kumparan
17 Mei 2019 19:31 WIB

Puasa Sehat? Rutin Konsumsi Kurma dengan Air Mineral Berkualitas

com-buah kurma. Foto: Shutterstock
Kurma menjadi salah satu buah primadona di bulan Ramadhan. Apabila kamu menjalankan ibadah puasa, pasti kamu setidaknya sudah pernah mencicipi buah yang rasanya manis ini. Apalagi, di Indonesia kurma sangat mudah didapatkan mulai dari pasar hingga swalayan.
ADVERTISEMENT
Buah yang berasal dari kawasan Timur Tengah ini juga ternyata memiliki banyak manfaat. Mulai dari meningkatkan stamina, mencegah kolesterol dan penyakit jantung, membantu kesehatan otak, dan banyak lagi.
Namun, bagaimana cara agar manfaat kurma dapat dirasakan sepenuhnya saat Ramadhan ini? Berikut tips Ramadhan mengenai hal-hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin menambahkan kurma sebagai konsumsi harianmu di bulan puasa.
1. Makan kurma di waktu yang tepat
com-Ilustrasi mengonsumsi kurma. Foto: Shutterstock
Agar manfaat yang didapat dari kurma dicerna tubuh secara maksimal, makanlah kurma di waktu-waktu tertentu saat berpuasa. Mengonsumsi kurma saat berbuka puasa dan sahur menjadi pilihan waktu yang tepat.
Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Department of Food Science and Technology, Cornell University, kurma merupakan makanan yang memiliki kandungan sumber energi yang tinggi akan kandungan fruktosa dan glukosa namun rendah lemak dan protein.
ADVERTISEMENT
Saat sahur, mengonsumsi kurma akan meningkatkan cadangan energi selama melakukan aktivitas Ramadhan di siang hari. Sementara saat berbuka, memakan buah kurma akan mengembalikan cadangan energi yang hilang tanpa lambung harus bekerja terlalu keras. Memakan kurma saat berbuka juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW seperti dalam salah satu sunnah-nya.
2. Makan kurma dengan jumlah yang tepat
com-Ilustrasi mengonsumsi kurma. Foto: Shutterstock
Selain waktu, jumlah kurma yang dimakan juga semestinya diperhatikan. Dilansir dari situs dailyhealthpost.com, makan tiga buah kurma sebenarnya sudah cukup agar tubuh bisa merasakan manfaatnya dengan maksimal.
Kamu boleh saja mengonsumsi lebih dari tiga buah kurma saat sahur maupun berbuka, namun sebaiknya makanlah kurma secukupnya agar tubuhmu bisa diisi oleh variasi makanan lain sehingga gizi tubuh lebih seimbang.
ADVERTISEMENT
3. Makan kurma dengan air minum yang tepat
Kurma merupakan buah yang memiliki kandungan air yang sedikit dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, sehingga kurma dikategorikan ke dalam buah kering, seperti dilansir dari steemit.com. Apabila tidak meminum air mineral sebelum atau setelah mengonsumsi kurma, dikhawatirkan pencernaan menjadi terganggu dan menciptakan rasa kurang nyaman di tenggorokan.
Minum air mineral sebelum atau setelah memakan kurma menjadi kombinasi yang tepat untuk kesehatanmu di bulan puasa. Namun, jenis air mineral yang menjadi pendamping konsumsi kurma pun harus diperhatikan. Air mineral yang berkualitas akan membantu pencernaan kurma dalam tubuh, sehingga manfaat kurma dapat dirasakan secara maksimal. Air mineral juga membantu menetralisir rasa kurma yang terlalu manis bagi sebagian orang.
com-Jalani kemurnian Ramadhan dengan kemurnian AQUA. Foto: Dok. Aqua
AQUA adalah air mineral pegunungan yang sudah lebih dari 45 tahun memberikan kemurnian air yang diambil langsung dari sumber air terpilih. Setiap tetes AQUA juga diproses dengan baik dan higienis agar terjaga kemurniannya serta berkualitas tinggi dalam membantu pencernaan dalam tubuh dan menjaga kesehatan secara umum.
ADVERTISEMENT
Supaya cairan tubuh tetap terjaga setelah mengonsumsi kurma, pastikan kebutuhan air mineral delapan gelas sehari terpenuhi olehmu. Terapkan pola minum AQUA 242 untuk memudahkanmu memenuhi kebutuhan cairan tubuh tersebut, yakni dua gelas saat berbuka, empat gelas di malam hari, serta dua gelas ketika sahur.
Dengan tubuh yang terhidrasi dengan baik, proses tubuh dalam mencerna kurma pun akan semakin maksimal. Kamu pun bisa beraktivitas seharian dan tetap menjaga kesehatan dengan manfaat kurma dan air mineral berkualitas.
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan AQUA.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·