kumparan
7 Sep 2018 10:02 WIB

Rekomendasi kumparan: 7 Menu Bersiram Kecap Khas Indonesia

Semur (Foto: Thinkstock)
Hampir di setiap dapur rumah, pasti terdapat sebotol kecap sebagai penambah rasa masakan. Selain menambah rasa manis, kecap juga berfungsi meningkatkan rasa gurih serta menghasilkan rasa karamel yang khas pada berbagai olahan.
ADVERTISEMENT
Tak mengherankan, saus dari kedelai berwarna hitam kental ini masih menjadi salah satu bumbu yang populer dan sering digunakan dalam masakan khas Indonesia. Apalagi dipadukan dengan bumbu-bumbu tradisional, aneka olahan serba kecap akan membuat santap makan semakin menggugah.
Berencana membuat menu serba kecap yang legit dan gurih? Ini dia tujuh rekomendasi sajian khas Indonesia yang diolah menggunakan kecap manis.
1. Semur
Loading Instagram...
Semur merupakan sajian berkuah kecap yang sering disajikan sebagai menu utama saat santap makan. Biasanya semur menggunakan bahan utama seperti daging ayam atau sapi yang tidak mudah hancur saat dimasak dalam waktu lama.
Namun kini tak hanya menggunakan bahan utama daging saja, bahan lain seperti telur, kentang, hingga jengkol juga sering diolah menjadi sajian semur. Cita rasa semur yang manis dan gurih sangat cocok disantap bersama nasi putih yang hangat mengepul.
ADVERTISEMENT
2. Telur bumbu kecap
Loading Instagram...
Sekilas, tampilan menu ini mirip dengan semur berkuah cokelat pekat. Bedanya, kuah pada telur bumbu kecap memiliki tekstur yang lebih cair dan rasanya tak sekuat sajian semur. Sebab, proses pembuatan telur bumbu kecap memang lebih mudah dan tak memerlukan banyak bahan.
Dalam sajian telur bumbu kecap, biasanya telur akan direbus atau diceplok terlebih dahulu sebelum dimasak dengan kecap dan bumbu-bumbu penyedap rasa. Agar cita rasanya semakin kaya, telur bumbu kecap juga ditambahkan potongan daun bawang, irisan tomat, dan cabai rawit pedas.
3. Nasi goreng
Loading Instagram...
Ini dia salah satu menu yang paling sering disajikan saat sarapan atau makan malam. Bahkan kepopuleran nasi goreng tak hanya dikenal oleh orang Indonesia saja, namun juga telah dikenal hingga ke mancanegara.
ADVERTISEMENT
Cita rasanya yang gurih dikombinasikan dengan irisan daging dan telur membuat sajian ini terasa mengenyangkan. Ditambah kecap manis sebagai penyedap rasa, tak hanya tampilannya yang menarik, kecap juga membuat rasa nasi goreng semakin kaya dan pastinya menggugah selera.
4. Sate
Loading Instagram...
Kepopuleran sate memang tak bisa disangkal lagi. Terbuat dari potongan daging kambing, ayam, atau sapi yang dibakar lalu disajikan bersama saus legit, tak heran bahwa sate menjadi salah satu sajian yang memiliki banyak penggemar dari dalam hingga luar negeri. Selain tekstur dagingnya yang lembut, salah satu daya tarik sate tentu saja saus kacang berpadu kecap manis yang memperkaya rasa sate sehingga terlihat lebih menarik saat disajikan.
5. Mi goreng
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Selain nasi goreng, mi goreng juga menjadi menu favorit di Indonesia, terutama untuk menu makan malam. Tak hanya ditumis bersama aneka bumbu, tambahan kecap manis pada sajian mi goreng membuat menu ini semakin gurih dengan cita rasa manis khas yang tercecap saat menyantapnya. Sebagai variasi, mi goreng juga sering diolah bersama bahan-bahan lain mulai dari sayuran, telur, hingga irisan daging ayam atau sapi.
6. Ayam bakar
Loading Instagram...
Ayam bakar merupakan salah satu menu populer yang sering disajikan saat makan malam. Sesuai namanya, menu ini diolah dengan cara dibakar di atas bara api hingga ayam matang dan berwarna kecokelatan.
Sebelum dibakar, biasanya ayam akan dioles bumbu dari kecap, minyak, dan rempah-rempah. Bumbu olesan inilah yang menghasilkan lapisan karamel legit di permukaan ayam sehingga rasanya semakin lezat.
ADVERTISEMENT
7. Kupat tahu Magelang
Loading Instagram...
Selama ini mungkin kita lebih mengenal kupat tahu sebagai sajian dari ketupat dan tahu yang disiram saus kacang. Namun agak berbeda di Magelang, Jawa Tengah, kupat tahu disajikan dengan siraman kuah cair berwarna cokelat pekat yang terbuat dari bumbu halus, gula merah, asam Jawa, dan pastinya kecap manis. Disajikan bersama pelengkap seperti tauge, kubis, dan kerupuk mi, kupat tahu khas Magelang memiliki cita rasa gurih dan manis yang sangat khas.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan