kumparan
20 Apr 2019 15:00 WIB

Cara Jaga Makan agar Tak Kalap Saat Paskah

Proses pengecatan telur Paskah di Bad Schussenried, Jerman. Foto: REUTERS/Michael Dalder
Ketika hari-hari besar, kita berhadapan dengan aneka makanan lezat. Bisa bikin kalap, deh.
ADVERTISEMENT
Misalnya saja ketika perayaan paskah. Ada aneka makanan spesial. Seperti steak atau ayam panggang. Tak ketinggalan menu berbahan telur hingga cokelat berbentuk telur.
Tersajinya aneka makanan lezat tersebut --apalagi makanan rumahan— pasti bikin nafsu maka meningkat.
Dilansir berbagai sumber, berikut adalah beberapa tips supaya bobot tubuh tetap terjaga:
1. Periksa label makanan
Biasakan membaca dengan teliti label pada kemasan jus buah yang hendak dibeli Foto: Shutterstock
Tim nutrisi dari Tesco (salah satu ritel terbesar ketiga di dunia) menyarankan untuk periksa label terlebih dahulu sebelum membeli produk khusus Paskah. Dalam hal ini, cek kembali fakta nutrisi yang terkandung dalam produk.
2. Perhatikan pola makan
com-Pola makan sehat. Foto: Shutterstock
Cara selanjutnya adalah mengontrol pola makan. Jika sudah tahu akan makan banyak, sebaiknya makan sehat terlebih dahulu sebelumnya. Misalnya dengan sarapan salad, atau buah-buahan segar saja. Sehingga ketika makan siang atau makan malamnya tidak terlalu ‘berdosa’.
ADVERTISEMENT
3. Ketahui kebutuhan tubuh masing-masing
com-Sedia minuman sehat Foto: Shutterstock
Nutrisionis dr Maria Charlotte BMedSci menyarankan untuk ketahui dahulu kebutuhan tubuh kita. "Setiap orang itu kan memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Jadi kembali lagi ke diri kita butuhnya berapa kalori per hari," jelasnya kepada kumparan.
Dokter yang disapa dr Cherry itu mengingatkan untuk selalu kenali tubuh kita. Ini agar dapat mengetahui tipe diet apa yang cocok. Sehingga kita juga bisa mengontrol makan tanpa takut melahap makanan yang tersaji saat Paskah.
3. Pilih cokelat yang lebih sehat
Dark Chocolate Foto: Dok.pixabay
Nah, bagi penggemar cokelat tentu perayaan Paskah cukup ditunggu, bukan? Cokelat memang cukup melimpah pada hari besar ini. Bentuknya pun membuat tampilan cokelat semakin menggugah.
Supaya berat badan tetap terjaga, pilihlah jenis dark chocolate. Para peneliti di Swedia menemukan dark chocolate mengandung 70 persen cacao yang bisa bikin kenyang. Cokelat gelap ini juga rendah kalori. Jadi tak ada salahnya menyediakan telur cokelat berbahan dark chocolate agar lebih sehat.
ADVERTISEMENT
4. Jangan lupa olahraga
Ilustrasi olahraga bersepeda. Foto: Shutter Stock
Tentunya terakhir jangan lupa olahraga. Setelah makan puasa di Minggu Paskah jangan lupa untuk berolahraga, ya. Selain bikin badan sehat, lemak yang tak dibutuhkan tubuh juga bisa hilang dengan kamu berolahraga. Selamat merayakan Paskah!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan