kumparan
12 Des 2017 15:01 WIB

Pecahkan Rekor, Ini Gingerbread House Terbesar di Dunia

Rumah kue jahe ini mengandung 35,8 juta kalori (Foto: Dok. Traditions Club )
Takjub, mungkin sepenggal kata ini yang cocok untuk menggambarkan gingerbread berbentuk rumah raksasa ini. Dibangun diatas tanah seluas 2,520 meter persegi, gingerbread house atau rumah kue jahe yang berada di wilayah Bryan, Texas, pernah memecahkan rekor Guinness World Record pada tahun 2013 lalu.
ADVERTISEMENT
Dilansir CBS, gingerbread house raksasa ini bahkan mengandung sekitar 35,8 juta kalori. Bisa dibayangkan betapa banyak bahan baku yang digunakan untuk membuat rumah kue jahe raksasa ini.
Bahkan, saking besarnya, rumah kue jahe ini diperkirakan bisa menampung sampai lima anggota keluarga. Wow!
Dengan tinggi 6 meter, rumah kue jahe raksasa dibuat dari bahan baku yang biasa digunakan untuk membuat kue jahe pada umumnya. Perbedaannya hanya terletak pada kuantitas bahan yang digunakannya saja.
Rumah kue jahe terbesar di dunia (Foto: Dok. Traditions Club )
Resepnya pun mudah, yaitu hanya mencampur sebanyak 816 kg mentega, 1327 kg brown sugar atau gula cokelat, 3266 kg telur, 3266 kg tepung terigu, 489 kg parutan jahe, serta bahan tambahan lainnya yang kemudian dicetak menjadi susunan persegi, untuk disusun menjadi bangunan rumah.
ADVERTISEMENT
Agar terlihat semakin terlihat nyata, icing sugar digunakan untuk melapisi bangunan rumah. Tak hanya itu saja, sebanyak 22304 permen juga turut menghiasi rumah kue jahe raksasa ini.
Dan, demi membuatnya kokoh berdiri serta dapat bertahan lama, para pembuat kue mencoba untuk mengurangi jumlah mentega dan baking soda yang digunakan. Faktor cuaca juga menjadi alasan kenapa kedua bahan penting tersebut dikurangi.
Rumah kue jahe ini berada di Texas (Foto: Dok. Traditions Club )
Mengingat rumah jahe raksasa ini telah menyabet rekor dunia, banyak orang berdatangan untuk melihat secara langsung penampakannya.
Pada awal pembukan, rumah kue jahe ini berhasil mengumpulkan total US$ 150 ribu atau setara Rp 2 M hanya dalam waktu seminggu. Semua dana tersebut pun lantas didonasikan kepada St. Joseph’s Hospital.
Rumah jahe ini memiliki ketinggian 6 meter (Foto: Dok. Traditions Club )
Meskipun rumah kue jahe ini telah ditutup untuk umum, namun pihak Traditions Club, selaku pencetus ide ini berencana untuk tidak sekadar menghambur-hamburkan kue yang sudah digunakan untuk membangun rumah kue jahe raksasa ini.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan