kumparan
24 Jul 2019 16:02 WIB

7 Olahan Ikan dari Berbagai Daerah

com-Seporsi kari kepala ikan — percampuran budaya dalam bentuk hidangan. Foto: Shutterstock
Sebagai Negara Maritim, sangat mudah menjumpai olahan berbahan ikan di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, pasti terdapat olahan ikan yang khas dan berbeda-beda.
ADVERTISEMENT
Tak hanya digoreng maupun dibakar, ada olahan ikan berbentuk sate, bakso, hingga diolah menjadi pepes yang gurih. Perpaduan ikan nan gurih dan aneka bumbu khas Nusantara menghasilkan cita rasa nikmat yang sulit ditolak.
Ini dia tujuh olahan ikan populer dari berbagai daerah. Mana sajian ikan favoritmu?
1. Sate lilit
sate lilit Foto: Shutterstock
Sate lilit merupakan olahan dari ikan yang sangat populer di Bali, bahkan hingga ke luar kota. Berbeda dari sate kebanyakan, sate lilit punya tampilan menyerupai pemukul kecil dengan batang dari serai.
Sedangkan bahan pembuatan sate lilit terdiri ikan tuna giling, kelapa parut, dan bumbu-bumbu penyedap. Kelapa parut membuat sate terasa lebih gurih dan bertekstur. Rasa sate lilit yang lezat tanpa duri ini semakin nikmat bila disajikan dengan sambal matah segar.
ADVERTISEMENT
2. Mangut lele
Mangut Lele Mbah Marto di Jogja Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Hidangan berbahan ikan ini sangat populer di daerah Semarang hingga Yogyakarta. Sesuai namanya, sajian ini terbuat dari lele yang dimasak dengan kuah mangut.
Bumbu mangut dari cabai, tomat, bawang, kencur, dan santan menghasilkan cita rasa gurih sekaligus pedas menggigit. Sedangkan ikan lele diasapi terlebih dahulu, hingga kering dan mengeluarkan aroma khas.
Sajian mangut lele ini sangat cocok disantap di berbagai kesempatan dengan nasi hangat nan mengepul.
3. Pempek
Pempek Apy Foto: Oppa Kuliner
Penyuka olahan ikan pasti sudah tak asing lagi dengan sajian khas Palembang yang satu ini. Saking populernya, penjaja pempek pun tak sulit dijumpai di berbagai kota di Indonesia.
Pempek khas Palembang punya beragam jenis, tapi sama-sama terbuat dari ikan tenggiri. Daging ikan tenggiri dicampur dengan tepung kanji, telur, dan aneka bumbu penambah rasa.
ADVERTISEMENT
Pempek bisa disajikan dengan cara dibakar, direbus, atau digoreng. Sebelum disajikan, pempek biasanya juga disajikan dengan mi kuning, timun, dan kuah cuko gurih manis.
4. Tekwan
Tekwan Foto: Shutterstock
Selain pempek, Palembang juga punya sajian tekwan lain yang tak kalah populer. Sama-sama terbuat dari ikan tenggiri dan tepung kanji, namun tampilan tekwan sekilas mirip bakso atau sup.
Bola-bola ikan yang kenyal disajikan dengan siraman kaldu udah yang gurih dan hangat. Selain itu, terdapat pelengkap lain seperti soun, jamur kuping, dan bunga sedap malam sebagai penambah aroma. Di daerah asalnya, tekwan biasanya juga disajikan dengan bengkuang yang diiris tipis.
5. Arsik
Ikan arsik. Foto: Toshiko/kumparan
Arsik adalah olahan ikan yang erat kaitannya dengan adat istiadat orang Batak. Sajian dari ikan mas ini biasanya disajikan pada pesta pernikahan adat Batak sebagai simbol kehidupan yang penuh berkah.
ADVERTISEMENT
Menariknya di daerah asalnya, ikan mas yang digunakan untuk membuat arsik harus dalam keadaan utuh dari kepala hingga ekor. Sisiknya pun tidak boleh dibuang.
Sesuai namanya, ikan mas dimasak dengan bumbu arsik yang terdiri dari cabai, bawang, kunyit, jahe, bunga kecombrang, asam gelugur, lokio atau bawang batak, dan beberapa rempah lain. Perpaduan bumbu arsik menghasilkan cita rasa sajian yang pedas dan asam menyegarkan.
6. Gabus pucung
Gabus pucung ala Accor Hotel Foto: Dok. Accor Hotel
Orang Betawi juga punya olahan ikan legendaris bernama gabus pucung. Dikenal sebagai hidangan klasik Betawi, gabus pucung biasanya dapat ditemukan di tempat makan khas Betawi atau saat mengadakan acara hajatan.
Gabung pucung terbuat dari potongan ikan gabung yang dimasak bersama kluwak sebagai bumbu utamanya. Kluwak membuat tampilan gabung pucung terlihat pekat dan berwarna hitam legam. Meski begitu, rasa pedas dan gurih gabung pucung tak kalah menggugah dari olahan ikan dari daerah lainnya.
ADVERTISEMENT
7. Gohu ikan
Ilustrasi gohu ikan Foto: Shutterstock
Bila Jepang punya sashimi, Indonesia juga punya hidangan ikan mentah bernama gohu ikan. Sajian asal Maluku Utara ini terbuat dari ikan tongkol atau cakalang yang dipotong dadu lalu diaduk bersama cacahan cabai rawit, bawang, dan perasan jeruk nipis.
Air jeruk nipis inilah yang berfungsi mematangkan ikan sehingga aroma amisnya berkurang. Selain disajikan dengan air jeruk nipis, ada juga gohu ikan yang ditambah dengan siraman minyak panas untuk menambah rasa gurih.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan