Pencarian populer
20 Desember 2017 18:09 WIB
..
..

Pentingnya Cermati Keamanan Pangan dalam Produk Makanan

Kemasan produk jadi faktor terpenting (Foto: IG / wee_wdk)

Apa hal utama yang kamu perhatikan saat membeli suatu makanan?

kumparan (kumparan.com) yakin jika sebagian besar dari kamu akan menjawab mutu pangan sebagai poin penting dalam membeli sebuah makanan. Ya, mutu pangan memang mempunyai peranan penting terhadap kepuasaan konsumen.

Mutu pangan sendiri dapat diartikan sebagai hal-hal tertentu yang membedakan produk satu dengan yang lainnya, sehingga mampu menciptakan ciri khas dari sebuah produk pangan. Dan jika dipecah, mutu pangan meliputi kehalalan, keamanan pangan, citarasa makanan, kandungan zat gizi, lingkungan, kepraktisan, harga, dan lain sebagainya.

Dari sekian banyaknya golongan mutu pangan, keamanan pangan menjadi salah satu unsur yang harus diperhatikan dalam menentukan kualitas sebuah produk makanan. Pentingnya mengamati food safety atau keamanan pangan saat ingin membeli produk juga menjadi salah satu bagian bentuk kepedulian seseorang terhadap kesehatan mereka.

Menanggapi hal tersebut, Prof. Dr. Nuri Andarwulan, selaku dosen di Fakultas Teknik Pangan Institut Pertanian Bogor menjelaskan, jika keamanan pangan seringkali diabaikan oleh konsumen. Edukasi yang minim tentang pengetahuan keamanan pangan menjadi alasan kenapa masih banyak orang yang kurang peduli dengan hal ini.

"Kurangnya kepedulian terhadap keamanan pangan bisa menyebabkan keracunan makanan yang umumnya lebih banyak terjadi pada anak-anak," ungkap Nuri saat ditemui kumparan (kumparan.com) pada acara Food Safety: Don't Let Good Food Go Bad, yang berlokasi di D'Lab Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/12).

Ilustrasi makanan ringan. (Foto: Thinkstock)

"Tak hanya penyakit seperti diare yang akan dialami oleh mereka yang mengalami keracunan makanan, namun penyakit lain seperti kanker juga bisa ikut dialami jika makanan sudah terkontaminasi dengan berbagai bakteri," tambahnya.

Bahkan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan setidaknya 1 dari 10 orang di dunia (600 juta jiwa) jatuh sakit setelah memakan makanan yang terkontaminasi (foodborne illness), menyebabkan 420 ribu kematian tiap tahunnya.

Lebih lanjut, Nuri menjelaskan jika masyarakat seharusnya lebih cermat dalam memperhatikan keamanan pangan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Selain keamanan pangan, nyatanya pengolahan makanan yang tepat juga merupakan unsur penting lainnya yang tak boleh luput dari perhatian.

"Hal lain yang juga tidak boleh dilupakan adalah teknik pengolahan dari makanan itu sendiri. Apakah menghilangkan gizinya atau tidak, karenan teknik masak yang tepat bisa mempertahankan nilai gizi dari makanan tersebut," pungkas Nuri mengakhiri perbincangan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: