Pencarian populer

Kue Bingkang hingga Keukarah, 7 Kudapan Manis Khas Aceh

Kudapan khas Aceh (Foto: Instagram/ @akucintamakan & @class16)
Terkenal akan penggunaan bumbu rempahnya yang kaya, kuliner khas Aceh menjadi salah satu sajian Nusantara yang cukup digemari masyarakat. Misalnya saja, mi Aceh yang bercita rasa rempah yang kuat. Meski lebih dikenal dengan sajian utamanya, namun rupanya pulau yang berada di ujung pulau Sumatera ini memiliki aneka kudapan manis yang tak kalah populer.
ADVERTISEMENT
Makanan manis ini hampir seluruhnya terbuat dari bahan-bahan yang legit seperti tepung ketan dan daging kelapa. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Aceh, berikut tujuh sajian manis yang patut kamu coba:
1. Kue bingkang
Loading Instagram...
Kue tradisional khas Aceh yang pertama adalah bingkang. Kue yang cukup populer di wilayah Pidie Jaya, Aceh ini terbuat dari campuran tepung terigu, santan, gula, telur, dan mentega yang dikukus hingga matang. Selain disantap langsung, kue bingkang juga kerap dinikmati bersama dengan teh hangat atau kopi.
2. Kue timphan
Loading Instagram...
Kue manis khas Kota Serambi Makkah yang selanjutnya adalah kue timphan. Memiliki tampilan yang mirip dengan kue limus di Jawa Barat, kue satu ini terbuat dari campuran ketan atau kelapa muda, srikaya, dan potongan pisang yang dikukus hingga matang. Kue timphan akan semakin nikmat bila diberi taburan kelapa parut di bagian atasnya
ADVERTISEMENT
3. Jadah lemang
Loading Instagram...
Meski telah dikenal di berbagai wilayah di Indonesia, lemang khas Aceh memiliki daya tarik tersendiri yang patut kamu coba. Berbeda dengan lemang pada umumnya yang menggunakan tapai ketan atau durian sebagai toppingnya, lemang khas Aceh disajikan dengan dua topping yang berbeda, yaitu topping gurih berupa bawang goreng yang telah dibubuhi garam dan topping buah yang manis. Yummy!
4. Kue bhoi
Loading Instagram...
Sekilas kue bhoi berbentuk seperti kue cubit. Namun, berbeda dengan kue cubit, kue bhoi memiliki tekstur luar yang renyah saat digigit dengan bagian dalam yang lumer di mulut. Untuk menikmatinya, warga Aceh akan menyajikan kue bhoi bersama teh hangat atau kopi.
5. Bohromrom
Loading Instagram...
Saat berkunjung ke Aceh, jangan lupa mencicipi bohromrom, kue berbentuk bulat kecil bercita rasa manis nan legit. Bohrorom terbuat dari campuran tepung ketan, air dan gula merah cincang yang disajikan bersama taburan kelapa parut. Kue ini umumnya akan disantap sebagai camilan di kala senggang bersama dengan secangkir teh manis hangat.
ADVERTISEMENT
6. Meuseukat
Loading Instagram...
Di Aceh, kamu akan menemukan meuseukat. Kue cantik berbentuk bulat atau persegi dengan ukiran timbul bergambar bunga dan dedaunan. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, buah nanas, dan gula pasir. Konon, kue meuseukat memiliki filosofi yang berkaitan dengan kesopanan dan kehormatan, sehingga akan disajikan sebagai hidangan utama untuk tamu-tamu penting.
7. Keukarah
Loading Instagram...
Kue yang terakhir adalah keukarah, sejenis kue manis yang dibuat dari campuran tepung dan santan yang dimasak hingga membentuk serabut. Tak hanya dijadikan sebagai kudapan di sore hari, makanan bertekstur renyah ini juga sering dijumpai pada pesta pernikahan sebagai hantaran dari pihak laki-laki.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.84