Pencarian populer
17 Februari 2019 15:10 WIB
..
..

7 Makanan yang Bisa Melancarkan Buang Air Besar

Oatmeal. Foto: Pexels

Salah satu masalah pencernaan yang paling sering terjadi pada kebanyakan penyuka makan adalah sembelit. Tidak heran, sebab penyebab utama susah buang air besar (BAB) adalah makanan yang kita makan sehari-hari.

Maka itu, peran makanan berserat dalam porsi harian kita sangatlah penting. The Academy of Nutrition and Dietetics pernah merumuskan bahwa setiap harinya kita harus mengkonsumsi 25 gram serat untuk perempuan dan 38 gram serat untuk laki-laki.

Namun, ketika sudah memasuki usia 50 tahun ke atas, kebutuhan serat pun jadi berkurang. Idealnya perempuan jadi 21 gram dan laki-laki jadi 30 gram.

Nah, bila kamu sedang merasa kesulitan untuk BAB, kali ini kumparanFOOD memberikan beberapa makanan dan minuman dengan serat tinggi yang bisa membantu pencernaan kamu. Mari disimak supaya terhindar dari sembelit.

  1. Air kelapa

Air kelapa. Foto: Thinkstock

Air kelapa punya segudang manfaat baik untuk tubuh, salah satunya untuk melancarkan buang air besar. Kandungan elektrolit dalam air kelapa mampu menyembuhkan sembelit. Bonusnya, kulit kamu pun bisa tampak lebih segar merona.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan Foto: Thinkstock

Setiap mangkuk kacang punya serat dua kali lipat lebih banyak dibanding kebanyakan sayur lainnya. Kamu bisa mencampurkan kacang-kacangan ke dalam menu harian kamu; seperti sup, salad, atau mungkin dimakan sebagai camilan.

  1. Oatmeal

Oatmeal sebagai pengganti nasi Foto: Pixabay

Gandum memang jadi sumber serat yang banyak digunakan untuk kesehatan. Sebaiknya kamu mengganti sarapan dengan oatmeal atau sereal gandum.

Coba cek dalam bungkusnya, carilah yang punya lima gram serat. Padankan dengan aneka buah atau granola supaya rasanya lebih nikmat.

  1. Air lemon

Potongan Apel di dalam Air Lemon Foto: Iryna Pohrebna/Shutterstock

Sudah banyak ahli kesehatan yang menganjurkan kita rutin meminum air lemon di pagi hari. Selain untuk detoks dan aneka manfaat lainnya, air lemon juga bisa memperlancar sembelit, lho!

  1. Berry

Ilustrasi raspberry. Foto: Thinkstock

Ada banyak pilihan berry yang bisa kamu andalkan untuk memperlancar BAB. Kamu bisa memilih raspberry, blackberry, atau yang paling mudah stroberi. Semua macan berry ini punya jumlah serat yang baik untuk memperlancar pencernaan kamu.

Setengah gelas stroberi mengandung 2 gram serat, sementara blackberry 3.8 gram serat, dan raspberry 4 gram serat. Berry juga terhitung rendah kalorinya sehingga cocok bila kamu padankan dengan yoghurt atau menjadikannya topping waffle.

  1. Bayam

sayur bayam Foto: Instagram @dapurlinna

Bukan hanya manfaat dari serat yang kita ambil, namun magnesium dalam bayam juga membantu pergerakan usus menjadi lebih baik untuk memperlancar pencernaan.

  1. Brokoli

Ilustrasi brokoli segar. Foto: Thinkstock

Sama seperti kacang-kacangan, brokoli juga mengandung serat yang cukup tinggi dan rendah kalori. Menjadi sumber nutrisi yang luar biasa baiknya menyebabkan brokoli juga jadi menu harian mereka yang sedang dalam program diet.

Sebenarnya, brokoli paling baik bila dimakan mentah karena seratnya lebih banyak daripada yang dimasak. Namun, bila lidah kamu masih merasa kurang enak memakannya, cobalah untuk mengukus atau memanggangnya untuk menghindari kalori tambahan.

Ada baiknya kamu menyelipkan beberapa makanan dan minuman di atas supaya kamu senantiasa terhindar dari susah buang air besar. Ayo, diatur lagi pola makannya, ya! Simak infografik pola makan harian dengan menu yang biasa ada di pasar berikut ini.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: