Pencarian populer

Pisang Hingga Kurma, 5 Snack yang Cocok Disantap Sebelum Berolahraga

Ilustrasi olahraga (Foto: dok.Thinkstock)

Sebelum berolahraga, banyak orang menghindari makan terlalu banyak karena khawatir akan menimbulkan sakit perut atau gangguan lainnya yang menyebabkan rasa tak nyaman di perut. Padahal, tubuh membutuhkan asupan makanan yang cukup sebagai cadangan energi agar tidak mudah kelelahan saat berolahraga.

Tak hanya itu, menyantap makanan khususnya yang mengandung banyak nutrisi juga berguna untuk mempercepat penyembuhan saat mengalami cedera pasca berolahraga. Beberapa kandungan makanan sehat seperti protein dan vitamin berguna untuk memperkuat otot serta mempercepat pertumbuhan jaringan dan sel-sel baru yang rusak.

Namun tak perlu khawatir, bagi kamu yang enggan menyantap makanan berat sebelum olahraga, berikut kumparanFOOD rekomendasikan lima kudapan yang cocok disantap.

1. Pisang dan selai kacang

Ilustrasi pisang (Foto: Thinkstock)

Satu buah pisang yang disajikan bersama olesan selai kacang bisa menjadi santapan yang cocok sebelum berolahraga karena kandungan karbohidrat dan potasiumnya yang akan membuat badan lebih berenergi. Tak hanya itu, potasium juga berfungsi untuk menyeimbangkan gula darah selama berolahraga.

Ditambah protein yang ada di dalam selai kacang, kudapan ini akan membuat perut tetap kenyang dan nyaman saat berolahraga. Namun, sebaiknya pilih selai kacang yang tidak mengandung tambahan gula atau perasa buatan lainnya.

2. Kurma

Kurma Mozafati (Foto: Thinkstocck)

Selama ini kurma dikenal sebagai camilan buka puasa. Sama seperti pisang, kurma juga mengandung potasium yang bisa memperkuat fungsi otot sehingga tak mudah cedera. Selain itu, ternyata beberapa butir kurma juga bisa disajikan sebagai kudapan pengganjal perut karena kandungan gula alaminya yang berguna sebagai pengganti energi yang hilang selama berolahraga.

3. Roti bagel

bagel (Foto: Flickr/UM Dining)

Sajikan satu buah roti bagel dengan olesan mentega tawar atau selai kacang agar tubuh tak gampang kelelahan saat berolahraga. Di dalam roti bertekstur keras ini, terkandung karbohidrat kompleks yang bisa menjadi cadangan energi saat olahraga, terutama saat jogging atau maraton. Sedangkan olesan mentega yang mengandung protein dan lemak, akan membuat perut tetap kenyang dan tak gampang lemas.

4. Kopi

Ilustrasi kopi (Foto: Thinkstock)

Banyak orang menghindari kopi karena kandungan kafeinnya yang bisa menyebabkan susah tidur. Namun, kafein ternyata juga memiliki manfaat lain yakni menjaga daya tahan tubuh selama melakukan olahraga berat seperti fitnes dan lari.

Bila ingin meminum kopi sebelum olahraga, sebaiknya pilih espresso atau latte dengan tambahan susu almond yang rendah gula dan lemak. Selain itu, dampingi segelas kopi dengan makanan lain seperti roti agar nantinya tak mengganggu sistem pencernaan.

5. Yoghurt dan granola

Yoghurt (Foto: Thinkstock)

Satu mangkuk kecil yoghurt yang dicampur granola bisa menjadi sajian tepat bila tak ingin merasa kekenyangan saat berolahraga. Selain lembut dan mudah dicerna, perpaduan karbohidrat dan protein di dalam makanan sehat ini bisa membuat badan tetap bugar. Protein juga akan membuat badan cepat pulih saat mengalami cedera di tengah kegiatan olahraga.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23