Pencarian populer
20 November 2018 17:00 WIB
..
..

Pisau dan Garpu, Alat Andalan Ratu Inggris Saat Makan Pisang

Ilustrasi pisang (Foto: Thinkstock)

Kebanyakan dari kita makan pisang langsung menggunakan tangan kosong, tapi tidak demikian dengan Ratu Inggris, Ratu Elizabeth II. Sang Ratu menggunakan pisau dan garpu.

Hal ini diungkap oleh mantan chef Kerajaan Inggris, Darren McGrady. McGrady menuturkannya dalam buku karyanya yang berjudul 'Eating Royally'.

Kenapa ya Ratu Elizabeth II enggak mau makan pisang hanya dengan tangan kosong? Konon alasannya adalah agar tidak seperti monyet.

Dalam buku tersebut, McGrady menuturkan Ratu Elizabeth II memotong ujung atas dan bawah pisang saat hendak memakannya. Selanjutnya kulit pisang diiris memanjang, kemudian pisang dipotong menjadi kecil-kecil. Setelah itu, Ratu Elizabeth II memakannya menggunakan garpu. Demikian dikutip dari Insider Food.

Ilustrasi alat makan (Foto: PhotoMix)

Pisang sendiri merupakan makanan kesukaan Ratu Elizabeth II. Selain itu, dia juga suka makan makanan yang simple seperti ikan bakar dan sayuran. Saat makan malam, Ratu Elizabeth II punya 'aturan' untuk tidak makan makanan yang starchy alias seperti bertepung. Karena tidak heran di piring makan Ratu Elizabeth II tidak akan ditemukan kentang, nasi, ataupun pasta.

Cara makan pisang yang dilakukan Ratu Elizabeth II menimbulkan pro dan kontra. Yang kontra menyebut cara sang Ratu terlalu berlebihan. Namun beberapa orang berpendapat memotong bagian atas dan bawah pisang sebenarnya sah-sah saja, karena bagian ujung bukanlah yang terbaik dari pisang.

Ratu Elizabeth II (Foto: Dok. Toby Melville/Getty Images)

Dikutip dari situs Etiquette Scholar, dalam acara informal, kamu bisa makan pisang dengan cara seperti biasa yakni kupas kulitnya, lalu dimakan dengan perlahan. Namun di acara yang lebih formal, pisang memang dimakan menggunakan sendok.

Untuk situasi formal, Etiquette Scholar menyarankan untuk mengupas pisang secara keseluruhan menggunakan garpu dan pisau. Selanjutnya kulit pisang disingkirkan ke tepi piring, baru kemudian pisang dipotong-potong, lalu dimakan.

Sedangkan menurut William Hanson, pakar etiket Inggris yang juga komentator sosial memberikan tips yang sedikit berbeda dengan Etiquette Scholar tentang cara makan pisang. Hanson menyarankan untuk memotong kedua ujung pisang terlebih dahulu, kemudian menyingkirkannya di tepi piring.

Selanjutnya, pisang dikupas menggunakan pisau dan garpu dengan membuat irisan memanjang di kulit pisang. Setelah kulit bagian depan terbuka, kita hanya perlu memotong dan memakannya, sepotong demi sepotong.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: