Pencarian populer

Oleh-oleh Khas Tegal yang Bisa Dibeli Saat Arus Balik Lebaran

Ilustrasi Telur Asin Foto: Flickr/mat_gebu

Arus balik setelah Hari Raya Idulfitri mulai terlihat keramaiannya. Nah, Tegal jadi salah satu kota yang ramai dilewati pengguna jalan untuk kembali ke ibu kota.

Tak hanya sebagai tempat singgah untuk melepas lelah, Kota Bahari ini juga punya berbagai makanan khas. Beberapa makanan juga cocok dibawa sebagai oleh-oleh setelah mudik.

Jadi tidak perlu bingung lagi saat singgah ke Tegal, ini dia lima oleh-oleh yang bisa kamu beli:

1. Tahu aci

Tahu aci merupakan camilan yang mudah dijumpai di Tegal dan sekitarnya. Dikenal pula dengan sebutan tahu pletok, camilan ini terbuat dari tahu kuning yang digoreng bersama adonan tepung sagu

Ciri khas tahu aci khas Tegal adalah adanya tambahan kucai pada adonan tepung sagu. Potongan kucai membuat aroma tahu aci semakin menggugah selera.

Selain dijual matang, kini banyak toko oleh-oleh menyediakan tahu aci mentah yang bisa digoreng di rumah. Biasanya sepaket tahu aci mentah ini bisa disimpan hingga beberapa hari di dalam kulkas.

2. Keripik tahu

Selain tahu aci, ada juga keripik tahu yang cocok untuk camilan selama perjalanan. Keripik tahu terbuat dari tahu kulit yang digoreng dengan minyak panas hingga teksturnya renyah.

Saat dicicipi, tekstur garingnya mirip kerupuk. Rasanya juga gurih dengan cita rasa asin yang tak berlebihan. Cocok disantap sebagai camilan keluarga di waktu senggang.

3. Teh poci

Teh poci di Bakmi Djogja Mas Tok Foto: Safira Maharani/ kumparan

Tegal juga dikenal sebagai penghasil teh melati bercita rasa kuat dan sedikit sepat. Bila ingin merasakan sensasi minum teh seperti di Tegal, kamu bisa membeli daun tehnya di berbagai toko oleh-oleh.

Tersedia beberapa jenis teh tradisional dengan harga bervariasi, mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 50 ribuan. Selain daun teh siap seduh, kamu juga bisa membeli poci dari tanah liat yang cocok digunakan untuk menyeduh teh. Diseduh bersama gula batu, secangkir teh poci khas Tegal ini dijamin membuat badan kembali segar.

4. Latopia

Tegal punya camilan serupa bakpia yang dikenal dengan sebutan latopia. Jajanan khas Tegal ini punya ukuran yang lebih besar dibanding bakpia. Teksturnya pun lebih renyah dan berkulit rapuh.

Latopia punya berbagai varian rasa yang bisa dipilih. Mulai dari durian, cokelat, susu, hingga kacang hijau. Tapi latopia kacang hijau yang jadi primadona dan banyak diburu pelancong.

5. Telur asin

Telur asin sebenarnya lebih dikenal sebagai oleh-oleh khas Brebes. Tapi makanan bercita rasa asin ini juga mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh Tegal. Maklum saja, jarak antara kota Brebes dan Tegal memang tak terlalu jauh.

Telur asin dijual dengan harga yang bervariasi, mulai Rp 2.500 sampai Rp 4.000 per buahnya. Jenisnya pun kini bermacam-macam, mulai dari telur asin biasa, telur asin panggang, hingga telur asin aneka rasa.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60