Pencarian populer

Fish and Chips hingga Haggis, 7 Makanan Khas Inggris Paling Populer

Hidangan khas Inggris. (Foto: Instagram @bbcgoodfood & @greatbritishfood)
Menjadi salah satu negara yang paling berpengaruh di dunia, Inggris selalu menyimpan daya tarik yang menarik untuk ditelusuri, tak terkecuali kulinernya. Ya, dikenal sebagai negara dengan beragam olahan daging yang nikmat disantap, kamu akan menemukan beberapa hidangan lezat yang sayang untuk dilewatkan.
ADVERTISEMENT
Salah satunya lancashire hotpot, sajian yang terbuat dari campuran daging sapi, bawang merah dan kentang yang dipanggang di dalam panci besar. Selain itu, terdapat beberapa makanan lain yang tak kalah lezatnya. Penasaran? Ini dia tujuh hidangan khas Inggris seperti dilansir Telegraph:
1. Fish and chips
Loading Instagram...
Kuliner khas Inggris yang pertama adalah fish and chips. Tak hanya di Inggris, fish and chips juga telah populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Sesuai namanya, hidangan ini terbuat dari fillet ikan yang dibalur tepung lalu digoreng kemudian disajikan dengan kentang goreng. Untuk menambah cita rasa, saus tar tar dan saus sambal akan ditambahkan ke dalam hidangan ini.
ADVERTISEMENT
2. Black pudding
Loading Instagram...
Meski bernama black pudding, hidangan ini tidak dibuat dari campuran agar-agar atau gelatin, lho. Black pudding merupakan sejenis sosis tradisional khas Inggris yang terbuat dari campuran darah babi kering dan lemak. Untuk menyantapnya, black pudding akan dipanggang hingga matang, lalu dihidangkan bersama telur, kentang goreng dan saus pedas.
3. Yorkshire Pudding
Loading Instagram...
Serupa dengan black pudding, yorkshire pudding tidak menggunakan agar-agar atau gelatin sebagai bahan utamanya, melainkan memakai adonan pastry yang diisi dengan campuran daging cincang dan sayuran lalu dipanggang hingga matang. Di negara asalnya, hidangan ini akan disantap bersama saus mayonnaise dan disajikan sebagai menu makan siang yang mengenyangkan.
ADVERTISEMENT
4. Lancashire Hotpot
Loading Instagram...
Lancashire hotpot merupakan hidangan khas dari kota industri Lancashire di barat laut Inggris yang dibuat dari campuran daging sapi, bawang merah dan kentang yang dipanggang di dalam panci besar yang dimasak seharian dengan api kecil. Hidangan satu ini umumnya akan disajikan sebagai menu utama di sebuah pesta di Inggris. Rasanya yang gurih nan lezat sangat cocok dijadikan sebagai teman bersantap di kala cuaca dingin.
5. Bubble & Squeak
Loading Instagram...
Bubble & squeak merupakan hidangan yang berbahan dasar daging beku, kubis, kentang, kacang polong, wortel, dan brussel yang dicincang kemudian digoreng hingga matang. Setelah matang, bubble & squeak akan dipotong menjadi beberapa bagian, lalu disajikan bersama dengan kentang tumbuk dan daging panggang. Untuk menambah cita rasa, saus tar tar dan saus cabai akan ditambahkan ke dalam sajian ini.
ADVERTISEMENT
6. Haggis
Loading Instagram...
Makanan khas Negara The Three Lion ini terbilang cukup ekstrem. Hidangan bernama haggis tersebut terbuat dari jeroan domba, seperti hati, jantung, dan paru-paru yang dicincang halus lalu ditambahkan dengan rajangan bawang bombai, oatmeal, lada dan garam. Setelah adonan haggis tercampur rata, adonan akan dimasukan ke dalam usus domba, kemudian direbus selama 3 jam hingga matang. Dalam penyajiannya, haggis akan diiris-iris lalu dihidangkan dengan kentang tumbuk dan saus.
7. Full English Breakfast
Loading Instagram...
Sesuai dengan namanya, makanan ini merupakan hidangan ala Inggris yang kerap disantap sebagai sarapan. Umumnya, Full English Breakfast mengkombinasikan beberapa jenis makanan, seperti bacon, sosis, telur, jamur, kacang , sayuran, dan black pudding yang dimasak dengan cara digoreng. Sebagai pelengkap, segelas susu, saus tar tar dan saus cabai akan disajikan bersama Full English Breakfast.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81