Pencarian populer
31 Desember 2018 20:33 WIB
..
..
Napak Tilas Kuliner Populer Tahun 2018 di Indonesia
Napak Tilas Tren Kuliner 2018 (Foto: Instagram/ @koleksiresepsj @dk_chang @buncitfoodies)
Di awal tahun 2018, kumparanFOOD telah membuat prediksi tren kuliner yang akan booming hingga sepanjang tahun ini. Awalnya, kuliner tahun 2018 diprediksi akan didominasi oleh makanan sehat dengan warna yang colorful.
Namun, apakah tren ini terbukti? Kali ini kumparanFOOD telah menyiapkan beberapa list kuliner yang booming di tahun 2018. Coba cek kembali, apakah kamu sudah menjajal deretan kuliner yang tenar pada masanya ini?
1. Roti bun aneka rasa
Awal tahun 2018, feed Instagram pecinta kuliner diramaikan dengan warna-warni roti bun aneka rasa. Kudapan yang disinyalir datang dari Thailand ini merupakan bun -- roti kecil dengan rasa manis -- dengan isian seperti cokelat, vanila, matcha, dan lainnya.
Warnanya yang cantik plus lelehan isi yang menggugah selera, sontak membuat kudapan ini dicari banyak orang. Beberapa kedai menjual paket semua rasa yang jadi sangat cantik bila difoto dan diunggah ke Instagram.
2. Mini Chizza
Awal 2018 lalu, publik juga sempat digemparkan dengan kehadiran menu baru nan unik dari KFC yang bernama Mini Chizza. Sesuai namanya, hidangan ini terbuat dari ayam goreng tepung yang disiram dengan saus tomat dan saus keju yang creamy. Tak hanya itu, berbagai tambahan sayuran seperti paprika dan bawang bombay juga menambah kesegaran sajian unik ini.
Sebenarnya, menu ini bukanlah hal yang baru di gerai cepat saji yang berpusat di Kentucky, Amerika Serikat itu. Sebelumnya, sajian Mini Chizza juga telah terlebih dahulu menggemparkan konsumen KFC di negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia sejak awal 2017.
Tak hanya itu, sajian Mini Chizza yang dijual di negara tetangga juga memiliki sedikit perbedaan, seperti Mini Chizza Malaysia yang dibubuhi irian nanas, dan Singapura yang ditambahkan dengan daging asap.
3. Indomie invasion
Sadarkah kamu kalau Indomie jadi primadona di sejumlah makanan yang viral di tahun 2018? Kemunculan donat Indomie jadi ramai karena bentuknya yang unik. Saat pertama kali muncul, hidangan ini kerap sold out karena terlalu banyak yang penasaran dengan rasanya.
Tidak hanya donat, Indomie juga dikreasikan menjadi onigiri. Ada yang diisikan dengan mozzarella dan ada juga yang dibuat begitu saja. Kemudian, belakangan ada pula Indomie ball yang merupakan bola Indomie sekali gigit dengan aneka isian nikmat. Sudah coba?
4. Es Kepal Milo
Kreasi minuman bubuk rasa cokelat ini memang sempat menggemparkan dunia maya beberapa waktu lalu. Konon, es kepal Milo pertama kali muncul di Yogyakarta, tepatnya pada awal bulan Maret. Karena banyaknya foodies yang penasaran untuk menjajalnya, alhasil minuman es manis ini sontak viral dan penjualnya seakan menjamur.
Hidangan es serut dengan topping saus cokelat melimpah ini sejatinya adalah hasil adaptasi dari dessert Malaysia yang telah lebih dahulu populer pada pertengahan tahun 2017. Sekilas, es kepal Milo dari Negeri Jiran dan Indonesia memang tampak serupa, namun bahan-bahan yang digunakan untuk es kepal versi Indonesia jauh lebih sederhana.
Hanya diperlukan es serut, susu kental manis, dan bubuk Milo untuk membuatnya. Saking mudahnya, banyak pula resep-resep es kepal Milo rumahan yang bermunculan, salah satunya seperti yang kumparanFOOD pernah racik di sini.
Perpaduan berbagai bahan tersebut menghasilkan cita rasa yang sangat manis, sehingga cenderung membuat eneg. Mungkin, itulah salah satu faktor yang membuat kepopuleran es kepal Milo akhirnya memudar.
5. Makanan vegetarian
Banyak orang yang mulai beralih ke gaya hidup sehat di tahun 2018. Pola makan pun ikut dirombak agar menjadi lebih sehat, salah satunya adalah beralih ke makanan vegetarian.
Kemunculan tren hidup sehat, terutama menjadi vegetarian, telah menciptakan berbagai kreasi hidangan vegetarian yang lebih beragam. Ya, pasar kuliner tak hanya didominasi dengan produk-produk berlabel vegetarian saja, namun telah diwarnai dengan menu vegetarian sebagai hidangan utama.
Banyak bahan makanan vegetarian, tempe misalnya, yang digunakan sebagai bahan alternatif pengganti daging. Bukan itu saja, outlet-outlet yang menyajikan makanan berbasis sayuran juga semakin marak di pusat perbelanjaan, memudahkan mereka yang ingin mencari makanan sehat dan vegetarian walau tengah berada di mall sekalipun.
Para pelaku kuliner pun ingin mematahkan anggapan bahwa makanan vegetarian selalu punya rasa yang kurang nikmat. Kreasi hidangan vegetarian kini tak hanya disajikan ‘apa adanya’, melainkan diberi tambahan bahan maupun saus kondimen sebagai pelengkap, membuatnya tak kalah lezat dengan jenis hidangan lainnya.
6. Poke Bowl
Inilah salah satu kreasi hidangan sehat vegetarian yang booming di tahun 2018. Sebenarnya, poke bowl telah populer sejak tahun 2017 lalu. Namun, seiring dengan pola hidup sehat yang makin marak, ia digadang-gadang akan meneruskan ketenarannya di tahun 2018.
Benar saja, hingga tahun ini, poke bowl masih digemari oleh banyak orang. Poke bowl sendiri merupakan hidangan rice bowl khas Hawaii yang diberi topping bahan-bahan segar; seperti daging ikan mentah dan rumput laut. Nama poke dalam bahasa Hawaii sejatinya memiliki arti potongan daging dan merujuk pada ikan mentah.
Meski berasal dari Hawaii, namun hidangan tersebut memiliki pengaruh dari kuliner Jepang, khususnya pada potongan ikan mentah yang mirip dengan sashimi. Ya, potongan daging ikan yang diletakkan sebagai topping rice bowl memang tak dimasak sama sekali, hanya dipotong dadu dan dicampur dengan sedikit kecap asin, cuka, serta jeruk nipis.
Selain itu, sayuran pelengkap seperti cacahan wortel, lobak, daun selada, dan rumput laut juga ikut ditambahkan ke dalamnya, menciptakan cita rasa yang begitu segar.
7. Serba salted egg
Meski kepopulerannya sudah dimulai dari pertengahan tahun 2017, kepopuleran saus telur asin--salted egg membuncah di sepanjang tahun 2018. Salted egg merupakan menu di restoran Chinese food, dan bermula di Singapura. Lama kelamaan, karena rasanya yang begitu familiar di lidah orang Asia, saus tersebut semakin booming dan merambah hingga ke Indonesia.
Menurut salah satu survei dari perusahaan ayam goreng cepat saji di Indonesia, saus salted egg selalu menduduki peringkat 5 teratas tren makanan Asia. Tak heran,
Berbagai jenis makanan lantas dipadukan dengan saus bercita rasa creamy tersebut, mulai dari makanan ringan, ayam goreng cepat saji, hingga rice bowl.
Salted egg pun tak cuma disajikan sebagai saus siraman saja, tapi juga sebagai bumbu penambah rasa dalam bentuk bubuk. Bubuk salted egg ini biasanya lebih banyak ditemukan di berbagai camilan keripik, dan digandrungi oleh banyak orang.
8. Kopi susu aren
Seperti yang kita tahu, perkembangan industri kopi melonjak begitu drastis pada tahun ini. Makin banyak orang yang menjadikan kopi sebagai bagian dari gaya hidup mereka. Hasilnya, makin banyak pula kreasi kopi yang bermunculan, terutama kopi susu.
