Pencarian populer

Aneka Hidangan Khas Imlek: Siu Mie hingga Ayam Kodok

Ilustrasi Masakan China (Foto: Pixabay)
Sesaat lagi Tahun Baru China akan segera tiba. Momen spesial tersebut biasanya dimeriahkan dengan rangkaian acara kumpul keluarga.
ADVERTISEMENT
Sambil bercengkerama dengan keluarga, turut disajikan pula beragam kuliner lezat yang bisa disantap bersama. Siu mie salah satunya. Siu mie adalah hidangan mie kenyal dengan beragam topping menggoda mulai dari bakso, seafood, sayur, dan telur.
Tak hanya siu mie, terdapat juga sederet makanan khas yang selalu dihidangkan saat Imlek tiba. Apa saja? Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum tujuh jenis makanan khas Imlek:
1. Siu mie
Loading Instagram...
Siu mie atau mi panjang umur merupakan salah satu hidangan khas Imlek yang melambangkan panjang umur, kebahagiaan, dan rezeki yang melimpah. Hidangan satu ini mempunyai tekstur yang kenyal dengan rasa gurih menggoda. Siu Mie kerap disajikan dengan beragam lauk seperti ayam, cumi, udang atau bakso.
ADVERTISEMENT
2. Yu sheng
Loading Instagram...
Yu sheng merupakan salad warna-warni berbahan dasar wortel, lobak putih, timun, kacang tanah, jeruk bali, dan ikan salmon atau ikan tuna yang kerap disajikan sebagai menu pembuka dalam perayaan Imlek. Konon, mengkonsumsi yu sheng saat Tahun Baru China dapat memberikan keberuntungan yang tak terhingga.
3. Jiao Zi
Loading Instagram...
Saat kumpul keluarga di momen Imlek, tak lengkap rasanya jika tidak menyantap jiao zi. Kudapan berbahan dasar campuran daging dan sayuran ini memiliki aroma yang khas dengan rasanya yang gurih, sehingga cocok disantap bersama keluarga atau kerabat.
4. Teh telur
Loading Instagram...
Teh telur merupakan hidangan berbahan telur khas China yang dimasak dengan cara direbus bersama aneka rempah seperti kayu manis, kecap asin, dan lada hitam. Perpaduan beragam rempah dan gurihnya kecap asin menghasilkan cita rasa telur yang gurih nan lezat. Selain itu, mengkonsumsi teh telur dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh.
ADVERTISEMENT
5. Eight treasure soup
Loading Instagram...
Sesuai dengan namanya, eight treasure soup disajikan dengan delapan bahan dasar yang terdiri dari teripang, jamur tungku, ikan, udang, perut ikan, kerang kering, abalone, jamur hitam, kacang ginko, serta biji lotus.
Perpaduan kedelapan bahan ini menghasilkan cita rasa unik nan lezat di lidah. Bukan itu saja, menyantap sup spesial ini saat perayaan Imlek juga dipercaya dapat meningkatkan keberhasilan usaha di masa depan.
6. Steam ikan
Loading Instagram...
Selain eight treasure soup, ikan juga kerap dihidangkan dalam menu khas Imlek. Biasanya ikan akan diolah menjadi steam ikan jahe sederhana yang akan disantap bersama nasi hangat bersama keluarga. Orang Tionghoa percaya bahwa menyantap ikan saat perayaan Imlek dapat memberikan kemakmuran tiada henti sepanjang tahun.
ADVERTISEMENT
7. Ayam kodok
Loading Instagram...
Saat Imlek tiba, orang-orang Tionghoa biasanya akan menghidangkan ayam utuh yang dibentuk menyerupai kodok gemuk yang kemudian akan diisi dengan campuran ayam cincang, bawang putih, bawang merah, pala dan merica lalu dipanggang hingga matang. Lezat!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81