kumparan
16 Sep 2019 13:32 WIB

Menyesap Kesegaran Es Kopi Susu ala Clover di Kalibata City

Es kopi susu ala Clover, Kalibata City Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Menikmati malam yang panjang, apalagi di hari Sabtu memang menjadi kegiatan yang menyenangkan. Ditemani si dia dan teman, waktu tak terasa begitu cepat berlalu. Kian malam, kian seru.
ADVERTISEMENT
Namun, rasanya nongkrong tak lengkap jika tidak ditemani minuman segar atau camilan. Maka, segelas es kopi susu bisa menjadi pilihan. Selain agar membuat mata tetap terjaga, kesegaran es kopi kekinian akan membuat malam minggu terasa tak lagi sepi.
Suasana seperti ini bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke kafe kopi bernama Clover. Kafe yang buka sekitar lima bulan yang lalu ini, sekarang menjadi tempat nongkrong baru bagi warga Kalibata City. Marketnya kebanyakan anak muda. Apalagi saat malam minggu tiba, kafe yang buka sampai jam satu dini hari ini malah kian ramai.
Beberapa pengunjungnya terlihat menikmati waktu, tentunya sambil ditemani secangkir kopi ala Clover. Misalnya saja, es kopi susu seharga Rp 20 ribu seperti yang kami pesan. Disajikan dalam ukuran gelas yang cukup besar, membuatnya tampak sebanding dengan harganya.
Minuman ala Clover, Kalibata City Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Lalu, bagaimana dengan rasanya?
ADVERTISEMENT
Nah, kami merasa es kopi susu ini menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin minum kopi di malam hari. Rasanya yang tak terlalu kuat, setidaknya bisa mengganjal mata agar tetap terjaga tanpa perlu was-was tak bisa tidur sesudahnya.
Menurut Bella, salah satu barista di Clover, es kopi susu di kedai ini menjadi salah satu menu kopi favorit. "Es kopi susunya salah satu yang favorit. Rasanya creamy dan manis. Kita pakai gula aren asli yang dicacah, lalu dilelehkan sendiri. Jadi isinya ada gula aren, fresh milk, creamer, dan espresso," ujar perempuan berusia 22 tahun itu kepada kumparan, Sabtu (14/9).
Dilanjutkan Bella, terdapat juga pilihan kopi single origin dari beberapa daerah di Indonesia; ada dari Solok, Bali, Ijen, Toraja, dan Gayo. Kopi spesial ini bisa dinikmati dengan dua teknik penyeduhan, yakni V60 atau french press.
ADVERTISEMENT
Bagi pengunjung yang tak ingin minum kopi ada juga menu lainnya. Seperti markisa yakult yang tak kalah membuat mata betah melek. Minuman yang dihargai Rp 28 ribu ini menggunakan sirup markisa dan Yakult. Rasanya sudah bisa dibayangkan, bukan? Ada asam dan manis yang menyegarkan. Disajikan dingin rasanya minuman kuning ini kian nikmat saja.
Mango Yakult ala Clover, Kalibata City Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Jika lapar, ada menu makanan mulai dari yang ringan hingga berat. Saat itu, kami memutuskan untuk memesan potato wedges --salah satu menu barunya--, dan honey cake.
Potato wedges seharga Rp 32 ribu ini punya rasa yang original. Kentangnya gurih, dengan sedikit sentuhan pedas bubuk cabai, dan wangi herbs. Disajikannya bersama saus cocolan dari campuran keju parmesan dan minyak zaitun yang membuatnya terasa semakin gurih.
Potato wedges ala Clover, Kalibata City Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Sementara, honey cake seharga Rp 25 ribunya punya rasa yang berbeda. Manis, legit, dengan tekstur padat sedikit lengket membuat kue ini terasa unik. Kue ini cocoknya dinikmati bersama secangkir hot cappuccino atau espresso yang agak pahit.
Honey cake ala Clover, Kalibata City Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Selain kedua menu itu, Bella membeberkan sajian seperti tempe mendoan, pisang goreng, singkong goreng atau singkong rebus saus thailand juga menjadi beberapa camilan yang diandalkan.
ADVERTISEMENT
Untuk segi harga, kafe ini menyajikan menu yang cukup terjangkau. Menu minumannya dihargai mulai dari Rp 15 - 32 ribu. Sedangkan menu makanan, dibanderol Rp 23 - 55 ribu. Masih ramah di kantong, bukan?
Clover, Kalibata City Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Selain itu, Clover juga menyuguhkan suasana kafe yang homey, tenang, dan minimalis. Jadi, pas juga untuk tempat menyelesaikan pekerjaan atau tugas kuliah. Bahkan, tersedia juga buku-buku bacaan untuk para pengunjungnya. Bagaimana, tertarik juga untuk menghabiskan waktu di Clover?
Clover Coffee & Food
Alamat: Apartemen Kalibata City, Tower Kemuning, Jl. Raya Kalibata No.1, RT.9/RW.4, Rawajati, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12750.
Jam buka: 07.00 - 01.00 WIB.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan