kumparan
5 Mei 2018 10:21 WIB

7 Sambal Khas Indonesia yang Paling Populer

Sambal khas Indonesia (Foto: Instagram/@voilajogja & @amieeyulia)
Bagi orang Indonesia, menyantap aneka hidangan tanpa sambal tentunya terasa kurang nikmat. Terbuat dari perpaduan beberapa bahan segar seperti cabai rawit, tomat, terasi dan sedikit garam, menambahkan sedikit sambal ke dalam menu sehari-hari dapat menambah cita rasa suatu masakan.
ADVERTISEMENT
Terdapat beragam jenis sambal di Indonesia. Dan, beberapa di antaranya menjadi sambal favorit yang digemari banyak orang. Lantas, sambal apa saja? Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum tujuh jenis sambal populer di Tanah Air:
1. Sambal terasi
Loading Instagram...
Siapa yang tak kenal dengan sambal terasi? Memiliki aroma yang khas dengan cita rasa yang nikmat di lidah, sambal terasi sangat cocok disantap bersama jenis lauk apa pun. Sambal ini terbuat dari campuran cabai rawit, tomat, bawang merah, garam dan tentunya terasi yang ditumbuk hingga halus. Dalam penyajiannya, terdapat dua jenis sambal terasi yang populer, yakni sambal terasi matang dan sambal terasi mentah. Untuk menambah cita rasa, sambal terasi akan dihidangkan bersama jeruk nipis.
ADVERTISEMENT
2. Sambal cabe ijo
Loading Instagram...
Selanjutnya ada sambal cabe ijo. Bercita rasa sedikit pedas dengan kandungan minyak yang tinggi, sambal ini kerap dihidangkan bersama sajian bersantan seperti sayur tunjang dan rendang. Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menghaluskan cabai hijau muda, bawang putih, bawang merah, gula, garam, dan sedikit minyak. Voila! Sambal cabe ijo siap disajikan bersama sepiring nasi hangat.
3. Sambal kecap
Loading Instagram...
Biasanya, sambal kecap sering disajikan sebagai menu pendamping ikan bakar. Sambal ini terbuat dari potongan cabai rawit, bawang merah dah tomat yang disiram dengan kecap manis. Untuk menikmatinya, potongan cabai dan bawang akan dipenyetkan dengan sendok hingga keluar sari patinya, lalu disantap dengan ikan bakar dan nasi panas. Nikmat!
ADVERTISEMENT
4. Sambal bawang
Loading Instagram...
Untuk kamu si pecinta pedas, jangan lupa cicipi sambal bawang. Terbuat dari campuran cabai rawit, bawang putih, gula dan garam, dijamin akan membuat siapa saja yang menyantapnya akan ketagihan. Rasanya yang pedas membakar, membuat sambal bawang cocok disantap bersama dengan ayam goreng, nasi panas, dan lalapan sayur.
5. Sambal kacang
Loading Instagram...
Selain sambal pedas membakar, ada juga sambal kacang. Sering digunakan sebagai bumbu gado-gado, pecel sayur, pelengkap nasi uduk, hingga sate, sambal kacang terbuat dari campuran kacang tanah sangrai, cabai rawit, kecap manis, dan perasan jeruk nipis. Bila tak terlalu suka pedas, kamu bisa mengatur tingkat kepedasannya dengan mengurangi jumlah cabai dalam sambal ini.
ADVERTISEMENT
6. Sambal matah
Loading Instagram...
Bagi kamu yang pernah berlibur ke Bali, tentunya sudah tak asing lagi dengan sambal matah. Ya, dibuat dari campuran bawang merah, daun jeruk purut, cabai rawit merah, dan jeruk nipis, sambal matah umumnya akan disajikan sebagai pelengkap kuliner khas Pulau Dewata. Mulai dari nasi campur, sate lilit, dan sebagainya. Tak perlu jauh-jauh ke Bali untuk membuatnya, karena dengan bahan-bahannya yang sederhana, kamu juga bisa membuat sambal segar ini di rumah.
7. Sambal mangga
Loading Instagram...
Siapa yang bisa menolak kenikmatan sambal mangga? Terbuat dari perpaduan cabai rawit, gula merah, terasi, dan irisan mangga muda segar, sambal mangga selalu menjadi favorit para pecinta pedas. Rasanya yang pedas dan sedikit asam sangat cocok dipadukan dengan nasi panas, ayam goreng, sayur asem, dan lalapan. Yummy!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan