kumparan
21 Mei 2018 18:54 WIB

Rekomendasi kumparan: 7 Tempat Berburu Takjil di Jakarta

Pasar Benhil (Foto: Instagram)
Saat berbuka puasa, salah satu hal yang wajib ada adalah takjil atau kudapan. Takjil biasanya disantap untuk mengganjal rasa lapar sebelum menyantap jamuan makan berat.
ADVERTISEMENT
Selain membuatnya sendiri, beberapa orang lebih suka membeli takjil yang siap santap karena dianggap lebih praktis saat tidak memiliki waktu luang untuk memasak. Tak hanya itu, kegiatan mencari takjil juga sering dimanfaatkan untuk menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit.
Di Jakarta sendiri, terdapat beberapa tempat yang kerap dipenuhi oleh pedagang yang menjual berbagai macam takjil mulai dari gorengan, kue basah, hingga minuman dingin. Ingin tahu dimana saja? Berikut telah kumparan (kumparan.com) rangkum tujuh tempat berburu takjil yang tersebar di ibu kota:
1. Pasar Bendungan Hilir
Berburu takjil di Pasar Benhil. (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)
Pasar yang berlokasi di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat ini merupakan salah satu tempat yang paling banyak dituju oleh para pencari takjil. Ternyata, Pasar Bendungan Hilir atau yang kerap disebut dengan julukan Pasar Benhil ini sudah beroperasi selama kurang lebih 17 tahun, lho.
ADVERTISEMENT
Beragam jajanan takjil mulai dari siomay, batagor, jajanan tradisional, minuman dingin, hingga menu makan berat seperti ikan bakar dan ayam bakar dapat kamu temukan di sini. Buka mulai pukul 11.00 siang hingga 18.00 petang, Pasar Benhil selalu ramai pembeli, apalagi menjelang waktu berbuka.
2. Jalan Panjang
Jalan Panjang (Foto: Facebook )
Lokasi berburu takjil yang satu ini berlokasi di Jakarta Barat, tepatnya di Kebon Jeruk. Berbeda dengan Pasar Benhil, para penjual takjil di Jalan Panjang berjejeran di sepanjang jalan raya.
Menempati tenda-tenda sederhana, beragam takjil yang dijajakan tak kalah beragam, mulai dari kue basah, kue kering, gorengan, makanan berat, hingga berbagai sajian es. Sayangnya, pasar kaget yang hanya buka saat Ramadhan ini kerap menuai kemacetan karena tenda-tenda milik penjual tidak tertata rapi dan terkesan semrawut.
ADVERTISEMENT
3. Kramat Raya
Kramat Raya (Foto: Instagram )
Ingin menyantap makanan khas Minang sebagai menu berbuka? Cobalah mengunjungi Jalan Kramat Raya, tepatnya di dekat gedung bioskop di kawasan Pasar Senen.
Beragam takjil khas Sumatra Barat yang lezat mulai dari bubur kampiun, lamang tapai, srikaya telur, hingga nasi kapau dapat kamu temukan disini. Tak hanya itu, beragam jajanan seperti lupis, getuk, wajik, dan risoles juga dijajakan di kawasan ini.
4. Masjid Sunda Kelapa
Jelang buka puasa di Masjid Agung Sunda Kelapa. (Foto: Moh Fajri/kumparan)
Bila takut tak sempat menunaikan solat Maghrib karena keasyikan berbelanja takjil, kamu bisa mengunjungi tempat berburu takjil yang satu ini. Area di sekitar Masjid Sunda Kelapa yang ada di Jakarta Pusat ini disulap menjadi pusat jajanan selama bulan Ramadhan.
Beragam jenis takjil mulai dari menu khas Betawi, kue tradisional, gorengan, hingga sajian es segar dijajakan di masjid ini. Tentunya setelah puas berbuka puasa, kamu bisa langsung menunaikan ibadah solat Maghrib hingga tarawih disini.
ADVERTISEMENT
5. Gandaria
Kelapa muda (Foto: flickr/ Marvin Voorneman)
Awalnnya, kawasan Gandaria hanya dipenuhi oleh beberapa penjual kelapa muda saja, hingga akhirnya kini kawasan ini menjadi salah satu tempat yang dituju untuk memburu takjil. Tak hanya itu, Gandaria juga dikenal dengan pusatnya penjaja kelapa muda saat bulan Ramadhan tiba. Dan tentunya, berbagai jajanan nikmat seperti gorengan, lapis, panada, hingga berbagai sajian minuman segar lainnya juga dapat kamu temukan di sini.
6. Jalan Soka
Sambal goreng ati (Foto: flickr/ Hari Priyadi)
Berlokasi di dekat Pasar Ular Plumpang, Jakarta Utara, kawasan ini menyediakan berbagai menu makanan berat untuk berbuka puasa seperti sambal goreng ati, pepes, bandeng presto, hingga aneka seafood. Tak ketinggalan, berbagai makanan ringan, kue basah, dan aneka es juga memenuhi sepanjang kawasan ini.
ADVERTISEMENT
Tak seperti pasar kaget lainnya, wilayah ini cenderung tertata rapi karena dikelola oleh karang taruna setempat.
7. Lapangan Blok S
Kuliner lapangan Blok S (Foto: Facebook/ Benq Scott)
Kawasan yang terletak di wilayah Jakarta Selatan ini tak hanya ramai saat bulan Ramadhan saja, melainkan saat hari-hari biasa juga. Pasalnya, tempat berburu jajanan ini terletak di dekat kawasan perkantoran.
Saat bulan puasa tiba, biasanya kawasan lapangan blok S dipenuhi dengan puluhan penjual takjil yang menjajakan aneka makanan lezat dan sajian es yang menyegarkan. Jangan lupa untuk datang lebih awal bila ingin membeli takjil disini, karena menjelang pukul 17.00 sore, sebagian besar dagangan dari para penjual sudah habis terjual.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan