kumparan
22 Mar 2019 17:09 WIB

Panduan Akhir Pekan: 5 Tempat Nongkrong di Jakarta yang Bikin Betah

Panduan Akhir Pekan: Tempat Nongkrong Asyik di Jakarta. Foto: Sabryna Putri Muviola/kumparan
Ke mana kamu akhir pekan ini? Biasanya, penyuka kuliner pasti mencari tempat nongkrong asyik untuk bertemu dengan teman-teman, pasangan, atau sekadar membaca buku sendiri.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya sekadar tempat cantik, tentu menu makanan dan minuman jadi pertimbangan; apalagi bagi para pecinta kopi. Mereka yang menyukai minuman berkafein ini, pasti punya tempat nongkrong favorit dengan pilihan kopi yang cocok di lidah.
Kali ini kumparan memberikan rekomendasi tempat nongkrong asyik dengan makanan dan minuman yang tak kalah menggoda. Bila kamu sedang mencari inspirasi kafe untuk akhir pekan ini, coba sambangi salah satu tempat rekomendasi kumparan berikut:
1. Say Something Coffee
Say Something Coffee. Foto: Safira Maharani/kumparan
Kamu tentu tahu Como Park, yang jadi salah satu tempat hits di daerah Kemang Timur. Tempat ini punya Say Something Coffee untuk memuaskan lidah para pecinta kopi yang kebetulan sedang mampir atau membawa anjingnya untuk bermain.
Segelas piccolo di sini punya rasa kopi kuat, namun rasa susunya juga tipis-tipis sedap. Cukup membuat mata melek. Sementara untuk camilannya, aneka croissant di sana juga sangat menggoda.
ADVERTISEMENT
Pilihan kami jatuh ke croissant choco almond. Isian cokelatnya pekat, tanpa rasa terlalu manis. Lebih nikmat bila disantap dengan kopi tanpa tambahan gula.
Bonusnya, kamu bisa melihat banyak anjing lucu yang lalu lalang di situ. Jangan lupa, minta izin pemiliknya terlebih dahulu untuk memegang atau bermain dengan anjing di sana.
Say Something Coffee
Alamat: Jl. Kemang Timur No.998, RT.1/RW.3, Bangka, Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730
Jam buka: Setiap hari (08.00-20.00)
2. Harapan Djaya Coffee Roasters
Kopi di Harapan Djaya. Foto: Toshiko/kumparan
Tempat ngopi dengan nuanasa industrial ini, paling cocok untuk baca buku sambil menikmati segelas kopi. Iced mocha di Harapan Djaya bisa jadi pilihan karena rasa cokelat dan kopinya berpadu sempurna. Saya lebih suka menikmatinya tanpa gula.
ADVERTISEMENT
Kalau tidak ingin kopi, es pisang cokelat di Harapan Djaya juga patut dicoba. Bahkan, banyak orang yang ke sini untuk menjajal minuman ini.
Soal camilan, ada berbagai kue yang disajikan di sini. Namun, bila kamu ingin makanan berat, kamu bisa memesan Burgushi atau Mangia dari Harapan Djaya. Mereka akan mengantarkan pesanan kamu secara langsung.
Spot favorit untuk buka laptop ada di lantai atas. Pasalnya, ada colokan di sana dan jarak antara bangku dan mejanya cukup nyaman. Sementara area bawah adalah tempat untuk kamu sekadar nongkrong bersama teman-teman.
Harapan Djaya Coffee Roasters
Alamat: Jl. Panglima Polim V No.36, RT.1/RW.7, Melawai, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
ADVERTISEMENT
Jam buka: Setiap hari (07.00-22.00)
3. Kona Koffie
Monday blast Foto: Azalia Amadea/Kumparan
Sesuai arti dari namanya 'kona' yang berasal dari bahasa Jepang berarti sudut, tempat ngopi ini memang berada di suatu sudut Jalan Wijaya 1, Jakarta Selatan. Kona Koffie menawarkan suasana ngopi nyaman dengan ornamen ramah lingkungan.
Minuman yang wajib kamu coba di sini adalah mushashi coffee dan monday blast. Tampil dengan gelas tinggi yang cukup besar, mushashi coffee terasa sangat ringan, dengan creamy susu dan rasa manis yang seimbang --artinya tidak berlebihan. Kamu akan menemukan topping muesli dan biji cia; cocok untuk yang ingin ngopi sehat.
Sementara itu, monday blast menggunakan espresso sebagai dasar dari minumannya. Saat mencicipinya, minuman ini langsung mencuri kesan pertama yang menyenangkan, sedikit asam, dan manis. Sungguh menyegarkan!
ADVERTISEMENT
Tenang, bagi kamu yang ingin nongkrong lama di sini, kamu bisa menikmati aneka makanan berat juga. Salah satu yang jadi favorit kami adalah dori sambal matah-nya.
Alamat: Jl. Wijaya I No.53, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Jam buka: Senin-Kamis dan Minggu 08.00-23.00; Jumat dan Sabtu 08.00-01.00 WIB
4. Ottoman's Coffee
Appetizer-Ottoman's Coffee Foto: Mela Nurhidayati/kumparan
Kafe milik Harison Chandra yang juga merupakan juara Indonesia Brewers Cup 2017 ini punya konsep yang cukup unik. Sangat girly, dengan nuansa pastel kekinian.
Kafe ini memiliki beberapa spot foto yang sayang jika tidak diabadikan. Pada area depan misalnya, kamu bisa berfoto dengan latar belakang dinding bata ber-LED neon pink. Spot foto ini akan membuat kamu seolah berada di sebuah kafe di Bali.
ADVERTISEMENT
Soal sajian, menu Asia dengan plating bergaya western. Sementara untuk minumannya, kamu bisa memesan signature drink Ottoman's, yaitu soap berry familia. Minuman yang diracik dari muddled starwberry & grapes, jus apel, jus cranberry, hingga yuzu ini benar-benar menyegarkan.
Alamat: Cilandak Town Square, GF Unit E50-51. Jl. TB. Simatupang Kav 17, Jakarta Selatan, 12430.
Jam buka: Minggu - Kamis (10.00 - 00.00): Jumat - Sabtu (10.00 - 02.00)
5. SMITH Coffee Bar 2.
Picollo Smith Coffee. Foto: Safira Maharani/kumparan
Menyuguhkan kopi espresso machine yang beragam, rasa kopi di Smith tetap kuat, namun bisa dinikmati oleh mereka yang baru mencicipi kopi. Jadi, tak perlu takut untuk mengunjungi kedai kopi ini walau tak tahu banyak tentang seluk beluk kopi. Pasalnya, para baristanya akan membantumu memilihnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu ada berbagai sajian makanan; dari camilan hingga makanan berat yang bisa dipilih. Menu rekomendasi kami adalah dori mentai rice bowl.
Oh ya, kamu juga bisa mencicipi kreasi kopi buatan Muhammad Aga, pemenang Indonesia Barista Championship 2018, sekaligus salah satu pemilik kafe ini.
Alamat: Jl. Gandaria I No.92A
Jam buka: Setiap hari (07.00 - 22.00)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan