Pencarian populer

Jangan Lewatkan 7 Makanan Ini saat Berada di Lombok

Kuliner khas Lombok. (Foto: Instagram @sujanto_man & @indonesiafoodjourney)

Menyusuri keindahan Pulau Lombok tak akan terasa lengkap jika tak dibarengi dengan menikmati beragam sajian kuliner khasnya. Dikenal dengan kulinernya yang pedas menggoda, Lombok memiliki sederet sajian nikmat yang patut kamu coba.

Ayam taliwang dan plecing kangkung mungkin adalah dua makanan ikonik dari Pulau Seribu Masjid ini. Namun, selain keduanya, masih banyak deretan kuliner lezat lainnya yang tak boleh kamu lewatkan. Apa saja?

Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum tujuh hidangan khas Lombok yang wajib kamu coba:

1. Plecing Kangkung

Loading Instagram...

Sesuai dengan namanya, sajian satu ini terbuat dari kangkung segar yang ditumis bersama dengan bumbu sederhana yang dibuat dari cabai rawit, garam, tomat dan terasi. Dalam penyajiannya, plecing kangkung biasa disajikan bersama dengan taburan taoge rebus, kacang goreng, dan nasi hangat. Menariknya, kangkung khas Lombok memiliki tekstur yang lebih renyah serta ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kangkung biasa.

2. Ayam Taliwang

Loading Instagram...

Saat melipir ke Lombok, jangan lupa mencicipi ayam taliwang. Hidangan satu ini terbuat dari ayam kampung muda yang dimasak bersama bumbu pedas gurih yang memanjakan lidah. Rasanya akan semakin nikmat bila dihidangkan bersama dengan lalapan dan sambal. Lezat!

3. Nasi Balap Puyung

Loading Instagram...

Nasi balap puyung merupakan sajian sederhana khas Lombok yang terdiri dari setangkup nasi putih, ayam suwir, irisan cabai, kacang kedelai goreng, dan taburan rebon kering. Meski lauknya melimpah, namun nasi balap puyung umumnya dibanderol dengan harga yang ramah di kantong, sehingga sangat cocok disantap para pelancong.

4. Ares

Loading Instagram...

Hidangan khas Lombok selanjutnya adalah ares. Terbuat dari batang pisang muda sebagai bahan utamanya, ares merupakan olahan sup kuning yang menjadi favorit warga Lombok.

Cara membuatnya pun mudah, batang pisang muda yang sudah dibersihkan dan diiris tipis akan dimasak bersama dengan kuah santan dan bumbu pedas hingga matang. Masyarakat Lombok biasa menyantap ares bersama nasi putih dan sate rembiga.

5. Sate rembiga

Loading Instagram...

Saat pergi ke Lombok, tak lengkap rasanya bila tidak menyantap sate rembiga. Ya, dikenal sebagai pulau yang kaya akan kuliner berbahan dasar daging sapi, membuat sate rembiga dikenal memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan nikmat. Perpaduan bumbu bercita rasa manis, gurih, pedas pun menambah kenikmatan sajian satu ini.

6. Babalung

Loading Instagram...

Babalung merupakan hidangan berkuah khas Lombok yang dibuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dibumbui dengan cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, kunyit dan jahe. Untuk memperkaya rasa, babalung akan disajikan bersama dengan taburan bawang goreng renyah dan nasi putih hangat. Babalung sendiri memiliki arti tenaga dan menjadi sajian yang dipercaya bisa menambah tenaga dan vitalitas pria.

7. Beberuk Terong

Loading Instagram...

Kuliner khas Lombok terakhir yang patut kamu coba adalah beberuk terong, sejenis sambal lalapan yang kerap disajikan bersama dengan ayam taliwang dan nasi hangat. Sesuai namanya, beberuk terong terbuat dari irisan terong hijau, tomat, mangga muda, sayuran muda lainnya yang disiram dengan sambal pedas dan air jeruk limau.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Rabu,22/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22