Pencarian populer
16 Februari 2019 21:11 WIB
..
..

Hindari Kantuk dengan 7 Makanan yang Bisa Bikin Mata Melek

Sebab Merasa Ngantuk di Sore Hari Foto: Thinkstock

Mata mulai sayu, dan panas, mulut terus menguap? Ini tandanya kamu sudah ngantuk berat, nih. Jika sudah begini memang butuh kekuatan ekstra untuk tetap melek serta konsentrasi penuh, apalagi jika kamu sedang di kantor dengan kerjaan menumpuk. Bisa-bisa hanya karena mengantuk kerjaan kamu jadi tidak selesai.

Biasanya jika kantuk menyerang kita akan segera menyeduh sesendok kopi hitam agar mata bisa tetap melek. Tapi terlalu banyak minum kopi juga enggak baik untuk kesehatanmu, lho. Minum kopi juga ada batasannya yakni maksimal tiga gelas sehari.

Nah, agar kamu bisa tetap melek dan kosentrasi saat bekerja tanpa harus minum kopi, berikut beberapa rekomendasi makanan sehat yang bisa kamu nikmati untuk menghilangkan kantuk. Apa saja? Yuk, cari tahu di bawah ini.

1. Teh

Kreasi teh hitam. Foto: Instagram/@ratnasomantri

Alih-alih menyeduh kopi hitam, kamu juga bisa membuat teh hangat atau es teh tanpa gula yang mampu memberi efek segar. Kafein dalam teh juga dapat membantu agar mata tetap melek. Agar lebih sehat kamu bisa memilih jenis teh herbal atau teh hijau yang hitung-hitung bisa membantu mengurangi lemak di dalam tubuh juga, lho.

2. Pisang

Ilustrasi pisang Foto: Thinkstock

Melansir Bustle, pisang mengandung karbohidrat kompleks, gula alami, dan asam amino yang dapat menjadikannya sebagai makanan alami penambah energi. Menurut hasil penelitian dari Rice University di Texas, buah kuning ini juga mengandung tyrosine yang memproduksi norepinefrin untuk meningkatkan kewaspadaan.

3. Kacang

Bila ingin ASI perah Anda melimpah, coba konsumsi kacang almond Foto: Shutterstock

Segenggam kacang almond yang gurih memang bisa menjadi makanan penambah energi di kala kantuk. Sebuah studi yang diterbitkan European Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa kacang dapat membuat kenyang sekaligus meningkatkan energi karena keseimbangan lemak dan protein yang sehatnya mampu menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil.

4. Telur

Telur rebus Foto: flickr/ vanessa lollipop

Dalam studi yang dikeluarkan oleh International Journal of Obesity menyatakan bahwa seseorang yang sarapan dengan sebutir telur memiliki energi yang stabil sepanjang hari. Selain itu, telur mengandung vitamin B kolin yang mampu meningkatkan memori verbal maupun visual, mengutip Medical Daily.

5. Dark chocolate

Cokelat hitam baik bagi kesehatan Foto: Thinkstock

Cokelat hitam atau yang dikenal juga dengan dark chocolate ini layaknya kopi, mengandung kafein yang dapat membuat mata tetap melek. Mengkonsumsi cokelat hitam selain dapat terhindar dari kantuk juga bisa memperbaiki mood sehingga kerjaan terasa lebih ringan.

6. Beri-beri

Blueberry sebagai sumber vitamin C. Foto: Thinkstock

Buah dengan cita rasa asam ini selain dapat menyegarkan tubuh juga mengandung karbohidrat sehat yang bisa memulihkan energi. Selain itu, buah beri seperti blueberry bisa membantu meningkatkan kinerja motor serta memori kerja.

7. Air mineral

Minum Air Mineral Foto: Thinkstock

Pilihan minuman yang satu ini memang yang paling mudah didapatkan. Bisa dikatakan air mineral adalah obat pertama untuk menghilangkan kantuk. Sayangnya, sifat sebagai minuman pencegah kantuk ini hanya bersifat sementara.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet
Lorem ipsum dolor sit amet
11 Desember 2017
Lorem ipsum dolor sit amet
Lorem ipsum dolor sit amet
11 Desember 2017
Lorem ipsum dolor sit amet
Lorem ipsum dolor sit amet
11 Desember 2017
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: