Pencarian populer

Cari Tahu Yuk, Tips Menyantap Barbeque ala Korea yang Benar

Barbeque ala Korea Foto: dok.shutterstock

Barbeque atau yang disingkat dengan bbq, adalah teknik memasak dengan cara memanggang bahan masakan yang akan dimakan. Barbeque biasanya tidak membutuhkan waktu memanggang yang lama layaknya memanggang kue.

Teknik memasak seperti ini juga biasa dilakukan ketika ada acara spesial bersama keluarga atau teman. Untuk memeriahkan suasana, barbeque-an bersama keluarga biasanya membuat acara semakin terasa menyenangkan. Apalagi perut juga dikenyangkan dengan makanan barbeque yang lezat.

Ilustrasi sate saus barbeque Foto: Dok. Thinkstock

Nah, cara memanggang ini tidak semuanya sama, misalnya seperti masyarakat di Korea yang memiliki kebiasaan tersendiri ketika bersantap barbeque. Ini juga yang coba kumparan tanyakan kepada Michael Bunyamin, partner KULO Group yang baru saja me-launching kedai barbeque ala Korea bernama Pochajjang di Gandaria, Jakarta Selatan (21/3).

Menurut pria yang akrab disapa Michael, masyarakat Korea memiliki kebiasaan menikmati barbeque dengan cara wrapping.

"Cara makannya cuma satu namanya ssam atau ssambap. Jadi daging diambil, dimasak sesuai selera, ambil selada, masukin nasi, masukin bawang putih, dan baru dikasih saus ssamjang," jelasnya.

Barbeque ala Korea Foto: Azalia Amadea/Kumparan

Dilanjut Michael, untuk bawang putih mentah sendiri merupakan pilihan yang tidak semua orang menyukainya. Jangan khawatir, bagi kamu yang tidak suka memakan bawang putih mentah, tipsnya adalah dengan memanggangnya terlebih dahulu. Dengan begitu biasanya rasa pedas atau 'langu' khas bawang putih yang kuat bisa hilang, dan teksturnya akan lebih empuk.

Sedangkan untuk sausnya, masyarakat di Korea suka dengan ssamjang. Saus ini merupakan perpaduan antara saus gochujang --pasta cabai yang biasa dibuat untuk kimchi-- dan daesang atau tauco khas Korea.

Nah, beda halnya ketika menikmati daging yang tidak dibumbui terlebih dahulu alias masih original. Michael mengatakan, "Nah, ada juga minyak wijen yang sudah dikasih garam dan lada yang biasanya dimakan sama daging yang plain (original). Kalau di Korea daging yang plain ini di-wrap sama daun selada, jadi kasih nasi, daging, dan minyak wijen baru dimakan," pungkasnya.

Jadi, bagaimana kamu suka dengan cara bersantap barbeque ala masyarakat di Korea seperti ini atau kamu punya cara tersendiri? Coba ceritakan ya, di kolom komen di bawah ini.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: