Pencarian populer

Atasi Kecanduan Kopi dengan 5 Cara Ini

Ilustrasi kopi (Foto: Thinkstock)

Memiliki kandungan kafein, kopi diklaim mampu menjaga kita untuk tetap fokus dan terjaga, sehingga banyak orang yang memanfaatkannya sebagai dopping. Tak hanya itu, minuman pekat ini juga dipercaya dapat mencegah kanker.

Kendati manfaat dan fungsinya yang cukup baik, namun mengkonsumsi kopi secara berlebihan juga tak baik, lho. Asupan kafein yang berlebihan dapat membuatmu dehidrasi, meningkatkan asam lambung, bahkan membuat kecanduan.

Sifat adiktif pada kopi seringkali membuat kita mengkonsumsi kopi hingga melebihi batas maksimal yang dianjurkan. Apalagi bila sudah kecanduan, efek samping seperti sakit kepala dan lemas dapat terasa bila tidak menyesap secangkir kopi sehari saja.

Lantas, bagaimana cara untuk mengurangi kecanduan pada kopi? Dilansir lifehacker, berikut rangkumannya:

1. Kurangi jumlah konsumsi kopi secara perlahan

Ilustrasi kopi (Foto: Thinkstock)

Salah satu cara yang paling sering disarankan untuk mengatasi kecanduan pada kopi adalah dengan mengurangi jumlah konsumsinya secara perlahan. Bila kamu adalah peminum berat kopi, cobalah untuk mengurangi konsumsinya sebanyak dua cangkir per minggu.

Misalnya saja, jika kamu terbiasa meminum 10 cangkir kopi per hari pada minggu ini, maka cukup minum 8 cangkir saja di pekan berikutnya. Dengan melakukan cara ini, efek samping seperti sakit kepala, gelisah, dan emosional dapat dihindari, ketimbang berhenti mengkonsumsinya dalam seketika.

2. Beralih ke jenis kopi yang rendah kafein

Ilustrasi kopi (Foto: Thinkstock)

Jika biasanya menu kopi yang kamu pilih diseduh dengan metode drip atau diracik dengan beberapa shot espresso, maka lebih baik kamu mulai beralih ke jenis minuman kopi lain yang mengandung lebih sedikit kafein. Americano menjadi menu yang disarankan karena hanya terdiri dari satu shot espresso dan air panas, sehingga kandungan kafeinnya jauh lebih sedikit.

3. Hindari mengkonsumsi minuman lain yang mengandung kafein

Air soda sebabkan pengeroposan gigi (Foto: Freepik)

Sudah terbiasa dengan rutinitas minum kopi di pagi hari dan tak bisa meninggalkannya? Cara lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan menghindari konsumsi jenis minuman berkafein lainnya seperti teh, soda, dan berbagai camilan dengan kafein tinggi. Dengan begitu, asupan kafein yang dikonsumsi dapat tetap terjaga pada batas maksimal yang disarankan.

4. Racik kopi dengan bahan lain

Ilustrasi kopi (Foto: flickr/ Chris Blakeley)

Trik yang satu ini dapat membantu mengurangi kecanduan dengan cara yang nikmat. Saat ingin mengkonsumsi kopi, cobalah meraciknya dengan campuran cokelat, dengan komposisi 50 banding 50.

Atau, kamu juga bisa menggunakan campuran dengan perbandingan sebanyak 3/4 pada cokelat bubuk dan 1/4 kopi. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan jumlah gula dan susu yang ditambahkan karena bisa membuat kalori pada minuman ini semakin tinggi.

5. Pesan kopi half-caf

Ilustrasi kopi (Foto: Thinkstock)

Dengan memesan menu kopi half-caf atau kandungan kafein yang hanya setengahnya saja, secara tidak langsung kamu telah mengurangi konsumsi kafein meski masih rutin mengkonsumsi kopi. Lakukan cara ini sambil mengurangi jumlah konsumsi kopi untuk mengatasi kecanduan kopi secara efektif.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Kamis,23/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22