kumparan
13 Des 2017 12:04 WIB

Maguro Mart, Restoran Unik yang Hanya Sajikan Menu Ikan Tuna

Restoran Maguro Mart. (Foto: Instagram @leung_szewing)
Jepang dikenal dengan kuliner ikannya yang mendunia. Sebut saja sushi dan sashimi, dua olahan ikan ini bisa dibilang menjadi yang paling populer dibandingkan dengan sajian menu ikan lainnya.
ADVERTISEMENT
Dalam pembuatan sushi dan sashimi, ikan salmon mungkin tergolong ikan yang paling banyak digunakan. Namun, selain salmon, tuna juga merupakan salah satu jenis ikan yang umum diolah menjadi sushi.
Juga disebut maguro dalam bahasa Jepang, tuna mempunyai tekstur yang lembut dan kenyal, serta memiliki rasa yang tak kalah lezat dengan salmon. Tak hanya sushi, ikan tuna juga disajikan dalam bentuk sashimi, lengkap dengan kecap asin dan wasabi yang pedas.
Menyaingi kepopuleran salmon, ternyata ada sebuah restoran khusus yang hanya menyajikan tuna sebagai menu utamanya. Adalah Maguro Mart, yang berhasil menarik perhatian penduduk Jepang sejak tahun 2011 lalu.
Loading Instagram...
Terletak di kawasan Nakano, Tokyo, Maguro Mart semakin populer karena kelezatan olahan tunanya yang disajikan di restoran ini. Dilansir Beauty of Japan, kecintaan Osaka, sang pemilik restoran pada tuna membawanya pada restoran Maguro Mart.
ADVERTISEMENT
Kualitas tuna yang disajikan di sini tak perlu diragukan lagi, karena semua ikan yang digunakan berasal dari perairan terbaik.
Setiap pengunjung yang baru pertama kali datang kesini akan disambut dengan pramusaji yang ramah. Para pelayan restoran lantas akan menjelaskan tata cara pemesanan semua menu yang ditawarkan oleh restoran ini.
Untuk menunya sendiri, Maguro Mart menyajikan beberapa olahan tuna spesial, mulai dari ikan tuna yang dipanggang, sashimi tuna, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak menu yang ada, Maguro Mart Mori mungkin menjadi salah satu menu yang paling mencuri perhatian.
Loading Instagram...
Maguro Mart Mori terdiri dari enam bagian ikan yang berbeda, yang meliputi daging tuna yang berlemak, mahkota kepala, rahang, pipi dan daging yang terletak di belakang tenggorokan. Cara memakannya pun unik, ikan dibakar diatas alat masak berbahan batu yang akan membuat irisan tuna matang dengan sempurna.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Lalu, menu selanjutnya yang tak boleh dilewatkan adalah Maguro no Nakaochi. Setengah ekor tuna disajikan diatas meja pengunjung. Bahkan saking besarnya, menu yang satu ini bisa dimakan sampai lima orang.
Loading Instagram...
Tak perlu bingung untuk memakannya, karena tekstur daging ikan yang lembut membuat tuna bisa dipotong hanya dengan menggunakan sendok. Selain rasanya yang lezat, cara makan yang unik juga menambah keseruan bersantap.
Loading Instagram...
Menariknya, restoran ini juga menyediakan sebuah menu yang tidak mereka tulis di dalam daftar menu mereka. Disebut 'Ura-Menu', setiap pengunjung akan dibuat kaget dengan menu yang satu ini.
Pasalnya, tak ada satu pun pengunjung yang boleh tahu tentang menu rahasia tersebut. Mereka baru akan mengatahui jenis hidangan apa yang sebenarnya dipesan saat makanan sudah dihadirkan di atas meja.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Misalnya saja, sepasang mata ikan tuna yang kaya akan DHA pernah dihidangkan ketika ada pengunjung yang memesan 'Ura-Menu' tersebut. Dan, setiap menu yang sudah dipesan tentunya harus dihabiskan oleh pengunjung.
Bagi yang ingin datang kesini, restoran Maguro Mart berlokasi di Kyuei Daini Building 1F, berdekatan dengan stasiun Nakano. Tertarik berkunjung?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan