Pencarian populer
19 Februari 2019 20:35 WIB
..
..

Mencoba Kura Zushi, Sushi Serba Rp 13 Ribu di Jepang

Pilihan Menu di Kura Zushi Foto: Mela Nurhidayati/kumparan

Selain teknologi dan industrinya yang maju, Jepang identik dengan makanan khasnya yang bernama sushi. Terdiri dari nasi dan aneka ikan mentah segar yang digulung bersama nori, kelezatan sushi memang sudah mendunia.

Di Jepang sendiri, tak sulit menemukan gerai atau resto yang menjual sushi. Namun, salah satu gerai yang cukup populer di sana adalah Kura Zushi. Tak sekadar gerai sushi biasa, restoran ini menawarkan pengalaman santap unik dan istimewa. Ya, di gerai ini sushi akan diantarkan dalam kaiten sushi atau semacam conveyor-belt menuju meja para pelanggan.

Lalu, seperti apa pengalaman menyantap sushi yang diantar dalam conveyor-belt? Berikut kumparanFOOD ulas lebih lanjut:

Cara reservasi meja

Beberapa waktu yang lalu, kumparanFOOD berkesempatan mengunjungi gerai Kura Zushi yang berlokasi di Ikebukuro, Jepang. Lokasinya tak begitu jauh, berjarak 500 meter dari Stasiun Ikebukuro.

Saat pertama kali tiba di gerai yang berada di lantai basement tersebut, kami diminta untuk mengambil nomor antrean di dalam layar touch screen. Layar biru untuk memesan sushi bar, sedangkan hijau untuk meja private.

Reservasi Meja di Kura Zushi Foto: Mela Nurhidayati/kumparan

Harap dicatat, jika kamu pertama kali datang ke restoran ini usahakan untuk meminta intruction card dalam bahasa Inggris ya! Pasalnya, insturction card tersebut akan menjelaskan bagaimana cara reservasi atau memesan meja di Kura Zushi.

Setelah dapat nomor antrean, kamu hanya tinggal menunggu panggilan dari pramusaji menuju meja yang telah dipesan.

Cara memesan makanan

Suasana di Kura Zushi Foto: Mela Nurhidayati/kumparan

Gerai Kura Zushi yang terletak di Ikebukuro sangat luas dan tidak terlalu ramai. Buktinya, kami hanya menunggu sekitar 20 menit untuk mendapatkan meja. Mungkin waktu tunggu tersebut akan berbeda jika kamu berkunjung di jam-jam makan siang atau malam.

Conveyor Belt-Kura Zushi Foto: Mela Nurhidayati/kumparan

Setelah mendapatkan meja, kamu tinggal memesan makanan. Dalam memesan makanan, ada dua cara yang bisa kamu lakukan; pertama mengambil langsung sushi pilihanmu di conveyor-belt, dan kedua memesan menu melalui layar sentuh.

Layar Sentuh-Kura Zushi Foto: Mela Nurhidayati/kumparan

Pada cara yang kedua ini, kamu hanya tinggal memencet pilihan sushi yang kamu mau. Jika menu tersebut tidak tercantum informasi harga, itu berarti menu tersebut dibanderol 100 yen atau setara RP 13 ribu. Setelah berhasil, pesanan kemudian akan diantarkan dengan kereta cepat mini. Benar-benar canggih!

Menu yang ditawarkan Kura Zushi

Ada banyak pilihan menu yang bisa kamu pilih di Kura Zushi. Tak hanya sushi, kamu bisa memesan menu lain; seperti tempura, sup, minuman, hingga makanan penutup semua rata-rata dibanderol 100 yen atau setara Rp 13 ribu.

Saat kunjungan kumparanFOOD lalu, kami memesan beberapa menu; seperti cooked egg, shrimp mayo, beef with tasty sauce, tempura set, tuna roll, stuffed sushi, popcorn chicken, seared salmon Japanese mayo, dan hidangan penutup taiyaki parfait.

Taiyaki Parfait Foto: Mela Nurhidayati/kumparan

Meskipun harganya murah, jangan khawatir proporsi antara nasi dan topping sangat seimbang. Tak hanya itu, semua sushi yang kami coba juga tidak mengecewakan. Ikan dan dagingnya segar dengan rasa yang cukup seimbang.

Dari sederet menu yang kita pesan, salah satu yang paling berkesan adalah seared salmon Japanese mayo. Kombinasi antara segarnya ikan salmon dan saus mentai sangat nendang. Saking lezatnya, kami memesan menu ini hingga tiga piring.

Pilihan Menu di Kura Zushi Foto: Mela Nurhidayati/kumparan

Selama makan di Kura Zushi, kami memesan 15 piring dengan total biaya 1.500 yen atau setara Rp 190 ribu. Boleh dibilang harga tersebut sangat terjangkau dengan porsi, kualitas, dan rasa yang menakjubkan.

Oh iya, sebelum meninggalkan meja jangan lupa menukarkan piring kosong ke dalam slot mesin pencuci piring otomatis yang sudah disediakan ya! Jika kamu menukar lima piring kotor, maka kamu berhak mendapatkan souvernir kecil yang telah disiapkan.

Apa yang membuat Kura Zushi jadi menarik?

Suasana di Kura Zushi Foto: Mela Nurhidayati/kumparan

Kura Zushi bukan hanya gerai sushi biasa. Di sini kamu bisa mendapatkan pengalaman santap unik dengan teknologi yang luar biasa. Seperti dikutip dari Japantravel, hampir tidak ada staf yang bekerja di Kura Zushi karena sebagian besar sushi dibuat oleh robot. Tak cukup sampai di sana, bahkan piring-piring juga dibersihkan melalui robot pencuci piring, sedangkan manajer bekerja dari pusat kontrol untuk menginstruksikan staf mereka melalui earphone.

Bagaimana, tertarik mencicipi sushi serba Rp 13 ribu di restoran canggih berbasis teknologi, Kura Zushi?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: