Pencarian populer

Rekomendasi kumparan: Sajian Serba Singkong untuk Berbuka Puasa

Makanan serba singkong (Foto: Instagram @yuliafoods @aristamontana)

Singkong merupakan salah satu bahan makanan yang umum ditemui di Indonesia. Dengan tekstur lembut dan rasanya yang terbilang hambar, singkong sangat cocok diolah menjadi berbagai kudapan lezat, salah satunya kolak singkong yang kerap disajikan untuk menu buka puasa.

Dikombinasikan dengan santan dan gula merah, kolak singkong yang lembut sangat cocok disantap sebagai takjil yang mengenyangkan saat berbuka puasa. Namun, bila kamu bosan dengan olahan kolak singkong, berikut kumparanFOOD rekomendasikan tujuh kudapan serba singkong yang cocok disajikan sebagai takjil buka puasa. Apa saja?

1. Singkong Thailand

Loading Instagram...

Kudapan singkong asal Negeri Gajah Putih ini memang sempat populer di Tanah Air. Perpaduan lembutnya singkong rebus dengan siraman vla santan nan gurih membuat sajian ini disukai banyak orang.

Cara membuatnya pun mudah dan terbilang praktis, lho. Cukup rebus singkong hingga empuk lalu siram dengan vla yang terbuat dari santan, gula pasir, susu, sedikit garam, dan tepung maizena yang direbus hingga mengental. Agar lebih nikmat, singkong Thailand juga dapat disajikan bersama parutan keju.

2. Kroket singkong

Loading Instagram...

Selain terbuat dari kentang, ternyata singkong juga dapat diolah menjadi kroket yang tak kalah lezatnya. Terbuat dari singkong rebus yang dihaluskan lalu dicampur dengan mentega, telur, dan bumbu-bumbu, tekstur kroket singkong renyah di luar namun lembut di dalam sangat cocok disajikan sebagai kudapan buka puasa. Untuk isiannya, kamu dapat mengkombinasikannya kroket singkong dengan ragout kentang wortel yang dimasak hingga lembut, daging pedas, atau keju mozzarella untuk sajian kroket yang lebih modern.

3. Singkong goreng tabur keju

Loading Instagram...

Ingin sajian singkong goreng yang lebih modern? Kamu dapat menambahkan parutan keju nan gurih yang akan membuat singkong goreng menjadi lebih kekinian. Agar hasil singkong lebih empuk, rebus singkong bersama bawang putih dan ketumbar hingga empuk sebelum digoreng. Untuk membuatnya lebih lezat, singkong goreng juga dapat dikombinasikan dengan aneka taburan lainnya seperti bubuk aneka rasa atau cokelat dan susu kental manis.

4. Talam singkong gula merah

Loading Instagram...

Kue talam singkong menjadi salah satu hidangan yang sering disajikan saat buka puasa. Teksturnya yang kenyal dengan rasa gurih dan manis yang mendominasi sangat cocok disajikan sebagai menu pembuka sebelum menyantap hidangan utama.

Untuk membuatnya, campur singkong yang telah diparut dengan gula merah, gula pasir, dan santan lalu kukus hingga matang. Agar cita rasanya semakin gurih, kamu dapat menuangkan sisa santan di permukaan talam lalu kukus lagi hingga santan mengeras.

5. Misro

Loading Instagram...

Misro merupakan jajanan khas Jawa Barat yang sangat cocok disajikan saat buka puasa. Berbentuk bola-bola kecil, misro memiliki tekstur renyah dan sedikit kenyal dengan cita rasa manis khas yang berasal dari tambahan gula merah.

Cara membuatnya pun cukup mudah, campur singkong dan kelapa parut lalu isi bagian tengah adonan misro dengan gula merah. Setelah itu, goreng misro hingga berwarna kuning keemasan. Selain diisi dengan gula merah, kamu juga dapat mengkombinasikannya dengan cokelat untuk tampilan misro yang lebih modern.

6. Combro

Loading Instagram...

Sebenarnya combro dan misro memiliki tampilan serta tekstur yang hampir serupa, hanya saja combro diisi dengan tumisan oncom pedas. Perpaduan kenyalnya singkong dan pedasnya oncom inilah yang membuat sajian combro masih digemari banyak orang hingga kini. Jika kurang menyukai cita rasa oncom, maka kamu juga dapat mengganti isian combro dengan tumisan tempe atau tahu bercita rasa pedas.

7. Donat singkong

Loading Instagram...

Singkong ternyata juga dapat diolah menjadi donat yang manis dan empuk, lho. Caranya campur singkong kukus yang telah dihaluskan dengan tepung terigu, mentega, telur, susu bubuk, ragi, dan gula pasir hingga adonan donat kalis kemudian goreng hingga kecoklatan.

Setelah itu, tambahkan aneka topping seperti meises, keju, atau gula bubuk untuk menambah rasa manis donat singkong. Jika ingin tekstur donat yang lebih lembut, kamu juga dapat menambahkan kentang tumbuk ke dalam adonan donat. Selamat mencoba!

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36