kumparan
15 Feb 2019 8:10 WIB

Cara Nikmat Mengolah Sereal Lebih Enak

Sereal. Foto: Thinkstock
Praktis dan bisa disajikan dalam waktu cepat. Mungkin inilah yang membuat sereal sering menjadi pilihan favorit untuk menu sarapan.
ADVERTISEMENT
Selain itu sereal yang umumnya terbuat dari gandum juga kaya akan kandungan karbohidrat. Sehingga cocok disantap untuk sebagai makanan penambah energi di pagi hari.
Biasanya sereal hanya disajikan dengan tambahan susu sebagai menu sarapan. Padahal, renyahnya sereal juga bisa diolah menjadi aneka kudapan yang nikmat.
Mulai dari camilan pengganjal perut hingga digunakan sebagai pengganti tepung roti, berikut cara unik dan lezat menikmati sereal.
1. Dikombinasikan dengan yoghurt dan smoothie
Agar menu sarapan lebih bervariasi, tak ada salahnya menyajikan sereal dengan yoghurt dan smoothie. Perpaduan tiga bahan berbeda tekstur ini tentu akan membuat sarapan terasa lebih lezat dan tak membosankan.
Yoghurt dan smoothie yang terbuat dari buah segar juga sangat baik bagi kesehatan pencernaan. Dikombinasikan dengan karbohidrat yang ada di dalam sereal, menu sarapan segar ini dijamin akan membuat badan lebih segar dan berenergi.
ADVERTISEMENT
2. Pengganti tepung panir
Tepung panir sering digunakan sebagai pelapis pada beberapa jenis makanan agar teksturnya lebih renyah. Bila persediaan tepung panir di rumah mulai habis, sereal ternyata juga bisa digunakan sebagai penggantinya, lho.
Sereal yang memiliki butiran kecil dari jagung atau gandum akan menghasilkan tekstur tak kalah garing dari tepung panir. Sedangkan untuk kudapan manis, kamu juga bisa menggunakan sereal rasa cokelat atau buah-buahan untuk menambah tekstur sekaligus rasanya.
3. Topping donat
Agar cita rasanya lebih lezat, biasanya donat dikombinasikan dengan berbagai topping seperti lelehan cokelat, meises, hingga sereal. Ya, sereal tak hanya membuat tekstur donat lebih kaya, tapi juga meningkatkan tampilannya agar terlihat lebih menggugah.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa menghancurkan sereal agar teksturnya lebih halus, lalu gulingkan donat yang telah dioles whipped cream di atasnya. Gunakan sereal yang berwarna-warni agar sajian donat terlihat lebih cantik.
4. Kombinasikan dengan karamel dan marshmallow
Tak hanya disajikan sebagai menu sarapan, sereal juga bisa diolah menjadi camilan lezat teman bersantai. Salah satunya dikombinasikan dengan karamel dan marshmallow.
Campur sereal favoritmu dengan lelehan karamel dan marshmallow ukuran kecil lalu padatkan. Perpaduan tekstur sereal yang renyah, legitnya karamel, dan lembutnya marshmallow sangat cocok disajikan bersama teh atau kopi.
5. Olah menjadi cereal bar
Tips selanjutnya, sereal bar bisa menjadi pilihan untuk camilan keluarga yang nikmat dan pastinya lebih sehat. Terbuat dari campuran sereal, kacang-kacangan, dan kismis, dan madu, kudapan ini juga cocok disantap sebagai penambah energi di sela-sela padatnya aktivitas.
ADVERTISEMENT
Cara membuatnya, cukup campur sereal, cacahan kacang almond atau pistachio, kismis, dan madu lalu padatkan dan potong sesuai selera. Masukkan ke dalam toples kedap udara agar sereal bar tetap awet dalam waktu lama.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan