menjaga sel-sel tubuh, melancarkan peredaran darah dan juga mengurangi risiko kanker.

4. Almond

Kacang almond (Foto: Pixabay)

Selain nikmat disantap, rupanya mengkonsumsi 100 gram kacang almond setiap hari dapat membantu memenuhi kebutuhan magnesium sebesar 75 miligram atau setara dengan 19 persen yang dibutuhkan tubuh. Kandungan serat dan lemak tak jenuh dalam almond juga berkhasiat untuk memelihara kecantikan kulit, memaksimalkan fungsi organ tubuh dan juga mengurangi risiko kanker.

5. Biji Labu

Biji labu (Foto: Pixabay)

Biji labu kaya akan magnesium. 1/8 cangkir biji labu kering mengandung 92 miligram magnesium, yang merupakan 23 persen dari nilai yang direkomendasikan setiap hari. Biji labu juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal, zat besi, serat dan asam lemak omega-3.

6. Yoghurt

Yoghurt (Foto: Thinkstock)

Yoghurt merupakan sumber magnesium dan kalsium yang baik untuk tubuh. Satu cangkir yoghurt mengandung hingga 47 mikrogram zat magnesium yang berguna menjaga bakteri baik pada usus, mempercepat proses diet, serta memperkuat otot dan tulang. Jadi, konsumsilah yoghurt setiap hari agar asupan magnesium sehari-harimu bisa terpenuhi.

7. Ikan

Ilustrasi menu ikan (Foto: Pixabay)

Selain kaya akan Vitamin D dan asam lemak Omega-3, ikan jenis salmon, mackerel, dan tuna juga mengandung magnesium yang tinggi. Dalam 178 gram salmon terdapat 53 mg magnesium dan 39 gram protein. Selain itu, ikan juga kaya akan potasium,

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: