kumparan
11 Okt 2018 12:15 WIB

Puluhan Chef Bintang Lima Siap Meriahkan Jakarta Culinary Feastival

Jakarta Culinary Feastival (Foto: Instagram/ @jakartaculinaryfeastival)
Maraknya festival kuliner yang diadakan oleh berbagai pihak tentu menjadi hiburan tersendiri bagi pecinta kuliner. Bukan cuma menjadi ajang untuk menikmati berbagai hidangan lezat saja saat ini, banyak pagelaran kuliner yang juga menyuguhkan eksplorasi rasa tak biasa bagi pengunjungnya.
ADVERTISEMENT
Lebih dari sekadar icip-icip makanan, mereka biasanya juga mengadakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pengalaman menyantap makanan. Salah satu festival kuliner yang ikut memeriahkan semarak pesta makanan di Indonesia adalah Jakarta Culinary Feastival.
Telah diselenggarakan sebanyak empat kali sebelumnya, yakni pada tahun 2009, 2010, 2012, dan 2017, Jakarta Culinary Feastival 2018 menjadi salah satu ajang bagi para pecinta kuliner--atau biasa kita sebut dengan foodies, untuk dapat merasakan satu pengalaman kuliner yang lengkap dan beragam.
Jakarta Culinary Feastival (Foto: Instagram/ @jakartaculinaryfeastival)
Penyelenggaranya, Ismaya Live, tak hanya ingin menampilkan perhelatan santap biasa. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, mereka juga menawarkan pertunjukan kuliner yang menarik, mulai dari live cooking demo, talkshow, dan memboyong para bintang dunia kuliner.
Tak tanggung-tanggung, puluhan koki ternama dari dalam maupun luar negeri akan datang khusus untuk mengajak pengunjung menjelajah dunia kuliner lebih dalam. Sebut saja chef dari restoran Michelin Star, yakni Manjunath Mural dari restoran Song of India, serta runner up MasterChef Australia yang mendapat gelar sebagai King of Ice Cream, yakni Ben Ungermann.
Konpers Jakarta Culinary Feastival 2018 (Foto: Safira Maharani/ kumparan)
Bahkan, salah satu chef dari satu-satunya restoran Indonesia yang menembus daftar Asia’s 50 Best Restaurant, yakni Eelke Plasmeijer dari Locavore pun tak ketinggalan untuk hadir dalam pesta kuliner ini.
ADVERTISEMENT
“Kontennya sebenarnya masih tetap sama dengan tahun lalu, hanya saja tahun ini kita lebih memperbanyak pastry dan coffee workshop, mengingat tahun lalu antusiasme dan permintaannya begitu tinggi,” ungkap Sarah Deshita selaku Brand Manager Ismaya Live dalam konferensi pers Jakarta Culinary Feastival 2018 di Kitchenette Gandaria City, Jakarta Selatan pada Rabu (10/10).
Ajang untuk mempelajari dunia kuliner lebih dalam
Jakarta Culinary Feastival (Foto: Instagram/ @jakartaculinaryfeastival)
Mengangkat konsep taste, sip, learn, dan fun, kali ini Jakarta Culinary Feastival 2018 juga akan mengundang para mixologist berbakat seperti Agung Prabowo dari The Old Man Hong Kong serta David Oong dari The Curator Coffee & Cocktails Bar Manila.
Nah, bukan hanya sekadar melihat para chef unjuk bakat secara langsung, pengunjung ternyata juga bisa mengikuti kelas memasak yang akan dibimbing oleh para ahli di bidangnya masing-masing. Tak cuma memasak saja, bidang lain seperti coffee, cocktail, dan food photography workshop juga akan menjadi salah satu bahan pembelajaran yang dapat diikuti secara berbayar.
Jakarta Culinary Feastival (Foto: Instagram/ @jakartaculinaryfeastival)
Dan, bila kebetulan datang bersama keluarga, terdapat pula Kid’s Cooking Class yang akan dipandu langsung oleh Revo, koki cilik pemenang Junior Masterchef Indonesia 2014.
ADVERTISEMENT
Gelaran kuliner Nusantara juga disuguhkan oleh Go-Food Indonesia yang ikut menghadirkan puluhan makanan populer di ibu kota dalam Jakarta Culinary Feastival 2018. Atau, bila ingin merasakan pengalaman menyantap hidangan yang dimasak langsung oleh koki ternama dengan menu rahasia nan istimewa, pengunjung bisa mengikuti program kegiatan Chef’s Table Experience yang hanya terbatas bagi 20 orang saja.
“Pada Jakarta Culinary Feastival tahun ini, saya akan mendemokan beberapa kreasi dessert unik yang tentunya masih dirahasiakan menunya. Selain itu, untuk Chef Table Experience, pengunjung akan mendapatkan surprise menu, dari main course hingga dessert, yang belum mereka ketahui sebelumnya,” jelas Kim Pangestu, pastry chef dari Nomz Kitchen yang akan ikut mengisi acara tersebut.
Jakarta Culinary Feastival (Foto: Instagram/ @jakartaculinaryfeastival)
“Jadi, yang pengunjung perlu lakukan hanyalah mempercayakan hidangannya pada saya, dan saya akan menyuguhkan menu rahasia tersebut. Untuk tema hidangannya sih Halloween ya, karena kebetulan berdekatan dengan perayaan tersebut,” imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Dan, tak cuma dapat belajar kuliner langsung dari ahlinya, Jakarta Culinary Feastival 2018 pun mewadahi para foodies yang memiliki ketertarikan dalam dunia masak memasak.
Jakarta Culinary Feastival (Foto: Instagram/ @jakartaculinaryfeastival)
Lewat program Chef Hunt 2018, mereka yang belum memiliki pengalaman di dunia kuliner sekalipun dapat mengikuti ajang kompetisi dan mendapat kesempatan untuk memenangkan beasiswa partial dari sekolah kuliner ternama Le Cordon Bleu di Australia.
Oh, dan tentu saja, pengunjung akan ditemani oleh alunan musik dari penampil yang ada sembari menyantap berbagai hidangan lezat dalam area Fork dan Spoon Tent di Jakarta Culinary Feastival 2018.
Jakarta Culinary Feastival (Foto: Instagram/ @jakartaculinaryfeastival)
Sudah tak sabar ingin segera berkunjung ke Jakarta Culinary Feastival 2018?
Perhelatan kuliner ini akan diadakan pada tanggal 1 hingga 4 November 2018 dan bertempat di area Senayan City. Selama empat hari, kamu bisa berpetualang rasa hingga puas tanpa harus mengeluarkan biaya tiket untuk masuk ke dalam festival kuliner tersebut.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan