Pencarian populer

Daegu Jorim, Ikan Berbumbu Khas Korea dalam Pertemuan Trump-Kim

Daegu Jorim. (Foto: Instagram/@raymeinai \)

Tepat hari ini, Selasa (12/6), Presiden Korea Utara, Kim Jong Un dan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump bertemu untuk bernegosiasi perihal denuklirisasi dan mempererat hubungan antara kedua negara di Capella Hotel, Sentosa, Singapura. Di samping keperluan diplomasi, pada kesempatan yang sama, para petinggi negara ini juga menyempatkan diri untuk menghadiri jamuan makan siang bersama di Istana Negara.

Dalam gelaran makan siang tersebut, baik Trump dan Kim didampingi oleh perwakilan dari masing-masing negara. Trump ditemani oleh Menlu Mike Pompeo, Penasihat Keamanan John Bolton, Kepala Staf Gedung Putih John Kelly, Jubir Gedung Putih Sarah Sanders, Dubes AS untuk Filipina Sung Kim, dan Wakil Presiden Hubungan Asia Matthew Pottinger.

Kim dan Trump saling berjabat tangan (Foto: Anthony Wallace/Pool via Reuters)

Sementara itu, Kim didampingi oleh Wakil Komite Pusat Partai Pekerja Korea Kim Yong Chol dan Ri Su Yong, Menlu Ri Yong Ho, Wakil Menlu Choe Son Hui, Menhan No Kwang Chol, Kim Yo Jong selaku adik Kim Jong-un, dan Kepala Komite Pusat Partai Pekerja Korea Han Kwang Sang.

Terdapat beberapa jenis makanan yang dihidangkan untuk para petinggi negara yang terdiri dari dua jenis hidangan, yakni sajian Western dan Asia. Ya, memadukan dua unsur kuliner dari dua negara yang berbeda, jamuan makan siang tersebut diharapkan dapat memuaskan selera Trump dan Kim.

Mengusung konsep full course, berbagai hidangan tersebut terdiri dari makanan pembuka, main course, hingga makanan penutup. Sebagai pelengkap menu makanan utama, disajikan kuliner tradisional khas Korea untuk memberikan sentuhan Asia dalam jamuan makan tersebut. Salah satunya adalah Daegu Jorim.

Loading Instagram...

Berupa sajian sup ikan tradisional khas Korea, Daegu Jorim biasanya disajikan saat makan siang atau makan malam. Jorim sendiri memiliki artian rebusan dan mengacu pada sebuah hidangan yang direbus atau dimasak di dalam saus.

Dilansir Korea Herald, hidangan gurih khas Korea tersebut terbuat dari potongan daging ikan cod yang dibumbui dengan kecap, bubuk cabai khas Korea (gochugaru), dan kaldu ikan teri, lengkap dengan irisan lobak segar, cabai, jahe, dan bawang. Tak hanya ikan cod, aneka jenis ikan berdaging lembut dapat diolah menjadi sajian Daegu Jorim.

Loading Instagram...

Di negara asalnya sendiri, Daegu Jorim kerap disajikan sebagai menu utama, dengan kimchi dan sup kaldu sebagai pendampingnya.

Perpaduan seluruh bahan yang digunakan menghasilkan cita rasa manis gurih yang menggugah selera. Dikombinasikan dengan pasta cabai khas Korea (gochujang) yang bercita rasa khas, menambah kenikmatan sajian satu ini. Ya, dengan cita rasa rempah Korea yang begitu khas, tak ayal Daegu Jorim dipilih sebagai menu makan siang penguasa Korea Utara tersebut.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Kamis,23/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22