kumparan
21 Mar 2018 11:50 WIB

7 Sajian Nikmat yang Dapat Kamu Cicipi di Hong Kong

Makanan Hongkong (Foto: Thinkstock)
Berkunjung ke Hong Kong, tak lengkap rasanya bila belum mencicipi sajian khas yang ada di sana. Sebagai salah satu destinasi wisata terpopuler di Asia, Hong Kong memiliki sederet kuliner enak yang patut kamu coba.
ADVERTISEMENT
Menggunakan bumbu khas Asia Timur, cita rasa sajian Hongkong yang gurih menjadi salah satu daya tariknya. Berencana pergi ke Hong Kong dalam waktu dekat ini? Agar tak kebingungan mencari makanan lezat di sana, yuk intip tujuh sajian khas Hong Kong yang dapat kamu cicipi di bawah ini:
1. Cheong fun
Loading Instagram...
Cheong fun adalah sajian berupa adonan dari tepung beras yang dibentuk menggulung lalu dikukus bersama aneka bumbu. Sajian ini pertama kali dibuat di Provinsi Guangdong, China, lalu menyebar hingga sekarang populer di Hong Kong. Bertekstur kenyal dengan warna putih bersih menyerupai kwetiau, cheong fun semakin lezat karena adanya isian berupa seafood, daging, atau sayuran.
2. Hakau
Loading Instagram...
Mulai populer sejak tahun 1920-an, har gow atau hakau adalah sajian berupa dim sum isi udang. Terbuat dari kulit dari tepung beras yang diisi potongan udang, hakau memiliki tekstur kenyal dengan kulit agak transparan. Untuk menambah rasanya, biasanya hakau disajian bersama saus celup berupa cuka, kecap ikan, dan bubuk cabai pedas.
ADVERTISEMENT
3. Char siu bao
Loading Instagram...
Sajian daging babi memang sangat populer di Hong Kong. Tak hanya disajikan dengan cara dipanggang, daging babi sering diolah menjadi isian bakpao yaitu char siu bao.
Char siu bao merupakan bakpao yang berisi cacahan daging babi yang sebelumnya telah dipanggang dengan saus barbeque. Bercita rasa gurih dengan tekstur yang lembut, bakpao ini cocok disantap sebagai pengganjal perut saat berkeliling Hong Kong.
4. Congee
Loading Instagram...
Congee merupakan menu sarapan populer berupa bubur gurih yang dapat dengan mudah ditemukan di Hong Kong. Dibuat dari nasi yang direbus hingga lunak bersama bumbu dan kaldu, congee disajikan bersama topping mengenyangkan seperti daging ayam, babi atau bebek panggang, bahkan century egg khas sajian Tionghoa yang melegenda.
ADVERTISEMENT
5. Luo bo gao
Loading Instagram...
Luo bo gao adalah sajian penutup berupa campuran lobak dan adonan tepung yang digoreng atau dikukus hingga kecoklatan. Bercita rasa gurih dengan tekstur agak crunchy yang dihasilkan lobak, luo bao gao juga sering disajikan bersama campuran daging atau seafood untuk menambah tekstur dan rasa. Saat disajikan, sajian yang tergolong ke dalam kategori dim sum ini biasa disantap dengan tambahan saus hoisin dan bubuk cabai pedas.
6. Sweet and sour pork
Loading Instagram...
Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, babi merupakan salah satu sajian populer di Hong Kong. Salah satunya adalah sweet and sour pork atau babi asam manis.
Sesuai namanya, sajian ini dibuat dari daging babi fillet yag dimasak bawang bombay, paprika, dan bumbu asam manis. Biasanya, babi asam manis disajikan sebagai lauk dan disantap bersama nasi hangat.
ADVERTISEMENT
7. Choy sum saus tiram
Loading Instagram...
Choy sum atau caisim adalah sayuran hijau yang sering diolah menjadi berbagai sajian khas China dan Hongkong. Salah satunya ditumis menggunakan saus tiram yang gurih. Dibuat dengan cara merebus caisim lalu menyiramnya dengan saus tiram yang telah dicampur aneka bumbu, tekstur caisim yang renyah dengan rasa gurih nikmat sangat cocok disantap bersama nasi hangat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·