• 0

Pesona Kuliner dan Tarian Tradisional di Bali Food Festival Beijing

Pesona Kuliner dan Tarian Tradisional di Bali Food Festival Beijing


Bali Food Festival di Beijing

Bali Food Festival di Beijing (Foto: dok. Istimewa)
Diplomasi kuliner masih menjadi salah satu cara yang cukup ampuh yang dilakukan pemerintah untuk menjalin kerja sama dan mempromosikan pesona Indonesia ke negara lain. Baru-baru ini, pemerintah Indonesia bekerja sama dengan salah satu hotel mewah di Beijing untuk memperkenalkan salah satu kekayaan kuliner Nusantara, khususnya kuliner khas Bali.
Ya, kepopuleran Bali di kalangan para wisatawan mancanegara, khususnya warga Tiongkok memang tak perlu diragukan lagi. Keindahan alam dan kekayaan budaya yang dimiliki Bali mampu memikat mereka untuk menyambangi pulau yang dijuluki sebagai Pulau Dewata ini. Bahkan, tahun lalu, jumlah wisatawan Tiongkok yang berkunjung ke Bali mencapai 1,9 juta orang.

Bali Food Festival di Beijing

Bali Food Festival di Beijing (Foto: dok. Istimewa)
Melihat adanya peluang tersebut, KBRI Beijing berkolaborasi dengan The Ritz Carlton Hotel Beijing mengadakan festival kuliner Indonesia yang bertajuk Bali Food Festival. Untuk pertama kalinya, Bali Food Festival ini digelar mulai dari tanggal 1 Juni hingga 9 Juni 2018 mendatang.
Beragam menu khas Pulau Dewata dan menu tradisional Nusantara lainnya disuguhkan untuk memanjakan lidah para pengunjung. Tak hanya itu, aneka menu makanan tersebut juga dimasak oleh koki yang didatangkan langsung dari The Ritz Carlton Bali agar cita rasanya tetap autentik.
Duta besar Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok, Djauhari Oratmangun, mengungkapkan optimismenya bahwa festival kuliner ini akan semakin meningkatkan eksposur Indonesia di mata dunia, dan tentunya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara.

Bali Food Festival di Beijing

Djauhari Oratmangun, Dubes Indonesia untuk Beijing (Foto: dok. Istimewa)
"Pesona Indonesia, khususnya Bali, dengan '5S'-nya, yakni sea, sun, sand, smile dan services, juga ditambah dengan scenery, diyakini akan mampu menarik minat wisatawan mancanegara, khususnya dari Tiongkok," jelasnya sesuai siaran pers yang diterima kumparanFOOD, Sabtu (3/6).
Selain berbagai sajian kuliner khas Bali dan Indonesia, para pengunjung juga dipertontonkan tarian tradisional persembahan dari mahasiswa Indonesia yang sedang menjalankan studi di Beijing. Tak sampai di situ saja, 'Nirwana (Bali)' bahkan dihadirkan melalui sentuhan-sentuhan dekorasi khas Bali sehingga semakin memperkuat kesan dan suasana bak di Pulau Dewata.

Bali Food Festival di Beijing

Bali Food Festival di Beijing (Foto: dok. Istimewa)
Bagi warga Tiongkok, acara Bali Food Festival menjadi ajang melepas rindu bagi mereka yang pernah singgah ke Bali untuk mencicipi kembali masakan Indonesia. Kenikmatan dari masakan Indonesia dan keindahan alamnya telah menjadi dorongan tersendiri bagi mereka untuk dapat lebih mengenal keragaman budaya Nusantara.

KulinerMakanan DaerahBeijingFestival Kuliner

presentation
500

Baca Lainnya