kumparan
23 Mar 2019 13:10 WIB

Kata Ilmuwan Nutrisi Soal Efek Campuran Air Kelapa dan Susu yang Viral

Campuran Hydro Coco dan Bear Brand Foto: Toshiko Potobobda/kumparan
Belakangan ini timeline jejaring media sosial; seperti Twitter dan Instagram sedang dipenuhi dengan unggahan kreasi minuman terbaru yang kabarnya bisa membuat badan segar dan bugar.
ADVERTISEMENT
Kreasi minuman yang pertama kali dipopulerkan oleh pemilik akun Twitter @nitasellya itu sejatinya merupakan campuran susu sapi steril merek Bear Brand dengan produk minuman air kelapa murni Hydro Coco.
Kepada kumparan, Nita Sellya --atau yang akrab dipanggil Teh Nita-- menceritakan bagaimana awalnya ia mendapat inspirasi untuk mencampurkan kedua minuman tersebut.
“Jadi gini, dulu tuh kalau enggak salah 2012 apa 2011 gitu badan aku enggak enak gitu, terus ada temen ngasih tahu untuk mencampurkan Hydro Coco sama Bear Brand, dan diminum sebelum tidur. Awalnya aku sempat skeptis, tapi ternyata pas aku coba bangun-bangun badan jadi segar,” katanya sambil mengingat-ngingat cerita beberapa tahun yang lalu tersebut.
Nita Sellya Foto: Instagram @nitasellya
Melihat efek campuran minuman tersebut bekerja baik bagi tubuhnya, ia pun sering mengandalkan campuran itu saat badannya mulai letih dan capek. Ia bahkan giat membagikan soal khasiat minuman tersebut kepada teman-teman terdekatnya dan para pengikutnya di media sosial.
ADVERTISEMENT
“Sebenarnya aku pernah membagikan cerita soal campuran minuman ini di media sosial, mungkin 2014 atau 2015. Nah, mulai rame itu saat temen aku namanya @djaycoholyc membagikan di Twitter terus aku retweet dan tambahin infonya,” tambah perempuan yang hobi traveling itu.
Menurutnya, berawal dari sanalah ramuan minumannya itu langsung ramai dan banyak yang mencoba. Kepada kami, Nita juga bercerita bahwa ia meminum ramuan tersebut ketika sudah mulai enggak enak badan atau capek-capek.
“Kaya misalnya mau gejala flu atau meriang gitu. Kalau malemnya aku minum, terus besoknya badan langsung segar lagi. Tapi emang efeknya bikin ngantuk dan tidur pulas,” ungkap Nita.
Tak hanya Nita, beberapa warganet yang telah mencoba juga mengatakan bahwa efek dari meminum campuran Hydro Coco dan Bear Brand tersebut bisa membuat badan bugar dan kabarnya bisa menyembuhkan insomnia.
ADVERTISEMENT
Kata ilmuwan nutrisi soal efek dari campuran air kelapa dan susu beruang
Di kesempatan terpisah, kami pun menghubungi seorang ilmuwan nutrisi asal Amerika Serikat, Dr. Matthew Lantz Blaylock PhD untuk menanyakan perihal kandungan nutrisi dan efek dari meminum campuran air kelapa dan susu beruang tersebut.
Campuran Hydro Coco dan Bear Brand Foto: Toshiko Potobobda/kumparan
Kepada kami ia bercerita bahwa hingga saat ini dirinya belum bisa memastikan kenapa kedua campuran minuman tersebut bisa membuat seseorang tidur pulas dan membuat badan bugar.
“Banyak orang menganggap bahwa susu baik diminum pada malam hari untuk menolong seseorang tidur. Tetapi hingga saat ini belum ada penelitian yang bisa membuktikan itu,” katanya saat dihubungi kumparan pada Jumat (22/3) kemarin.
Ia juga menambahkan bahwa keyakinan tersebut bisa juga terjadi dikarenakan efek plasebo --keadaan di mana ketika seseorang meyakini sesuatu, maka keyakinan tersebut bisa membawa efek nyata.
ADVERTISEMENT
Seperti dikutip dari Medical News Today, plasebo sendiri merupakan sebuah metode yang biasanya digunakan oleh para peneliti atau ilmuwan untuk menguji efektivitas obat atau suatu perawatan medis tertentu sebelum dipergunakan secara massal. Plasebo juga sering disebut obat kosong karena obat-obatan tersebut tidak menggunakan bahan aktif yang dimaksudkan untuk memperbaiki kesehatan.
Biasanya, orang yang menerima plasebo ini tidak mengetahui dirinya menggunakan obat kosong, sehingga percaya bahwa mereka meminum obat asli dan mengalami kemajuan dari konsumsi obat atau penanganan media yang mereka lakukan. Padahal sebenarnya tidak ada efeknya sama sekali.
Perihal campuran Hydro Coco dan Bear Brand yang viral tersebut, kami juga sempat mencobanya dan ternyata membuat kami sedikit mengantuk beberapa saat. Namun, karena diminum saat siang hari, efek tersebut tidak membuat kami tertidur pulas.
ADVERTISEMENT
Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu juga merasakan efek yang sama?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan