Pencarian populer

7 Oleh-oleh Khas Yogya yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Oleh-oleh Yogyakarta. (Foto: Instagram @rullyvira & @belangaindonesia)
Melancong ke Yogyakarta, tak lengkap rasanya jika belum menikmati aneka kudapan khasnya yang lezat. Didominasi rasa gurih dan manis, sajian khas Yogyakarta seperti gudeg, bakmi Jawa, hingga sate klathak sukses membuat para penikmatnya ketagihan.
ADVERTISEMENT
Tak hanya makanan beratnya, beragam jajanan pun dapat kamu temukan di kota Gudeg ini. Dibuat dengan perpaduan bahan dan proses pembuatannya yang masih dilakukan secara tradisional, jajanan khas Yogyakarta pun sangat menarik untuk ditelusuri.
Saking nikmatnya, ragam kudapan khas ini selalu menjadi oleh-oleh andalan untuk dibawa pulang. Penasaran apa saja? Yuk intip tujuh oleh-oleh khas Kota Gudeg yang telah kumparan (kumparan.com) rangkum di bawah ini:
1. Bakpia Pathuk
Loading Instagram...
Ini dia oleh-oleh khas Yogyakarta yang selalu dicari oleh para wisatawan. Terbuat dari adonan kulit yang lembut, beragam isian bakpia bisa kamu temukan di sini, mulai dari isian kacang hijau, cokelat, hingga keju yang manis menggoda.
Tak hanya rasa itu saja, kini tersedia pula varian bakpia pathuk dengan cita rasa yang lebih kekinian seperti durian dan matcha.
ADVERTISEMENT
2. Yangko
Loading Instagram...
Yangko adalah kudapan khas Yogyakarta berbahan dasar tepung ketan dengan rasa manis yang tidak berlebihan. Teksturnya yang kenyal menyerupai mochi menjadi salah satu daya tarik yangko hingga digemari oleh banyak orang.
Selain rasanya yang nikmat, yangko yang terdiri dari rasa kacang, cokelat, hingga buah-buahan ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh karena tetap awet meskipun disimpan dalam waktu lama.
3. Gudeg
Loading Instagram...
Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta bertekstur lembut yang terbuat dari buah nangka muda, gula merah, dan bumbu-bumbu tradisional. Disajikan bersama sambal krecek, ayam, telur, dan tahu atau tempe bacem, makanan bercita rasa manis ini menjadi salah satu ikon Yogyakarta yang sangat tersohor.
Tak hanya disantap langsung, gudeg ternyata sering dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Yogyakarta yang nikmat. Berbeda dengan gudeg biasanya, gudeg yang dijual sebagai oleh-oleh dibuat lebih kering agar gudeg tidak cepat rusak atau pun basi.
ADVERTISEMENT
4. Geplak
Loading Instagram...
Yogyakarta memang surganya makanan manis, salah satunya adalah geplak. Terbuat dari parutan kelapa bercampur gula dan pewarna makanan yang dibentuk bulat, tampilan geplak yang cantik sangat cocok dibawa sebagai buah tangan untuk orang-orang terdekat.
Tak hanya tampilannya yang cantik, geplak yang manis sangat cocok disantap bersama teh sambil berkumpul bersama keluarga atau sahabat.
5. Salak Pondoh
Loading Instagram...
Meski salak merupakan buah yang hampir ada di setiap daerah di Tanah Air, Yogyakarta memiliki jenis salak khas yang cocok dibawa sebagai buah tangan. Bernama salak pondoh, jenis salak ini dapat dengan mudah ditemukan di daerah Sleman, Yogyakarta.
Berbeda dengan salak pada umumnya, salak pondoh memiliki ukuran yang lebih kecil dengan duri-duri kecil di bagian luarnya. Namun jangan salah, di balik lebatnya duri yang ada di permukaannya, salak pondoh merupakan varian salak dengan rasa yang lebih manis dibanding jenis lainnya.
ADVERTISEMENT
6. Cokelat Monggo
Loading Instagram...
Selain jajanan tradisional, cokelat monggo merupakan salah satu oleh-oleh yang banyak diburu wisatawan saat berkunjung ke Yogyakarta. Diciptakan oleh pria bernama Thierry Detournay asal Belgia pada akhir tahun 2005 lalu, cokelat monggo langsung menjadi primadona pecinta cokelat dari dalam maupun luar Kota Gudeg.
Meski dibuat oleh orang asing, bahan baku pembuatan cokelat seluruhnya menggunakan produk lokal, lho. Tak hanya itu, rasanya yang tidak terlalu manis dengan varian rasa beragam membuat cokelat asli Yogyakarta ini begitu diminati.
7. Walang goreng
Loading Instagram...
Saat berkunjung ke daerah Gunung Kidul, Yogyakarta, pasti kamu akan menemukan banyak pedagang walang atau belalang di sepanjang jalan. Ya, walang goreng memang merupakan salah satu oleh-oleh khas Gunung Kidul yang kini mulai banyak diminati.
ADVERTISEMENT
Terbuat dari belalang berukuran sedang yang digoreng dengan bumbu hingga kecoklatan, cita rasanya yang pedas dan manis dengan tekstur renyah seperti udang membuat makanan berbahan serangga ini banyak diminati. Selain disajikan dalam keadaan matang, kamu juga dapat membelinya dalam keadaan segar yang dijajakan dalam ikatan-ikatan kecil.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86