Awalnya, tren kopi susu ini baru dimulai pada pertengahan tahun 2017. Saat itu, segelintir kedai kopi mulai meluncurkan kreasi espresso yang diracik bersama susu dan gula aren ini. Cita rasa dari kopi susu yang terbilang mild dan mudah ‘akrab’ dengan lidah penikmatnya langsung membuat kepopulerannya meroket.
Tren ini tak lantas meredup di penghujung tahun, malah semakin ‘subur’ di tahun 2018. Bisa dibilang, hampir semua kedai kopi kini punya racikan kopi susu sebagai salah satu signature beverage-nya.
Bukan itu saja, franchise-franchise yang menjajakan es kopi susu juga mulai merebak di pasaran, didukung dengan banyaknya jasa antar makanan yang juga melayani pembelian es kopi susu melalui aplikasi.
9. Bola ubi kopong
Siapa sangka camilan yang sering identik dengan pedesaan ini, kini naik kelas menjadi sebuah camilan yang paling dicari di 2018. Sesuai namanya, olahan dari ubi yang satu ini tidak memiliki isian alias kosong namun memiliki tekstur yang renyah di bagian luar.
Meski camilan ini sudah ada sejak lama, kepopuleran bola ubi kopong mulai menanjak pada 2018. Cara pembuatannya pun tidak semudah yang dibayangkan. Setelah ubi dibentuk bulat seperti bola, ubi harus digoreng dengan beberapa tahapan supaya menggembang sempurna.
Bola ubi biasanya disajikan dengan taburan gula halus atau berbagai topping tambahan, seperti cokelat hingga green tea.
10. Semua yang digulung telur
Tahun 2018 nampaknya menjadi tahun kejayaan bagi berbagai camilan atau jajanan yang digulung telur. Berawal dari kepopuleran telur gulung, beragam variasi olahan sejenis pun kini bermunculan. Seperti cilung (aci gulung), papeda gulung, bihun gulung, hingga yang paling baru dan modern yaitu telur sosis.
Jika dulu jajanan ini dijual dengan harga Rp 500 rupiah per tusuk, sekarang banyak penjual yang membanderolnya dengan harga Rp 2 ribu per tusuk. Meski begitu, jajanan ini tetap dicari karena rasanya yang gurih dan juga lezat.
11. Salmon Mentai Rice
Kuliner Jepang ternyata masih digemari pada 2018. Terbukti dari salah satu menu berikut yang banyak dicari dan diburu oleh para penggila kuliner. Salmon mentai rice sendiri merupakan salah satu hidangan yang terdiri dari nasi, roasted salmon, kani, hingga tobiko yang disiram saus mentai dengan teknik torch.
Saking populernya, kini banyak sekali bisnis rumahan yang menjual hidangan ini dengan beragam variasi. Untuk harga, rata-rata dibanderol Rp 40 ribu ke atas.
12. Cheese tea
Selain kopi kekinian, 2018 juga nampaknya menjadi tahun bagi kreasi minuman yang satu ini. Cheese tea sebenarnya salah satu racikan minuman yang berasal dari Taiwan dan populer di beberapa negara Asia, seperti Tiongkok, Singapura, Malaysia, dan Indonesia.
Meski dinamai cheese tea, keju yang digunakan dalam minuman ini bukanlah keju serut, lho, melainkan dari campuran dari krim keju dan susu kental manis. Perpaduan dari segarnya teh dengan lembutnya cheese foam ini menghasilkan cita rasa yang cenderung unik di lidah.
Oh iya, ada cara tersendiri saat menikmati minuman ini. Salah satunya adalah meminum langsung dari gelas dengan tanpa sedotan, agar kita bisa merasakan lembutnya lapisan cheese foam dan kesegaran tehnya.
Itu dia makanan yang booming di tahun 2018. Ternyata tren makanan sehat masih digandrungi dan sepertinya akan berlanjut hingga tahun depan. Dari semua makanan ini, mana yang paling bikin kamu ketagihan?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: