Pencarian populer
Food & Travel

Edamame: Si Hijau Kecil dengan Segudang Khasiat

Edamame (Foto: thinkstock)

Apakah kamu pecinta makanan sehat?

Berbicara tentang makanan sehat, tak lengkap rasanya bila tak membahas edamame. Ya, telah menjadi makanan utama bagi masyarakat Jepang, manfaat kesehatan edamame tentunya sudah tak terpungkiri lagi. Dikemas dengan sederet nutrisi seperti antioksidan, serat, dan vitamin yang melimpah, bahan makanan berwarna hijau cerah ini diklaim ampuh untuk mengobati beberapa penyakit, salah satunya adalah kanker.

Selain kaya manfaat, edamame juga memiliki tekstur dan rasa yang khas, sehingga cocok dipadukan dengan aneka jenis olahan yang nikmat nan menyehatkan. Namun, kira-kira apa saja ya manfaat si hijau kecil ini? Dilansir Organic Facts, yuk intip khasiat edamame di bawah ini:

1. Merawat kesehatan kulit

Kulit sehat (Foto: Thinkstock)

Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang rentan terhadap kerusakan karena kondisi eksternal seperti cuaca dan obat-obatan, sehingga memerlukan perawatan yang tepat. Dan, edamame dikemas dengan kandungan antioksidan dan isoflavon yang bila dikonsumsi secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan kulit yang rusak, serta menjaga keelastisannya.

2. Mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh

Meningkatkan metabolisme (Foto: Thinkstock)

Edamame diperkaya dengan sejumlah nutrisi seperti vitamin dan antioksidan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan sendiri sangat diperlukan untuk melindungi tubuh dari mikroorganisme dan efek radikal bebas pemicu penyakit. Karenanya, jangan lupa sisipkan semangkuk kecil edamame rebus ke dalam menu camilanmu.

3. Memelihara kesehatan tulang

Menjaga kesehatan tulang dan gigi (Foto: Thinkstock)

Selain tinggi antioksidan, edamame juga dikemas dengan sejumlah kalsium, fosfor, zat besi, vitamin E, dan nutrisi lainnya yang berperan penting untuk memelihara kesehatan tulang. Bahkan, menurut beberapa penelitian, edamame juga ampuh untuk memperkuat dan mempertahankan kepadatan tulang, serta mencegah risiko penyakit seperti osteoporosis dan radang sendi.

4. Baik untuk paru-paru

Ilustrasi paru-paru (Foto: bykst)

Sebuah studi menunjukkan bahwa senyawa genistein (polifenol yang ditemukan dalam edamame) dapat meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita asma. Yang tentunya akan meminimalisir gejala asma dan menyembuhkannya secara perlahan.

5. Mengikis berat badan

Ilustrasi Timbangan (Foto: Pixabay)

Menjadikan edamame sebagai camilan juga dinilai efektif untuk mengikis berat badan. Ya, memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan minim kalori, edamame tentunya akan menjadi camilan ideal bagi kamu yang sedang berusaha mengontrol berat badan.

6. Melancarkan pencernaan

Usus besar dan saluran pencernaan manusia. (Foto: Elionas2 via pixabay)

Manfaat edamame yang selanjutnya adalah melancarkan pencernaan. Merupakan salah satu bahan pangan dengan kandungan serat yang melimpah, edamame berkhasiat untuk mengontrol kolesterol, mengobati sembelit, mencegah perut kembung, sekaligus mengoptimalkan proses percernaan.

7. Mencegah kanker

Hari kanker sedunia (Foto: Thinstock)

Aneka jenis kacang-kacangan, seperti edamame, rupanya dapat dimanfaatkan sebagai obat anti kanker yang ampuh. Berdasarkan sebuah penelitian, bahan makanan bertekstur lembut ini memiliki sifat anti kanker yang kuat. Penelitian lainnya mengungkapkan, edamame secara signifikan dapat mengurangi pertumbuhan tumor dan menghambat pertumbuhannya.

Tunggu apalagi? Yuk makan edamame agar tubuh senantiasa sehat dan kuat!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: