Pencarian populer

Jaga Kesehatan Vagina dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Menjaga kesehatan organ intim dengan makanan (Foto: Thinkstock)
Dibandingkan dengan kesehatan kulit dan tubuh, wanita cenderung melupakan kesehatan organ intimnya. Padahal, tak jauh berbeda dengan kesehatan organ tubuh lainnya, kesehatan miss V juga perlu dijaga untuk menghindari gangguan kesehatan yang bisa terjadi.
ADVERTISEMENT
Jika selama ini telah banyak produk perawatan miss V yang beredar di pasaran, namun nyatanya area organ intim tak melulu harus dijaga dengan perlakuan dari luar. Karena kesehatan vagina sejatinya juga bisa dijaga dengan cara mengkonsumsi makanan sehat.
Dilansir New York Post, ternyata makanan yang mengandung lactobacilli, sejenis bakteri baik mampu mendukung kesehatan vagina seorang wanita. Baru-baru ini sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature mendapatkan hasil temuan yang menunjukkan jika bakteri baik tak hanya ditemukan di usus saja saja tapi juga di kulit, mulut dan vagina.
Oleh karenanya, untuk menjaga flora vagina tetap seimbang, ada beberapa makanan sehat bisa dikonsumsi secara rutin untuk memberikan bakteri baik pada miss V. Apa saja?
ADVERTISEMENT
1. Yogurt
Yogurt mengandung probiotik (Foto: Thinkstock)
Makanan olahan susu ini memang dikenal sebagai salah satu makanan yang mengandung beragam bakteri baik yang bagus untuk kesehatan metabolisme tubuh. Rupanya, yogurt juga memiliki bakteri asam laktat yang masih termasuk ke dalam keluarga lactobacilli. Untuk bisa mendapatkan khasiatnya, kamu bisa menambahkan yogurt pada hidangan acai atau semangkuk smoothie buah.
2. Sayuran Fermentasi
Kimchi (Foto: Thinkstock)
Sayuran yang difermentasi seperti kimchi dan tempe ternyata juga mengandung bakteri baik, lactobacilli. Namun, ada hal-hal yang perlu kamu ketahui sebelum membeli sayuran fermentasi. Pilihlah produk makanan yang tidak mengalami proses pasteurisasi karena dapat membunuh bakteri penting yang dibutuhkan oleh vagina.
3. Keju
Keju Brie (Foto: Thinkstock)
Olahan susu berikutnya yang juga kaya akan bakteri baik adalah keju. Makanan berwarna kuning pucat ini dikemas dengan bakteri baik seperti lactobacillus dan streptococcus yang bagus untuk kesehatan miss V seorang wanita.
ADVERTISEMENT
4. Jus Cranberry
Jus cranberry (Foto: Thinkstock)
Minuman sehat ini sudah dikenal lama sebagai minuman yang baik untuk membantu mencegah dan mengobati infeksi saluran kemih sehingga jus buah ini juga baik untuk menjaga kesehatan miss V. Meski baik untuk tubuh, namun jus cranberry cukup tinggi gula. Dan untuk mendapatkan khasiat cranberry seutuhnya, kamu bisa mencari jus cranberry yang terkonsentrasi.
5. Teh Hijau
Teh Hijau (Foto: pixabay)
Predikat minuman ajaib memang sudah disandangkan kepada teh hijau. Minuman yang tinggi antioksidan ini ternyata juga mengandung senyawa katekin yang bisa membantu melawan infeksi saluran kemih. Kamu bisa mengkonsumsi teh hijau secara rutin setiap harinya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.85