kumparan
2 Mei 2018 17:35 WIB

Kenyal dan Lembutnya Cheong Fun, Jajanan Hong Kong yang Gurih Menggoda

Video
Berwisata kuliner tentu sudah menjadi kegiatan wajib yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke suatu negara. Apalagi, negara tersebut dikenal memiliki sederet kuliner lezat yang patut kamu coba.
ADVERTISEMENT
Dan, salah satu negara yang mempunyai banyak pilihan makanan adalah Hong Kong. Negara di bagian Asia Timur ini terkenal dengan sajian dim sumnya yang lezat.
Varian dim sum yang gurih kenyal seperti siomay, hakau, gyoza dan dumpling bisa kamu nikmati selama berada di sini. Kendati jenis dim sum tersebut menjadi varian dim sum terpopuler, namun jangan lupakan cheong fun, jenis dim sum yang juga selalu jadi incaran.
Sama-sama terbuat dari tepung beras, cheong fun memiliki bentuk yang cukup berbeda dibandingkan jenis dim sum lainnya. Berbentuk gulungan panjang yang berlapis, cheong fun disajikan dengan siraman kuah kacang dan soy sauce yang gurih menggoda.
Menjadi salah satu street food terpopuler di Hong Kong, kamu bisa menemukan cheong fun dengan mudah, karena hidangan satu ini ramai dijajakan di sepanjang jalan di Hong Kong, termasuk di kawasan Causeway Bay. Menyusuri jalanan kecil di kawasan tersebut, kami menemukan sebuah toko yang menjual cheong fun sebagai menu andalannya.
Cheong fun, jajanan khas Hong Kong (Foto: Prima Gerhard S/kumparan)
Tak mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, rupanya sang pemilik bisa berbahasa Indonesia. Kami pun langsung memesan cheong fun yang tersohor akan kelezatannya itu.
ADVERTISEMENT
Selain bisa dinikmati dengan kuah kacang, cheong fun juga bisa disantap dengan pendamping bakso ikan yang gurih dengan rasa kari yang kuat. Atas saran dari pemilik toko, kami pun memesan cheong fun beserta bakso ikan yang kenyal gurih. Tanpa menunggu waktu lama, seporsi cheong fun yang disajikan dengan wadah styrofoam siap kami nikmati.
Cheong fun sendiri memiliki tekstur lembut dan kenyal, mirip dengan kwetiau yang biasa disantap di Indonesia. Bentuk cheong fun yang dipotong bulat memanjang sejatinya lebih mirip dengan tteokbokki asal Korea Selatan.
Tercecap sedikit rasa pedas yang dihasilkan dari penggunaan rempah bumbu kari. Taburan wijen menambah aroma lezat dari hidangan satu ini. Perpaduan rasa gurih bumbu kacang dengan bumbu kari yang khas menghasilkan kombinasi rasa yang kaya. Lezat!
ADVERTISEMENT
Cheong fun, jajanan khas Hong Kong. (Foto: Prima Gerhard S/kumparan )
Umumnya, cheong fun dibuat dengan isian cincangan daging sapi atau babi, udang atau cincangan sayuran, namun choeng fun yang kami cicipi saat itu tampaknya memiliki sedikit perbedaan karena kami tak menemukan tekstur daging saat menyantapnya. Meski begitu, hal tersebut tak mengurangi kelezatan cheong fun.
Seporsi cheong fun yang disajikan dengan bakso ikan berjumlah 9 pcs dibanderol dengan harga HK$ 24 atau sekitar Rp 42 ribuan. Tentu harga tersebut terbilang murah karena cheong fun bisa dinikmati hingga dua orang mengingat porsinya yang cukup besar.
Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Hong Kong dalam waktu dekat, jangan lupa cicipi cheong fun beserta bakso ikan yang kenyal gurih. Dijamin, kamu akan ketagihan saat sekali menyantapnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·