Pencarian populer

Agar Tidak Bau Prengus, Yuk Olah Daging Kambing dengan Tips Ini

Ilustrasi daging kambing (Foto: Dok. Thinkstock)
Perayaan Idul Adha memang selalu identik dengan daging sapi dan kambing. Sayangnya, tekstur daging kambing yang cenderung alot dan memiliki bau yang khas membuat banyak orang enggan untuk menikmatinya.
ADVERTISEMENT
Padahal, bila diolah dengan teknik yang tepat, tekstur alot dan bau pada daging kambing bisa dinetralisir, lho. Salah satunya dengan tidak mencuci daging saat hendak diolah.
Nah, selain itu masih banyak tips dan trik jitu agar cita rasa daging kambing buatanmu semakin sedap. Bagaimana caranya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya:
1. Buang lemak pada lapisan daging
Ilustrasi daging kambing (Foto: Dok. Thinkstock)
Tahukah kamu? Bau prengus pada daging kambing rupanya berasal dari lapisan lemak yang menempel pada daging. Nah, untuk menetralisir baunya, iris bagian lemak daging, lalu simpan dalam lemari pendingin. Nantinya, bagian lemak kambing tersebut bisa kamu masukkan ke dalam arang api sebagai pengharum hidangan sate kambingmu.
ADVERTISEMENT
2. Taburi garam
Garam laut. (Foto: Thinkstock)
Tak hanya menambah cita rasa, membubuhkan sejumput garam pada permukaan daging kambing juga diklaim ampuh untuk menghilangkan bau prengusnya. Caranya, balurkan daging kambing dengan garam sambil dipijat-pijat perlahan, lalu diamkan sejenak selama 30-50 menit agar garamnya meresap. Setelah itu, olah sesuai selera.
3. Rebus bersama rempah-rempah
Jahe mengandung antioksidan untuk kekebalan tubuh (Foto: Pixabay)
Cara lain untuk mengurangi bau daging kambing adalah dengan merebusnya bersama dengan rempah-rempah beraroma tajam. Caranya, didihkan 1/2 liter air, kemudian masukkan daging kambing bersama dengan irisan jahe, serai atau kemangi. Biarkan selama 15-20 menit sampai daging matang, sisihkan.
4. Balut dengan jus nanas
Ilustrasi nanas (Foto: Dok. Thinkstock)
Sifat nanas yang cenderung asam juga dapat meminimalisir bau prengus, sekaligus melembutkan daging kambing. Mudah kok, kamu hanya perlu memblender halus satu buah nanas kupas, lalu balut seluruh permukaan daging kambing dengan jus nanas selama satu jam. Dijamin deh, bau tak sedap pada daging akan hilang seketika.
ADVERTISEMENT
5. Lumuri dengan jeruk nipis
Jeruk Nipis. (Foto: Thinkstock)
Alternatif lain yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau prengus adalah membalurkan air jeruk nipis pada daging. Ya, memiliki sifat asam yang serupa dengan nanas, membubuhkan perasan jeruk nipis dinilai efektif untuk meminimalisir bau amis pada daging, serta membasmi kuman dan bakteri yang bersarang pada daging kambing. Cukup lumuri daging kambing dengan perasan air jeruk nipis, lalu diamkan selama 30 menit. Voila! Daging kambing siap diolah!
Semoga tips ini bermanfaat ya!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80