Pencarian populer

Antikanker dan Obat Diabetes, Ketahui Ini Manfaat Jambu Biji Merah

Ilustrasi jambu biji merah Foto: dok.shutterstock

Menikmati segelas jus jambu dingin di siang hari yang panas, siapa yang bisa menolak? Manis, segar, dan mengenyangkan membuat jambu kerap menjadi pilihan makanan sehat. Kaya akan serat serta vitamin, manfaat jambu biji untuk kesehatan memang sudah lama dipercaya masyarakat.

Jambu sendiri banyak jenisnya. Namun, untuk minuman seperti jus biasanya jambu yang digunakan adalah jenis jambu biji. Jenis jambu berbiji kecil-kecil ini pun ada yang putih, dan merah. Namun, kebanyakan jambu biji merahlah yang digunakan karena daging buahnya yang lebih lembut serta rasanya lebih manis.

Tak hanya itu, jambu biji merah juga digunakan sebagai obat, bahkan dipercaya dapat menyembuhkan demam berdarah dengue (DBD). Tanaman yang banyak tumbuh di negara tropis maupun subtropis ini, selain dapat megobati DBD juga dimanfaatkan sebagai makanan sehat bagi penderita diabetes hingga kanker.

Ilustrasi jambu biji merah Foto: dok.shutterstock

Lalu, apa saja manfaat lainnya dari jambu biji merah? Berikut ulasannya seperti yang kumparan rangkum di bawah ini.

1. Antikanker

Ilustrasi kanker Foto: THINKSTOCK

Mengutip jurnal yang dikeluarkan Department of Pharmacy, Varendra University, Rajshahi, di Bangladesh, jambu biji --termasuk jambu biji merah-- memiliki sifat antikanker. Hal ini karena di dalam buahnya terdapat antioksidan yakni likopen yang mampu mencegah kanker prostat.

Selain itu, jambu biji juga mengandung minyak alami yang bisa menjadi pelawan kanker darah atau leukimia.

2. Antidiabetes

Ilustrasi diabetes. Foto: Thinkstock

Bukan hanya sebagai antikanker, jambu biji merah juga terbukti dapat mengurangi gejala diabetes. Dalam jabaran penelitian yang tertulis di jurnal yang sama, jambu biji merah mampu menunjukkan penghambatan aktivitas hipoglikemik secara signifikan. Maka dari itu, jambu biji ini dapat dipilih sebagai makanan pengontrol gula darah.

3. Antioksidan

Ilustrasi jambu biji merah Foto: dok.shutterstock

Lezatnya jambu biji rupanya juga dapat dimanfaatkan sebagai makanan antioksidan. Kandungan vitamin C yang cukup banyak di dalamnya bisa melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Kandungan antioksidannya bukan hanya dapat ditemukan di buahnya saja melainkan juga pada daunnya.

4. Antihipertensi

Ilustrasi hipertensi. Foto: rawpixel via Pixabay

Hipertensi bisa terjadi akibat seringnya memakan makanan yang asin, mengandung banyak minyak, serta minuman berakohol. Untuk mencegahnya, seusai menikmati makanan atau minuman tersebut, sebaiknya konsumsi jambu biji merah. Buah ini mampu meredam tekanan darah yang sedang melonjak.

5. Antibakteri

Ilustrasi sakit perut. Foto: Shutterstock

Kerap kali makanan yang masuk ke dalam perut tidak semuanya bersih dan terbebas dari bakteri jahat. Untuk itu, jambu biji merah dapat dinikmati sebagai makanan penutup sehat yang bersifat antibakteri.

Jambu biji merah juga kaya akan serat sehingga dapat melancarkan pencernaan sekaligus mencegah sembelit. Jadi, bagi kamu yang mengalami masalah buang air besar khususnya, cobalah untuk rutin mengkonsumsi buah manis ini.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23