Pencarian populer

7 Makanan Serba Hitam yang Sempat Populer di Dunia

Tren makanan hitam (Foto: Instagram @marianacuencaheinze @kokorosousou)

Tren makanan hitam memang sempat populer pada beberapa tahun lalu. Beragam makanan serba hitam bermunculan seiring dengan kepopulerannya yang tak hanya booming di Tanah Air, tapi juga di dunia.

Activated bamboo charcoal atau arang bambu aktif digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan makanan berwarna hitam gelap tersebut. Di Indonesia sendiri, berbagai makanan bisa dikreasikan dengan arang bambu. Mulai dari roti hingga pempek khas Palembang pun bisa disulap menjadi warna hitam legam.

Untuk mengetahui makanan serba hitam apa saja yang pernah hits di tahun sebelumnya, maka kumparan (kumparan.com) telah merangkum sedikitnya tujuh makanan serba hitam yang sempat populer di dunia:

1. Roti

Loading Instagram...

Dari sekian banyaknya makanan, nampaknya roti adalah makanan yang paling sering dikreasikan menjadi bentuk apapun, termasuk saat dicampur dengan bubuk arang bambu. Saat ini, beberapa toko roti sudah banyak yang menyajikan roti berwarna hitam pekat sebagai salah satu menu roti andalannya. Isian cokelat atau kacang merah, dengan taburan biji wijen diatas roti adalah salah satu produk roti hitam yang paling banyak kamu temukan di beberapa toko roti.

2. Macaron

Loading Instagram...

Kudapan manis asal Prancis ini identik dengan warna pastel yang cerah. Pink, kuning, hijau, biru, putih adalah sederet warna macaron yang paling umum kamu temukan di toko kue. Namun, macaron berwarna hitam juga sempat populer di tahun 2017 lalu. Dan sepertinya, ini merupakan salah satu varian macaron yang paling banyak disukai masyarakat.

3. Es krim

Loading Instagram...

Es krim berwarna hitam juga sempat populer. Bahkan, kepopulerannya masih berlanjut hingga saat ini, karena beberapa gerai es krim masih banyak yang menyuguhkan hidangan yang satu ini. Terbuat dari arang bambu, es krim berwarna hitam tentu menjadi makanan yang patut dicoba bagi para foodies.

4. Waffle

Loading Instagram...

Selain roti, waffle juga bisa dikreasikan dengan bubuk arang bambu. Berwarna hitam pekat, waffle berwarna hitam sering disajikan dengan es krim dan topping manis lainnya. Menariknya, waffle hitam ini menjadi makanan yang cukup Instagrambale, sehingga membuat feed Instagram kamu akan semakin berwarna.

5. Pempek

Loading Instagram...

Tak hanya makanan manis, rupanya makanan asin seperti pempek juga bisa dikreasikan dengan bubuk arang bambu. Kemunculan pempek hitam memang sempat menggegerkan publik di Indonesia. Meski begitu, banyak yang penasaran akan rasa dari pempek hitam yang satu ini. Kira-kira seperti apa ya rasanya?

6. Mi

Loading Instagram...

Selain tinta cumi sebagai pewarna hitam alami, bubuk arang bambu juga bisa digunakan untuk membuat mi berwarna hitam. Ya, kepopuleran tren makanan hitam pada beberapa waktu lalu membuat semua makanan disulap menjadi warna hitam, termasuk mi yang lebih sering diolah dengan tinta cumi.

7. Kopi

Loading Instagram...

Selanjutnya ada black coffee latte yang juga turut mewarnai tren makanan serba hitam pada 2017 lalu. Warna hitam pekat kopi yang dihias dengan latte yang cantik membuat siapapun penasaran dengan minuman unik yang satu ini. Tak seperti kopi biasa, perpaduan arang bambu dan susu akan menghasilkan gradasi warna yang sangat Instagramable.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: