Pencarian populer
12 Desember 2017 17:06 WIB
..
..

7 Kreasi Gingerbread Unik yang Pernah Dibuat di Dunia

Kue jahe. (Foto: dok. Carrie Dennis, Mimicafe Union)

Gingerbread atau kue jahe merupakan salah satu kudapan manis yang selalu menghiasi perayaan Natal di berbagai dunia. Terbuat dari tepung terigu, gula cokelat, telur, mentega dan parutan jahe, gingerbread yang umum dijumpai berbentuk rumah atau orang yang menggemaskan.

Namun, seiring dengan perubahan tren, kue jahe bertransformasi sebagai olahan yang lebih menarik. Meski berkembang, namun transformasi ini tidak mengurangi esensi kue jahe sebagai salah satu simbolis perayaan Natal.

Dan hingga saat ini, telah banyak inovasi kue jahe yang dikreasikan oleh para pembuat kue papan atas. Sedikitnya ada puluhan atau bahkan ratusan kreasi kue jahe yang pernah dibuat di seluruh dunia.

Bagi yang penasaran, kumparan (kumparan.com) telah merangkum tujuh kreasi gingerbread unik yang mencuri perhatian. Apa saja? Yuk intip ulasannya:

1. Desa Kue Jahe Terbesar di Dunia

Desa Kue Jahe Terbesar di Dunia (Foto: dok. Guinness World Record)

Tepatnya pada Desember 2015 silam, seorang chef asal kota New York pernah memecahkan rekor untuk hasil kreasi kue jahe buatannya. Dilansir Oddee, Jon Lovitch, selaku executive chef di Algonquin Hotel, New York, berhasil meraih penghargaan dari Guinness World Record, karena telah menciptakan olahan kue jahe yang ia implementasikan menjadi sebuah miniatur desa yang unik.

'Gingerbread Lane' adalah nama dari desa kue jahe terbesar di dunia yang pernah Lovitch ciptakan. Dan, saat ini hasil karyanya diabadikan di New York Hall of Science.

2. Pizza Kue Jahe

Pizza Kue Jahe (Foto: dok. Carrie Dennis)

Jika selama ini kue jahe identik sebagai makanan manis, maka berbeda dengan kue buatan seorang netizen bernama Carried Dennis. Ia justru membuat rumah kue jahe diatas sebuah pizza.

Dinamakan Pizza House, kue jahe ini rupanya terbuat dari adonan pizza yang disusun menjadi sebuah bangunan rumah. Berbagai topping lezat disajikan untuk menghiasi rumah pizza unik ini.

3. Kue Jahe Star Wars

Kue Jahe Star Wars. (Foto: dok. Sheraton Seattle Hotel)

Selanjutnya, ada kue jahe Star Wars yang pernah dibuat oleh para pembuat kue di Sheraton Seattle Hotel, pada Desember 2015. Projek ini sebenarnya merupakan sebuah upaya dalam menyambut perilisan film Star Wars ke-7.

Pembuatannya melibatkan total enam orang yang terdiri dari arsitek dan chef hotel Sheraton Seattle. Kue jahe Star Wars terbuat dari ratusan permen dan kue jahe itu sendiri yang disusun menyerupai bangunan yang ada di film Star Wars.

4. Kue Jahe White House

Kue Jahe Gedung Putih. (Foto: dok. White House Gallery)

The White House Gingerbread House menjadi kreasi kue jahe unik selanjutnya. Lewat tangan andal executive pastry chef, Susan Morrison, kue jahe berbentuk gedung putih ini dibuat dengan sangat apik. Bahkan, tiap detail dari bangunan White House sangat diperhatikan olehnya.

Setelah berhasil dibuat, kue jahe yang berbahan dasar dark chocolate seberat 226 kg itu pun langsung dipajang di ruang makan gedung putih. Pembuatan kue jahe ini sengaja dibuat sebagai bentuk perayaan hari Natal pada tahun 2015 lalu.

5. Kue Jahe Bank

Kue Jahe Bank. (Foto: dok. Deutsch)

Masih di tahun yang sama, yaitu 2015, kue jahe berbentuk bank pernah diciptakan di Philadelphia, Amerika. Diiniasisi oleh PNC Bank, kue jahe ini dibuat dengan menggunakan 2,268 kg kue jahe yang disusun menyerupai sebuah bangunan bank raksasa.

Kue ini diciptakan oleh para pembuat kue yang berasal dari toko roti Philadelphia's Bredenbeck. Menariknya, kue jahe yang memiliki tinggi 103 meter ini juga dilengkapi dengan mesin atm yang terbuat dari kukis.

6. Kue Jahe King's Landing

Kue Jahe King's Landing (Foto: dok. Taste of London)

Bagi kamu pecinta film series Game of Thrones, tentu tak asing dengan King's Landing. Ya, King's Landing merupakan sebuah wilayah kekuasaan yang dipertahankan oleh beberapa karakter utama dalam film tersebut.

Tepatnya pada tahun 2015, seniman sekaligus desainer kue asal Indonesia, Michelle Wibowo, berhasil menciptakan miniatur King's Landing yang terbuat dari susunan kue jahe. Dibuat begitu detail, Michelle yang juga pernah meraih penghargaan For a Taste of London 2015 tak lupa menyertakan semua unsur yang ada pada King's Landing, termasuk Dragon Pit, Great Sept of Baelor, dan Red Keep.

7. Kue Jahe Hogwarts

Kue Jahe Hogwarts (Foto: dok. Mimicafe Union)

Dan yang terakhir ada kue jahe berbentuk kastil Hogwarts, yang merupakan sekolah para penyihir di film Harry Potter. Dibuat oleh salah satu toko kue asal New York, Mimicafe Union, pembuatan kue jahe ini begitu mendetail.

Miniatur ruang makan Hogwarts diciptakan lengkap dengan meja dan kursi, serta makanan yang disajikan di atasnya. Tujuan dibuatnya kue ini adalah pencarian donasi untuk disumbangkan kepada yayasan yang membutuhkan.

Di antara ketujuh kue jahe tersebut, manakah yang menjadi favoritmu?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet
Lorem ipsum dolor sit amet
11 Desember 2017
Lorem ipsum dolor sit amet
Lorem ipsum dolor sit amet
11 Desember 2017
Lorem ipsum dolor sit amet
Lorem ipsum dolor sit amet
11 Desember 2017
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: