kumparan
10 Des 2018 12:04 WIB

Gurih Segarnya Selat Solo Khas Dapur Solo Ny Swan

Selat Solo khas Dapur Solo Ny Swan (Foto: dok Nurvita Indarini/ Kumparan)
Makanan berkuah asam, manis dan gurih bisa jadi pilihan istimewa untuk makan siang kamu. Perpaduan rasa itu dihadirkan sempurna melalui makanan selat solo atau selad solo.
ADVERTISEMENT
Selat solo merupakan bistik khas Jawa. Dalam sepiring selat solo, lengkap sayur, lauk, dan karbohidrat. kumparanFOOD mencicipi makanan ini sebagai menu makan siang saat menyambangi Dapur Solo Ny Swan di Sunter, Jakarta Utara.
Sayuran yang disajikan dalam sepiring selat solo yakni buncis dan wortel rebus. Ada pula selada, irisan tomat segar, dan acar ketimun bawang merah yang turut memperkaya serat. Sementara itu, di sisi lain sepotong telur dan daging sapi tersaji dengan manis. Ada pula kentang goreng yang diiris tipis dan yang dipotong dadu.
Aroma selat solo yang tersaji benar-benar bikin perut makin lapar. Mula-mula kami menyendok kuahnya. Hmm, segar... Perpaduan manis, gurih, dan asam berpadu dengan sempurna.
Selat solo khas Dapur Solo Ny Swan (Foto: @songofmarch via Instagram @dapursolo1988)
Semur daging sapinya manis dan bumbunya meresap banget, pas dengan lidah saya. Meskipun ada bagian daging yang agak keras, tapi tidak mengganggu. Acar ketimun dan bawang merah memberikan kontribusi rasa asam, tapi rasanya unik dan entah bagaimana mengingatkan saya pada Yogyakarta dan Solo. Mustard yang turut disajikan juga memberikan rasa asam segar pada kuah selat solonya.
ADVERTISEMENT
Selat solo merupakan hidangan khas Solo yang mendapat pengaruh dari Eropa, khususnya Belanda. Ya, makanan ini diyakini merupakan masakan percampuran dua budaya yakni bistik khas Eropa dengan selera Jawa. Penggunaan mustard atau mayones dan kecap Inggris mewakili kekhasan Eropa, sedangkan selera Jawa diwakili penggunaan kecap manisnya.
Seporsi selat solo ala Dapur Solo Ny Swan dihargai Rp 38 ribu. Cukup banyak porsinya, sehingga kamu bisa berbagi dengan teman saat menyantap makanan ini.
Makanan otentik Solo lainnya yang bisa kamu pesan di Dapur Solo Ny Swan antara lain lontong solo dan timlo solo. Ada pula nasi urap solo, nasi liwet solo, nasi gudeg jogja, nasi timbel sunda, nasi pecel madiun, dan nasi langgi.
Nasi langgi khas Dapur Solo Ny Swan (Foto: @songofmarch via Instagram @dapursolo1988)
Bagi kamu yang ingin makan nasi langgi hanya dengan Rp 3.000 simak baik-baik informasi ini ya. Bertepatan dengan ulang tahun ke-30 Dapur Solo Ny Swan, ada promo makan nasi langgi Rp 3.000 jika kamu membayar dengan GO-PAY. Promo ini hanya berlaku hari ini, 10 Desember 2018 ya, tapi syarat lain yang harus kamu penuhi adalah melakukan minimum transaksi Rp 50 ribu.
ADVERTISEMENT
Nasi langgi adalah nasi kuning khas Solo yang disajikan dengan ayam atau empal goreng, terik daging, sambal goreng kentang, abon sapi, telur dadar, serundeng kelapa, kering kentang, lalap, kerupuk dan sambal.
Serabi solo khas Dapur Solo Ny Swan (Foto: dok Nurvita Indarini/ Kumparan)
Saat makan siang di Dapur Solo Ny Swan, kami juga mencicipi makanan kecilnya yakni comro dan serabi solo dengan varian cokelat. Serabi solonya mantul alias mantap betul, karena manis pas dan tidak terlalu tebal. Comronya juga cukup enak, kulitnya tebal meskipun di lidah saya kurang gurih. Tapi overall cocok banget kok untuk menemani makan siang.
Comro khas Dapur Solo Ny Swan (Foto: dok Nurvita Indarini/ Kumparan)
Dapur Solo Sunter Cabang 1
Jl Danau Sunter Utara Blok R No 35-37, Jakarta Utara.
Jam buka: 10.00 - 22.00 WIB.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·