• 2

7 Kebiasaan Pelanggan yang Bikin Barista Kopi Kesal

7 Kebiasaan Pelanggan yang Bikin Barista Kopi Kesal


Barista bisa membuat kopi

Barista membuat kopi sesuai keinginan pelanggan. (Foto: Thinkstock)
Saat berkunjung ke sebuah kedai kopi, umumnya sang barista akan menyambut kamu dengan hangat. Ya, beragam cara akan dilakukan barista demi membuat para pengunjungnya betah dan bisa menikmati racikan kopi yang mereka buat.
Namun, terkadang banyak kelakuan pelanggan yang membuat mereka kesal. Cara memesan yang buruk tentu akan membuat para barista kopi jengkel. Meski tebaran senyum masih diperlihatkan, namun tahukah kamu jika sebenarnya mereka menggurutu di dalam hati.
Dilansir berbagai sumber, inilah tujuh hal yang paling membuat barista kopi kesal dari para pelanggannya:
1. Tidak Menyebutkan Pesanan dengan Lengkap

Barista kopi

Barista kopi. (Foto: Thinkstock)
Kamu mungkin mengira jika barista bisa menebak semua keinginan para pelanggannya. Barista akan merasa kesal jika para pelanggannya tidak menyebutkan pesanannya dengan lengkap.
Jika ditanya hot atau ice, maka jangan jawab dengan 'iya', tapi kamu benar-benar harus memilihnya antara hot atau ice. Penambahan susu, gula, atau whipped cream juga perlu kamu sebutkan agar minuman yang hadir di mejamu tepat dengan apa yang kamu inginkan.
2. Komplain saat Nama yang Ditulis Salah
Saat memesan minuman, barista akan menanyakan nama pelanggannya agar nantinya orang yang memesan bisa mudah dipanggil untuk mengambil minuman. Namun, setiap orang memiliki nama yang unik dengan pengejaan yang cukup sulit.
Jika kamu menemukan nama kamu ditulis dengan huruf yang salah, maka kamu tak perlu komplain, karena barista sejatinya tidak menyukainya. Menghadapi puluhan atau bahkan ratusan pelanggan dalam sehari tentu akan membuat barista lelah dan tidak ingin mendengarkan komplain semacam itu.
3. Memesan Ukuran Gelas dengan Sebutan Umum

Barista kesal saat ada pelanggan yang komplain

Barista kesal saat ada pelanggan yang komplain. (Foto: Thinkstock)
Setiap kedai kopi memiliki sebutan ukuran gelas yang berbeda. Jika Starbucks mempunyai sebutan cup dengan nama tall, grande, dan venti, maka kedai kopi lainnya mungkin tidak menerapkan nama yang sama pada ukuran cup yang disediakan.
Cermati terlebih dahulu menu yang disedikan oleh kedai kopi yang kamu kunjungi agar kamu tak salah menyebutkan ukuran gelas di depan barista kopi. Karena, jika salah menyebutkannya, hal ini akan membuat jengkel barista.
4. Menyebutkan Espresso dengan Expresso
Sebagian dari kamu mungkin belum mengetahui bagaimana cara melafalkan espresso dengan benar. Bukan expresso melainkan espresso dengan menekankan huruf 's' di awal pelafalan.
Kesalahan pelanggan inilah yang terkadang membuat barista kopi kesal, mengingat espresso adalah menu kopi yang paling umum. Belajarlah untuk tidak membuat kesalahan dalam memesan kopi, terutama dengan menyebutkan menu yang kamu pesan.
5. Memesan Sambil Memainkan Hp

Sikap yang buruk bisa bikin barista kesal

Sikap yang buruk bisa bikin barista kesal. (Foto: Thinkstock)
Tumbuh dan besar di era teknologi seperti sekarang ini tentu akan membuat siapa pun tak bisa lepas dari gadget masing-masing. Meski begitu, kamu tetap harus tahu cara beretika, termasuk dalam memesan kopi di coffee shop.
Barista kopi mengaku kesal jika ada pelanggannya yang memesan kopi sambil memainkan handphone. Ya, sikap itu memang akan membuat barista kopi kesal dan merasa jika kehadiran mereka tidaklah dihargai.
6. Menunggu Barista yang sedang Meracik Kopi

Kamu tak perlu menunggu di dekat meja barista kopi. Cukup duduk manis dan menunggu kopi buatanmu selesai dibuat adalah cara yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke kedai kopi.
Barista kopi akan memanggil namamu ketika kopi yang dibuatnya telah selesai. Menunggu kopi pesananmu di dekat meja barista hanya akan membuat mereka merasa kurang nyaman.
7. Terlalu Banyak Menuntut

Barista Membuat Kopi

Barista Membuat Kopi (Foto: pixabay.com)
Meski ungkapan pelanggan adalah raja benar adanya, namun setiap pengunjung kedai kopi harus mempunyai etika dalam memesan sebuah minuman. Cukup jelaskan apa yang kamu inginkan dengan lengkap, maka barista kopi akan membuatkan minuman kopi pesananmu.
Tak perlu banyak menuntut jika tak ingin membuat barista kopi kesal. Selama pesananmu sudah sesuai dengan apa yang kamu inginkan, maka minuman yang akan kamu nikmati pun nantinya juga akan sesuai dengan ekspektasimu.

KulinerMinumanBarista KopiKopi

presentation
500

Baca Lainnya