Pencarian populer

Meski Mahal, Ini 5 Manfaat yang Bisa Diambil dari Jamur Truffle

Truffle pasta. (Foto: Dok.Crowhound)

Jamur truffle dikenal sebagai bahan makanan yang punya harga fantastis. Kisaran harga jamur yang berasal dari bagian utara Italia ini adalah Rp 27,5 juta per kilogram. Harga jamur ini jadi mahal karena sulitnya proses penanaman. Jamur truffle hanya bisa tumbuh di bulan September dan Desember serta hanya bisa tumbuh di tanah dekat dengan akar pohon.

Tidak hanya karena proses pembuatannya, manfaat jamur truffle mungkin jadi alasan jamur ini cukup merogoh kantong. Ternyata, jamur truffle punya banyak manfaat kesehatan yang baik untuk dikonsumsi. Mau tahu apa saja manfaat jamur truffle? Simak ranguman kumparanFOOD dari berbagai sumber berikut ini:

1. Membesarkan otot

Ilustasi angkat beban. (Foto: skeeze via pixabay)

Banyaknya kandungan protein dalam jamur truffle membuat jamur ini bermanfaat untuk menstimulus pembentukan otot yang ideal dan sempurna. Selain membentuk otot, jamur truffle dapat menghilangkan lemak jahat dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, lho! Oleh karena itu, bila kamu sedang berolahraga atau dalam program pembentukan otot, coba masukkan jamur truffle dalam menu diet kamu.

2. Melancarkan peredaran darah

white truffle (Foto: Flickr/Thomas Andres)

Jamur truffle yang dikonsumsi secara rutin juga dapat membuat peredaran darah di dalam tubuh menjadi lancar. Secara berkelanjutan, ini berdampak pula pada kesehatan jantung.

3. Meringankan sakit kepala

Ilustrasi Sakit Kepala (Foto: Dok. Pixabay)

Efek analgesik dan anti-piretik di dalam jamur truffle ampuh untuk meringankan sakit kepala. Kamu bahkan bisa merasakan kepalamu mulai ringan dalam hitungan jam setelah menyantap jamur ini. Hebat, ya?

4. Mencegah kanker

white truffle (Foto: Flickr/Adam Goldberg)

Jamur truffle punya kandungan anti-oksidan dan anti-inflamasi yang sangat bermanfaat untuk penderita mau pun pencegahan kanker. Jamur truffle juga diduga bisa memutus rantai risiko keturunan kanker. Pasalnya, ketika jamur truffle dikonsumsi, jamur ini bisa menghentikan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh sehingga lambat laun tubuh menjadi resisten terhadap sel kanker.

5. Mengurangi radang tenggorokan

Ilustrasi batuk (Foto: Thinkstock)

Jamur ini memiliki Efek anti-inflamasi yang kuat juga membuat jamur ini cukup ampuh untuk mengurangi batuk dan radang tenggorokan. Oleh karena itu, bila kamu sedang punya masalah tenggorokan, cobalah memasukan truffle dalam beberapa kreasi hidangan kamu.

Banyak, ya manfaatnya? Tidak heran, makanan yang mengandung jamur atau minyak truffle biasanya juga merogoh kantong cukup dalam.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: