kumparan
19 Feb 2019 19:02 WIB

Hilangkan Aneka Bau Setelah Memasak dengan Cara Berikut Ini

Ilustrasi memasak Foto: Pexels
Kegiatan memasak di rumah tentu sangat menyenangkan. Perasaan menghasilkan makanan yang baru saja kita pelajari sambil mencicipinya tentu punya kebahagiaan tersendiri. Sayangnya, bau makanan selesai memasak adalah musuh utama yang selalu bikin kita kesal. Setuju?
ADVERTISEMENT
Parahnya lagi bila bau makanan tersebut tidak hilang walaupun kita sudah membuka lebar-lebar jendela rumah. Daripada kamu jadi malas masak di rumah, kumparanFOOD punya beberapa cara untuk menghilangkan bau membandel setelah memasak. Tentu saja beda baunya beda juga cara penanganannya. Yuk, disimak!
1. Bau amis
Ikan Foto: Thinkstock
Salah satu bau yang paling mengganggu adalah bau amis hidangan laut. Cara paling mudah untuk menghilangkannya adalah dengan semangkuk cuka putih di meja ruangan kita.
Bila kamu tidak suka bau cuka, kamu bisa mendidihkan sepotong kayu manis, kulit lemon, serta bubuk jahe. Biarkan rebusan tersebut selama 15 menit tanpa ditutup agar bisa melawan bau amis yang mengganggu.
2. Bau kari
Kari India Foto: Pexels
Bau kari bukan hanya jadi masalah di ruangan, melainkan juga berpotensi menempel di berbagai perabotan dapur. Gunakan kentang dan garam meja untuk membilas perabotan yang kita gunakan lalu biarkan selama kurang lebih satu jam sebelum dibilas.
ADVERTISEMENT
3. Bau bawang putih, bawang merah, dan cabai
Ilustrasi bawang putih Foto: Shutter Stock
Wangi tumisan aneka bawang sering kali membuat kita terganggu. Namun, kita bisa menggunakan lemon untuk menghilangkan wangi bawang putih, bawang merah, dan cabai.
Potong lemon menjadi dua bagian kan masukkan ke air mendidih selama sepuluh menit. Uap lemon akan menyegarkan suasana dapur selepas menumis.
4. Bau bakaran daging
Ayam Bakar Foto: Thinkstock
Hilangkan bau bakaran daging dengan meletakkan semangkuk kecil bubuk kopi. Biarkan sampai bau gosong benar-benar hilang.
5. Bau saus tomat
Saus Tomat Foto: Dok. Thinkstock
Memasak sajian Italia dengan tomat atau saus marinara kadang meninggalkan bau yang sulit dihilangkan. Cara paling mudah untuk menghilangkan bau khas tomat adalah dengan membuat teh hijau, tanpa ditutup, dan membiarkannya di ruangan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan